Galeri Foto Ayam Serama Terbaru

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru – Ayam serama adalah salah satu jenis ayam hias yang berasal dari Malaysia. Ayam ini dikenal dengan nama “The Smallest Chicken” yang artinya ayam kate terkecil di dunia. Jenis ayam ini memang mirip dengan ayam kate. Ayam serama atau serama chicken dilihat dari postur tubuhnya memang mirip dengan ayam kate, namun sebenarnya ayam hias ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ayam kate. Keistimewaan yang ada pada ayam serama yaitu postur tubuhnya mini dengan dada membusung sehingga terlihat gagah. Di Indonesia ayam serama biasa dipelihara sebagai ayam hias dan dibeberapa wilayah sering diadakan kontes ayam serama.

Ayam Serama
Ayam Serama

Ayam serama mulai terkenal atau populer di Indonesia pada awal tahun 2000. Saat pertama kali masuk di Indonesia, ayam ini langsung diadakan sebuah perlombaan atau kontes ayam serama. Ayam ini memang cocok bila diikutsertakan dalam kontes. Bentuknya yang lucu dan unik membuat banyak masyarakat yang mengikutsertakan dalam kontes ayam serama.

Ukuran serama chicken dewasa yaitu hanya satu kepalan orang dewasa dan tingginya hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Untuk berat badan ayam serama yang berjenis kelamin jantan sekitar 350 gram dan ayam serama yang berjenis kelamin betina sekitar 300 gram. Ayam ini dikenal dengan sebutan ayam sombong. Kenapa begitu? Karena ayam serama memiliki dada yang membusung dan memiliki sayap yang tegak. Ayam serama jantan dan ayam serama betina memiliki beberapa perbedaan ciri. Berikut adalah ciri-ciri ayam serama jantan dan ayam serama betina :

Ciri-ciri ayam serama jantan :

  1. Jengger ayam serama jantan sudah berwarna kemerahan
  2. Jengger lebih menonjol dibandingkan ayam serama betina dan berbentuk tumpul
  3. Warna bulu ayam serama jantan tajam dan cerah.
Ayam Serama Dewasa Jantan
Ayam Serama Dewasa Jantan

Ciri-ciri ayam serama betina :

  1. Jengger ayam serama betina tidak kelihatan berwarna kemerahan
  2. Pertumbuhan jengger cukup lambat
  3. Jengger lebih landai
  4. Warna bulu ayam serama betina kurang tajam dibandingkan anakan serama jantan.
Ayam Serama Betina
Ayam Serama Betina

 

Jenis-jenis Serama Chicken :

  1. Serama Chicken Type Slim

Serama chicken type slim adalah salah satu jenis ayam serama yang pertama kali ditemukan dan lebih dari 10 tahun menjadi primadona dikalangan penghobi ayam serama. Postur tubuh serama chicken type slim tegap seperti mau berperang. Dengan ketegapannya ayam ini disebut dengan ayam yang sombong. Serama chicken type slim memiliki tubuh yang proporsional seperti ayam kampung biasa. Selama lebih dari 10 tahun mengalami kejayaan, ayam ini mengalami berbagai perubahan. Perubahan tersebut terjadi karena adanya berbagai penyilangan-penyilangan. Dahulu serama chicken type slim memiliki bobot kurang dari 650 gram setelah terjadi perubahan serama chicken type slim sekarang berbobot 300 gram.

  1. Serama Chicken Type Apple

Ayam serama type apple adalah jenis ayam serama yang memiliki bentuk tubuh bulat dan kaki pendek. Sebutan lain dari ayam jenis ini yaitu bold. Serama chicken type apple pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Perbedaan serama chicken type apple dengan type lain yaitu berpostur tegap dengan dada yang besar. Jadi saat melakukan tarikan kepala, serama jenis ini akan berada di belakang punggung. Perbedaan serama type apple dengan type slim yaitu untuk type apple memiliki kaki yang lebih pendek dibandinkan dengan type slim. Ayam ini memiliki bentuk bulat mirip seperti buah apel.

  1. Serama Chicken Type Ideal

Serama chicken type ideal adalah salah satu jenis serama dari hasil persilangan antara serama type slim dengan serama type ideal. Dari penyilangan tersebut biasanya hasil yang sesuai dengan keinginan hanya 8-15 dari 100 anakan. Ayam ini memiliki postur tubuh yang ramping dan dada yang besar. Ayam jenis inilah yang biasanya digunakan untuk kontes saat ini.

Cara mengawinkan ayam serama :

  1. Anda harus memliki indukan yang berkualitas. Berkualitas maksudnya dari bentuk ayam serama, warna serta kemampuan bergaya saat kontes.
  2. Mengawinkan ayam serama hendaknya dilakukan saat ayam sudah berhasil mengikuti kontes dan kedua ayam sudah siap untuk dikawinkan.
  3. Teknik perkawinan ayam serama yaitu ayam betina dipegang dan disodorkan ke ayam jantan. Lalu pejantan harus dibantu untuk nangkring diatas betina.
  4. Dalam melakukan perkawinan harus terjadwal tidak boleh terlalu sering.
  5. Apabila ayam serama sudah dijodohkan sebaiknya kandang harus langsung dipisahkan.

Pakan Ayam Serama

Untuk pakan ayam serama, Anda bisa berikan biji-bijian seperti jagung. Jagung mengandung karbohidrat yang tinggi dan dapat membantu proses pertumbuhan serta pembentukan cangkang telur pada ayam serama betina. Selain jagung, Anda juga bisa berikan buah pepaya atau pisang. Kedua buah tersebut mengandung banyak vitamin C yang baik bagi ayam serama. Buah ini hanya sebagai pakan tambahan saja. Pemberian buah pepaya dapat dilakukan 1 minggu sekali. Caranya yaitu potong buah pepaya kecil-kecil berbentuk dadu lalu letakkan diwadah. Agar ayam serama tetap sehat, Anda bisa berikan suplemen yang mengandung vitamin A, B, dan C. Vitamin tersebut dapat diberikan secara bersamaan maupun terpisah.

Ayam Serama
Jagung

Kandang Ayam Serama

Ukuran kandang ayam serama biasanya 1,2 m X 2,5 m X 1,7 m. Dalam satu kandang berisi 1 jantan dan 6-8 betina. Bahan untuk membuat kandang ayam serama yaitu kawat besi. Untuk ayam serama yang masih anakan sebaiknya dibagian atas dibuat dinding. Selain itu harus ada penghangatnya, Anda bisa gunakan lampu bohlam 25 watt atau 40 watt.
Bagi ayam serama, kandang adalah hal yang penting. Kandang digunakan untuk tempat tinggal, tempat bereproduksi, bertelur dan juga tempat untuk membesarkan anak-anaknya. Jadi, kandang harus bersih dan nyaman. Selain itu kandang harus memiliki ventilasi yang cukup.

Kandang Ayam Serama
Kandang Ayam Serama

 Harga Ayam Serama Per Ekor

Ayam Serama 1 Bulan   @ Rp 100,000
Ayam Serama 2 Bulan   @ Rp125,000
Ayam Serama 3 Bulan   @ Rp150,000
Ayam Serama 4 Bulan   @ Rp200,000
Ayam Serama 5 Bulan   @ Rp250,000
Ayam Serama Dewasa   @ Rp350,000

Berikut adalah contoh foto-foto ayam serama :

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama, kami menyediakan telur ayam serama yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam serama kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam serama dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA Silahkan hubungi nomor whatsapp kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
harga ayam serama, ayam serama kontes, jual ayam serama, ayam serama betina, ayam serama asli, kandang ayam serama

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Serama
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: