Pemeliharaan Ayam Joper Petelur Untuk Ditetaskan

Usaha ayam joper (ayam kampung super) bisa dikatakan cukup bagus karena daya konsumsi masyarakat akan daging tersebut yang cukup tinggi. Dengan demikian, maka tak heran jika usaha ini dapat memberikan keuntungan yang baik.

Ayam Kampung Super (JOPER) disamping sebagai ayam pedaging yang sangat potensial, juga bisa menghasilkan telur yang ditujukan untuk ditetaskan. Selama ini permintaan DOC Ayam Kampung Super atau joper cukup tinggi sehingga peternak DOC membutuhkan pasokan telur siap tetas dalam jumlah yang banyak. 

Untuk menghasilkan telur ayam kampung siap tetas, maka kita bisa mendapatkan dari indukan dan pejantan ayam kampung super melalui beberapa seleksi. 

Jika kita mendapatkan bibit dari pembesaran DOC maka pada tahap starter, pemeliharaan ayam joper pedaging dan ayam joper petelur masih dijadikan satu. 

Apabila dijadikan ayam pedaging maka dapat mulai dipanen pada usia 6 minggu. Akan tetapi beda lagi jika tujuannya dijadikan petelur maka bisa diteruskan hingga umur 12 minggu. Jika kita ingin memelihara dijadikan sebagai petelur, maka pemilihan dilakukan sebelum masa panen tahap kedua.

Penampakan telur ayam joper yang mirip dengan telur ayam kampung biasa namun warnanya lebih cokelat | Image 1
Penampakan telur ayam joper yang mirip dengan telur ayam kampung biasa namun warnanya lebih cokelat | Image 1

Warna telur ayam joper sama seperti telur ayam kampung biasa. Tapi memang perlu di catat menetaskan telur ayam kampung super atau ayam joper ini jarang peternak yang melakukannya karena tentu saja biaya perawatan akan membengkak karena dari nol hari sampai ayam bertelur membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.

Dan dalam 6 bulan tersebut peternak belum dapat mengambil manfaat dari ternaknya. Ayam joper adalah jenis ayam pedaging yang di ternak bukan untuk di tujukan sebagai ayam petelur namun ayam kampung super ini di ciptakan untuk menjadi ayam pedaging atau pengganti ayam kampung asli yang periode ternak nya lebih singkat. 

Ternak ayam joper pemula biasanya memelihara ayam ini ditujukan untuk diambil atau di jual dagingnya. Karena pada dasarnya ayam joper adalah jenis ayam pedaging, yang berasal dari persilangan 2 ayam yang berbeda sehingga menghasilkan bobot yang lumayan tinggi. 

Pada usia 60 hari, berat ayam joper sudah bisa mencapai 0,8 ons sampai nya 1 kg. Bobot yang lumayan tinggi dengan waktu pemeliharaan yang cepat tentu membuat para peternak diuntungkan karena pakan yang harus dibeli tidak terlalu banyak. 

Ayam Kampung Super atau Ayam Joper yang bisa di persiapkan untuk menjadi ayam petelur untuk di eramkan atau di tetaskan | Image 2
Ayam Kampung Super atau Ayam Joper yang bisa di persiapkan untuk menjadi ayam petelur untuk di eramkan atau di tetaskan | Image 2

Ayam yang akan dijadikan petelur mempunyai beberapa ciri seperti berikut ini:

  1. Jenis ayam betina sehat dan aktif.
  2. Mempunyai bulu yang mengkilat.
  3. Mempunyai jarak antara tulang dada dan tulang pubis sekitar 4- 5 jari.

Sedangkan pejantan Ayam Kampung Super mempunyai beberapa ciri seperti:

  1. Ayam jantan sehat dan gagah.
  2. Mempunyai mata yang tajam dan paruh yang kuat.
  3. Mempunyai punggung yang lurus dan galak.

Ayam kampung yang tidak memenuhi syarat dapat dijadikan ayam pedaging. Sedangkan ayam yang memenuhi syarat akan terus dipelihara. Pada umur 10-12 minggu antara ayam joper jantan dan betina dapat diletakkan dalam satu kandang. Pada umumnya ayam kampung super dapat bertelur pada umur 22 minggu.

Dalam satu kandang, komposisi antara pejantan dan betina sekitar 1 pejantan dengan 5 – 6 betina. Dengan demikian persentase telur yang dihasilkan oleh betina ayam kampung super menjadi tinggi.

Jika komposisi antara pejantan dan betina terlalu banyak maka dikhawatirkan akan banyak betina yang tidak sempat dibuahi oleh pejantan.

Baca juga : 

Suasana Kandang Ayam Kampung Super atau ayam joper yang bisa di maksimalkan sehingga menghemat tempat bagi peternak yang memiliki lahan terbatas | kandang postal joper | Image 3
Suasana Kandang Ayam Kampung Super atau ayam joper yang bisa di maksimalkan sehingga menghemat tempat bagi peternak yang memiliki lahan terbatas | kandang postal joper | Image 3

Kandang untuk ayam joper petelur

Ayam kampung petelur yang akan dikawinkan dapat diletakkan dalam kandang setengah tertutup atau kandang panggung. Dengan begitu ayam dapat melakukan perkawinan secara alami. Setiap kandang ayam joper dibatasi untuk 6-7 ekor saja.

Untuk pakan ayam kampung super petelur, kurang lebih sama seperti pakan ayam kampung biasa atau ayam petelur biasa. Pakan Ayam Kampung Super petelur seperti konsentrat untuk ayam petelur dan bahan pakan tambahan seperti dedak atau bekatul.

Untuk pakan tambahan persentase lebih sedikit dan diberikan pada saat pergantian jam makan. Misalnya diberikan pada saat setelah makan pagi dan sebelum makan siang.

Perlakuan terhadap telur tetas yang dihasilkan oleh betina Ayam Kampung Super:

  1. Setiap telur yang dihasilkan betina langsung diambil untuk menghindari telur retak atau di patuk ayam.
  2. Telur yang kotor dapat dibersihkan dengan menggunakan alat yang aman.
  3. Telur dapat disimpan di dalam penyimpanan telur selama 12 hari (2 minggu). Jika lebih dari itu dikhawatirkan embrio telur telah mati.

Betina Ayam Kampung Super yang hanya bertelur tanpa mengerami akan menghasilkan telur sekitar 125-150 butir/ tahun. Sedangkan bila betina bertugas mengerami maka jumlah telur yang dihasilkan sekitar 30-50 butir/ tahun.

Jadi lebih efektif bila kita menggunakan mesin penetas telur. Dengan demikian produktivitas ayam akan meningkat. 

Pilihan kandang model panggung untuk ayam joper memang menguntungkan dari segi pengelolaan kotoran dan kandang tetap kering. Gangguan hewan lain di kandang tipe ini juga bisa di minimalisir | Image 4
Pilihan kandang model panggung untuk ayam joper memang menguntungkan dari segi pengelolaan kotoran dan kandang tetap kering. Gangguan hewan lain di kandang tipe ini juga bisa di minimalisir | Image 4

Baca juga : 

Apakah ayam joper bisa mengerami telur nya sendiri?

Betul ayam kampung super atau ayam joper ini bisa mengerami selayaknya ayam kampung asli pada umumnya. Telur akan di erami selama 21 hari dengan maksimal jumlah telur dalam satu eraman sekitar 15 butir. Namun terkadang ayam joper bisa mengerami lebih dari 15 butir.

Ayam joper ini memang mirip sekali dengan ayam kampung hal ini dapat kita lihat dari pengeraman nya.. Karena setiap ayam yang kami dapati memiliki kemampuan mengeram yang bisa berbeda-beda.

Tak di sangka induk ayam joper bertelor hingga 20 butir, dan 95 persen menetas dengan hanya di erami induknya. Dan berikut foto salah satu kiriman pelanggan kami di daerah Bandung yang berhasil menetaskan sendiri | Image 5
Tak di sangka induk ayam joper bertelor hingga 20 butir, dan 95 persen menetas dengan hanya di erami induknya. Dan berikut foto salah satu kiriman pelanggan kami di daerah Bandung yang berhasil menetaskan sendiri | Image 5

Bagaimana cara menghilangkan sifat mengeram pada Ayam betina Kampung Super?

Cara untuk menghilangkan sifat mengeram pada ayam, maka ayam perlu diberikan parasetamol sekitar 60-65 ml per berat badan ayam. Pemberian berlangsung sekitar 6 -11 hari. Cara lain yang lebih aman yaitu dengan dimandikan 3 kali sehari selama 6 hari berturut-turut. Dengan begitu ayam bisa bertelur lagi.

Cara tersebut adalah memaksimalkan produktivitas ayam sehingga tidak banyak waktu yang digunakan ayam untuk beraktivitas non produktif seperti mengerami dan mengasuh anak-anaknya.

Untuk harga telur ayam joper sendiri dipatok sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 per butir nya. 

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ayam joper petelur word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
usaha ayam joper, ayam joper jantan, ayam joper adalah, harga telur ayam joper, warna telur ayam joper, kepanjangan ayam joper, berat ayam joper, ayam joper petelur, kandang ayam joper, ternak ayam joper pemula

**Yuni Ambarwati**

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Image 4: Owned by the author
  • Image 5: Owned by the author
  • thumnail: canva.com

2 pemikiran pada “Pemeliharaan Ayam Joper Petelur Untuk Ditetaskan”

    • Mohon maaf sebelumnya Pak, untuk telur ayam kampung kami belum menyediakan ya Pak. Kami masih fokus di penjualan bibitnya ya Pak. Silahkan Pak bisa di pesan untuk DOC Ayam Kampung Supernya usia baru saja menetas.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA