Hobi Ternak Ayam?, Saatnya Miliki Ayam Serama Jenis Terkecil di Dunia ini !

Ayam Serama, Ayam Terkecil di Dunia

Ciri-ciri Ayam Serama Asli Yang Banyak Diminati Masyarakat 

Ayam serama asli adalah ayam hasil kreasi manusia dengan persilangan dari berbagai jenis ayam. Ayam ini sebenarnya mirip dengan ayam bekisar, yang juga bukan spesies melainkan hasil persilangan antara ayam hutan jantan hijau dengan ayam kampung.

Ayam serama memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari jenis ayam hias lain
Ayam serama memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari jenis ayam hias lain

Ayam serama asli merupakan jenis ayam dengan postur tubuh yang kecil dan pendek seperti ayam kate. Perbedaan ayam serama dan ayam kate terletak pada postur tubuhnya . Postur tubuh ayam serama asli lebih kecil dan memiliki ciri khas sendiri.

Ayam serama ayam terkecil di dunia
Ayam serama ayam terkecil di dunia

Ayam hias serama asli berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, maka dari itu banyak orang menyebutnya sebagai ayam serama Malaysia. Di Indonesia sendiri ayam hias tergolong hewan langka. Karena memang susah untuk dicari dan harga ayam serama asli relatif tinggi. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350 gram, sedangkan ayam serama betina sekitar 300 gram dengan tinggi rata-rata 15 cm.

Ayam serama terlihat gagah saat membusungkan dadanya
Ayam serama terlihat gagah saat membusungkan dadanya

Untuk di Indonesia, ayam serama mulai terkenal dan populer diawal tahun 2000. Sejak tahun itulah ayam serama masuk ke negara Indonesia dan ditahun berikutnya langsung diadakan sebuah kontes ayam serama. Supaya ayam serama cocok untuk dijadikan kontes, sebaiknya dilatih sejak serama masih anakan agar ayam serama siap mental saat mengikuti kontes.

Dalam proses mengerami dan menetaskan ayam serama sedikit memiliki kendala. Ayam serama tidak bisa mengerami dan menetaskan telurnya sendiri.  Posturnya yang mungil tidak memungkinkan untuk mengerami semua telur yang dimilikinya. Sebaiknya, cukup 8-10 butir saja yang dieramkan. Sementara itu, sisa telurnya bisa dititipkan kepada indukan lain.

Karena posturnya yang kecil, maka tidak semua telur bisa di erami oleh ayam serama
Karena posturnya yang kecil, maka tidak semua telur bisa di erami oleh ayam serama

Selain menggunakan indukan lain, Anda bisa menggunakan mesin penetas juga untuk menetaskan telur. Penggunaan mesin penetas ini lebih mudah dan bisa menetaskan langsung jumlah banyak. 

Anakan serama yang baru menetas bisa diletakkan dalam box berpenghangat agar ayam tidak kedinginan.

Jenis-jenis serama, antara lain:

1. Ayam serama type slim

Jenis ayam serama ini merupakan ayam pertama kali yang ditemukan dan lebih dari 10 tahun menjadi primadona. Saat ini ayam serama sudah mulai berkembang karena sudah banyak yang menyilangkan. Dahulu berat ayam serama sekitar 650 gram namun saat ini sudah banyak yang menyilangkan maka ukurannya hanya menjadi 350 gram.

2. Ayam serama type apple

Jenis ayam ini dahulu populer dengan nama bold. Ayam serama type apple diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Tipe serama apel memiliki perbedaan dibandingkan dengan ayam serama tipe slim, dengan bentuk tubuh bulat dan kaki yang pendek sehingga mirip dengan apel.

3. Ayam serama type ideal

Serama type ideal merupakan penyilangan dari type slim dan type apple. Jenis ayam serama yang satu ini adalah jenis serama yang paling sempurna dibandingkan dengan jenis serama lain. Ayam serama type ideal memilki tubuh ramping dengan dada yang besar. Biasanya dari 100 anakan yang lahir dari persilangan serama ini, hanya 8-15 ekor yang sesuai dengan keinginan. Untuk saat ini ayam serama type ideal biasanya digunakan untuk kontes. 

Serama kontes sering di ikutkan dalam ajang perlombaan
Serama kontes sering di ikutkan dalam ajang perlombaan

Selain menyediakan ayam serama, hobiternak.com juga menyediakan telur serama yang siap di tetaskan dengan indukan ayam lain atau menggunakan mesin penetas. Untuk harga telur ayam serama yaitu 35.000/butir. 

Telur Ayam Serama
Telur Ayam Serama

Pakan ayam serama asli

Pakan ayam serama sangatlah mudah dan murah. Salah satu jenis makanan yang kami sarankan untuk ayam serama adalah buah pepaya ataupun pisang. Buah pepaya dapat dijadikan pakan tambahan karena buah ini berperan untuk dapat melancarkan pencernaan. Buah pepaya dan buah pisang dikenal kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam serama.

Buah pepaya dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk ayam serama
Buah pepaya dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk ayam serama

Caranya, pepaya dipotong terlebih dahulu kecil-kecil seperti dadu kemudian tempatkan pada wadah pakan. Buah pepaya atau pisang dapat diberikan satu minggu sekali.
Untuk menjaga kesehatan ayam serama, Anda dapat memberikan suplemen vitamin untuk ayam. Vitamin yang disarankan yaitu yang mengandung vitamin A, B dan C. Vitamin dapat diberikan secara bersamaan ataupun terpisah.

Kandang ayam serama asli

Salah satu contoh kandang ayam serama
Salah satu contoh kandang ayam serama

Kandang merupakan hal penting yang perlu disiapkan dalam pembudidayaan ayam. Bagi ayam, kandang yaitu tempat tinggal, tempat berproduksi, mengerami telur, tempat untuk membesarkan anak-anaknya dan berkembangbiak. Oleh karena itu, dalam menyiapkan kandang harus bersih, nyaman, tidak kepanasan atau kedinginan dan mempunyai ventilasi yang baik.

Luas kandang biasanya sekitar 1,2 m X 2,5 m X 1,7 m. Dalam 1 kandang diisi sekitar 1 jantan dengan 6-8 betina. Bahan untuk kandang serama terbuat dari ram atau kawat besi. Untuk serama yang masih kecil yaitu kandang khusus dan memilki dinding meskipun hanya satu sisi.
Untuk penghangatan, bisa memakai lampu bohlam 25 watt. Jika suhu udara sangat dingin, bisa diganti dengan lampu 40 watt.

Ayam serama adalah salah satu jenis ayam hias yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Mereka suka mengembangbiakan ayam ini karena bentuknya yang unik, menarik dan bisa digunakan untuk kontes. Apakah Anda tertarik untuk memelihara jenis ayam yang unik dan lucu ini.

Berapa harga ayam serama?

Berikut adalah daftar harga ayam serama di hobiternak.com :
1 Bln Rp110.000/ekor
2 Bln Rp135.000/ekor
3 Bln Rp185.000/ekor
4 Bln Rp235.000/ekor
5 Bln Rp285.000/ekor
Dewasa Rp385.000/ekor


Untuk harga serama kontes berbeda dan menyesuaikan dengan stock.

Apa bedanya ayam kate dan serama?

Bedanya yaitu terdapat pada postur tubuhnya. Postur tubuh ayam serama lebih kecil daripada ayam kate. Jika kedua ayam ini di sandingkan maka akan terlihat bedanya. Biasanya berat tubuh serama betina hanya 300 gram, sedangkan ayam kate bisa sampai 500 gram.

Berapa lama ayam serama bertelur?

Ayam serama akan bertelur jika sudah melalui masa kawin. Masa kawin ayam serama biasanya pada usia 8 bulanan ke atas. Dan pada usia tersebut ayam serama akan bertelur.

Berapa banyak ayam serama bertelur?

Dalam satu periode, ayam serama dapat menghasilan telur sekitar 8-15 butir. Jadi tak heran jika ayam serama tidak dapat mengerami semua telurnya. Biasanya peternak menggunakan mesin penetas untuk membantu menetaskan telur serama.

Jika Anda tertarik kami menyediakan Ayam Serama berbagai usia, dari anakan sampai indukan. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan Ayam Serama berkualitas.

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: 
harga ayam serama, ayam serama kontes, ayam kate, ayam hias, ayam serama asli, ayam serama apel, ayam serama bertelur, makanan ayam serama, tipe ayam serama

Meilani Sawitri

Image Sources :

  • Pair of serama: Admin 1 hobiternak.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: