Daftar Harga Murah, Ayam Kate Usia Anakan sampai Dewasa

Ayam kate pertama kali ditemukan oleh pedagang Eropa di daerah pelabuhan Pulau Jawa sekitar tahun 1.700an yaitu di daerah Bantam (sekarang disebut Banten). Oleh karena itu, ayam kate juga biasa disebut dengan ayam Bantam.

Ayam kate terkenal dengan badan yang kecil dan tingkah yang unik. Tujuan pemeliharaan ayam ini memang bukan sebagai ayam pedaging. Tentu saja dikarenakan dagingnya sedikit dan hanya bulunya saja yang tebal. Ayam kate memang diperuntukkan sebagai ayam yang menghiasi halaman belakang Anda atau sebagai koleksi.

Makanan ayam kate sama dengan ayam biasa. Namun, untuk porsi ayam kate lebih sedikit dibandingkan dengan ayam biasa, mengingat tubuhnya yang lebih kecil.

Daftar Harga Ayam Kate
UsiaHarga
1 bulanRp. 85.000
2 bulan Rp. 110.000
3 bulan Rp. 135.000
4 bulanRp. 185.000
5 bulan Rp. 235.000
DewasaRp. 335.000
Ayam kate memiliki postur tubuh yang unik dan lucu
Ayam kate memiliki postur tubuh yang unik dan lucu

Harga ayam kate memang bervariasi, hal tersebut dikarenakan beberapa hal antara lain :

1. Usia

Semakin dewasa usianya, maka harga ayam kate juga semakin mahal. Namun, hal ini tidak berlaku jika ayam kate sudah terlalu tua atau tidak berproduksi lagi. Dikarenakan sudah tidak bisa dikembangbiakkan untuk memperbanyak keturunannya.

2. Warna

Semakin menarik dan indah warna bulu ayam kate maka harga ayam kate semakin mahal pula. Apabila warnanya pucat dan kusam, harga jualnya rendah. Untuk mendapatkan warna yang tajam tentu membutuhkan perawatan yang ekstra. Penawaran harga ayam kate dengan warna menarik, unik dan terawat bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Kelincahan atau Kesehatan

Ketika kita melihat hewan peliharaan kita lincah, tentu saja sangat menyenangkan dan menggemaskan. Berbeda ketika hewan peliharaan lemah, lemas dan tidak semangat. Hal inilah yang menyebabkan kelincahan ayam juga berpengaruh pada harga.

Apabila semua kriteria tersbut terpenuhi dengan baik, maka Anda bisa mengikuti kontes ayam kate. Dan ketika ayam kate Anda menjadi juara, pasti banyak yang menawar dengan harga tinggi dan berebut untuk memilikinya.

Tinggi rendahnya harga ayam kate di tentukan dari beberapa faktor
Tinggi rendahnya harga ayam kate di tentukan dari beberapa faktor

Jenis – jenis Ayam Kate yang ada di Indonesia :

1. Kate Walik

Selain itu, kami juga menyediakan ayam kate walik. Ayam jenis ini juga tidak kalah unik dengan kate biasa, selain tubuhnya kecil, ayam kate walik memiliki bulu seperti terbalik atau terlihat seperti jabrik. Bagi Anda yang hobi mengoleksi ayam hias, ayam kate walik sangat cocok dijadikan tambahan koleksi. Ayam kate walik merupakan hasil persilangan dari jenis ayam kate dengan ayam walik. Peternak biasanya memang memiliki hobi untuk saling menyilangkan hewan ternaknya. Awalnya hanya sebagai uji coba atau sebagai hobi saja. Setelah mengetahui hasilnya, ternyata banyak yang berminat untuk memeliharanya.

Harga ayam kate walik lebih mahal dibandingkan dengan ayam kate biasa. Harganya dua kali lipat dibandingkan dengan ayam kate biasa dikarenakan lebih unik.

Daftar Harga Ayam Kate Walik
Usia Harga
1 bulan Rp. 110.000
2 bulan Rp. 135.000
3 bulan Rp. 160.000
4 bulan Rp. 210.000
5 bulan Rp. 335.000
DewasaRp. 485.000
Ayam Kate Walik meiliki bulu yang terbalik
Ayam Kate Walik meiliki bulu yang terbalik

2. Ayam Kate Putih

Ada juga jenis ayam kate yang banyak peminatnya, yaitu ayam kate putih. Warna bulunya yang serba putih menyebabkan ayam ini terlihat lebih bersih, namun tentu saja perawatannya cukup menantang. Harus lebih rajin dimandikan untuk menjaga kebersihan warnanya. Harga ayam kate putih lebih mahal mengingat perawatan khusus. Kisaran harga saat ini sekitar 500.000/ekor. Ayam kate putih tergolong jenis ayam kate yang bagus.

Ayam Kate Putih
Ayam Kate Putih

3. Ayam Kate Jepang

Jenis ayam kate selanjutnya yaitu ayam kate jepang. Sesuai dengan namanya, ayam kate jenis ini berasal dari Jepang. Ciri-ciri utamanya yaitu memiliki bulu berwarna kuning keemasan dan pada bagian ekornya bergaris hitam dan putih. Untuk harga ayam kate jepang sama dengan ayam kate biasa.

Ayam Kate Jepang
Ayam Kate Jepang

4. Ayam Kate Serama (Serama)

Ayam kate serama merupakan salah satu jenis yang sering diikutkan dalam kontes. Ayam kate serama sebenarnya memiliki nama sendiri, tidak ada hubungan dengan ayam kate. Para peternak menyebutnya dengan ayam serama. Banyak yang masih mengaitkan dengan ayam kate dikarenakan sama-sama memiliki tubuh kecil. Namun untuk ayam serama memiliki badan lebih tegap dan membusung dengan kepala hampir menyentuh ekor. Ayam serama berasal dari Malaysia.

Ayam Serama
Ayam Serama

Daftar Ayam Kate Serama

Usia Harga
1 bulan Rp. 110.000
2 bulan Rp. 135.000
3 bulan Rp. 185.000
4 bulan Rp. 235.000
5 bulan Rp. 285.000
Dewasa Rp. 385.000

Harga tersebut merupakan jenis ayam serama biasa. Untuk serama kontes, harganya lebih mahal.

Simak!!! Perbedaan ayam kate dengan ayam serama

5. Ayam Kate Hitam (Lokal)

Ayam kate hitam termasuk dalam jenis ayam kate lokal. Bulunya berwarna hitam mulus. Terkadang ayam kate hitam disebut dengan ayam cemani. Namun, sebenarnya kedua jenis ayam ini berbeda. Untuk ayam cemani hampir keseluruhan tubuhnya berwarna hitam. Sedangkan ayam kate hitam hanya bulunya saja yang berwarna hitam.

Ayam Kate Hitam
Ayam Kate Hitam

Berapa harga telur Ayam Kate ?

Untuk harga telur ayam kate di hobiternak.com yaitu Rp 35.000 per butir. Telur yang di sediakan fertil dan bisa di tetas menggunakan indukan ayam lain atau mesin penetas telur.

Kami hobiternak.com merupakan tempat jual ayam kate yang berkualitas dan dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara ayam kate, kami menyediakan dari berbagai jenis dan usia mulai dari satu bulan sampai indukan. Kami juga menyediakan telur bagi Anda yang berminat untuk mencoba menetaskan sendiri. Untuk Pulau Jawa kami kirimkan via kereta, sedangkan luar pulau juga bisa kami kirimkan via pesawat. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk pemesanan melalui nomor layananan pelanggan kami di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Harga Kate word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata Terkait :
harga ayam kate putih, harga ayam kate jepang, harga ayam kate serama, tempat jual ayam kate, ayam kate hitam, makanan ayam kate, jenis ayam kate yang bagus,

<Duwi Kristinawati>

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Ayam Kate Putih: Owned by the author
  • Ayam Kate Jepang: Owned by the author
  • Pair of serama: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA