Masih Bingung Pilih Lokasi Kandang Ayam Joper yang Tepat, Mari Cek Informasi Berikut Ini

Sebelum kita memutuskan untuk membuka usaha beternak ayam joper , tentu kita perlu memikirkan dengan sangat matang apa saja yang perlu di persiapkan. Contohnya seperti modal, DOC atau ayam, sarana dan prasarana dan pastinya kandang. Dengan konsep yang matang dan semuanya terarah di harapkan bisa memperlancar kegiatan dalam beternak dan bisa menjadi pengusaha ternak yang sukses. Kadangkala satu hal saja yang tidak di konsep atau di rancang dengan benar maka itu bisa membuat usaha ternak menjadi terganggu.

Cukup banyak cara untuk mendapatkan ilmu mengenai beternak ayam joper. Anda bisa melihat di internet, di buku ataupun langsung berkonsultasi dengan peternak yang sudah senior. Ilmu sangat penting bagi peternak pemula yang ingin berkecimpung di dunia peternakan.

Ada satu hal yang seringkali dilupakan saat beternak ayam joper. Apa itu??? Jawabannya yaitu pemilihan lokasi kandang. Tak hanya kandang yang di buat bagus saja, namun lokasi pembuatan kandang juga cukup penting. Ada 2 faktor yang perlu di pertimangkan saat memillih lokasi kandang. Yaitu faktor lingkungan sekitar dan faktor lingkungan pertumbuhan ayam.

Berikut adalah tips memilih lokasi kandang atau peternakan ayam joper yang tepat :

1. Tidak dekat dengan pemukiman penduduk

Kandang yang didirikan jauh dari pemukiman warga dapat membuat Anda terhindar dari protes warga/penduduk | kandang di dekat sawah
Kandang yang didirikan jauh dari pemukiman warga dapat membuat Anda terhindar dari protes warga/penduduk | kandang di dekat sawah

Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat kita beternak ayam joper tentu muncul bau yang tidak sedap di sebabkan karena kotoran dari si ayam. Bau tersebut tentu akan mengganggu pernafasan manusia. Dengan lokasi kandang yang tidak dekat dengan pemukiman penduduk atau bisa di katakan jauh dari pemukiman penduduk maka hal tersebut bisa menghindari dari protes atau pertentangan warga. Karena biasanya selain dari bau kandang ada juga disebabkan dari lalu lalang kendaraan yang mengangkut ayam saat panen.

2. Tidak dekat dengan lokasi kandang peternak lain

Usahakan lokasi kandang tidak dekat dengan kandang peternak lain |  joper di dalam kandang
Usahakan lokasi kandang tidak dekat dengan kandang peternak lain | joper di dalam kandang

Tujuan kenapa kita perlu memilih lokasi kandang yang tidak berdekatan dengan kandang peternak lain yaitu supaya menghindari penularan penyakit dari peternak satu ke peternak lainnya. Karena penyakit ayam itu cukup mudah menularnya. Jadi kalau kandang yang kita pilih jauh dari peternak lain maka bisa lebih aman dari gangguan penularan penyakit.

3. Akses transportasi yang mudah di jangkau

Pilihlah lokasi kandang yang akses jalan keluar masuknya mudah | jalan lebar
Pilihlah lokasi kandang yang akses jalan keluar masuknya mudah | jalan lebar

Saat beternak ayam pasti ada transportasi yang keluar masuk kandang baik untuk mengirim DOC Joper, pakan atau saat panen. Nahh, jalur transportasi yang mudah dan dapat di jangkau tentu akan memperlancar kegiatan beternak Anda. Usahakan lokasi kandang yang di pilih ukuran jalan masuk keluar kandang tidak sempit jadi bisa masuk transportasi seperti truck atau mobil.

4. Kondisi dan struktur tanah yang baik

Struktur tanah di lokasi kandang juga cukup penting untuk di perhatikan - kandang open house
Struktur tanah di lokasi kandang juga cukup penting untuk di perhatikan – kandang open house

Struktur tanah yang baik berhubungan dengan suhu, sirkulasi udara dan kelembaban. Jika struktur tanahnya sudah tidak baik maka akan berpengaruh pada kegiatan beternak juga.

5. Dekat dengan sumber air

Air sangat penting dalam proses kegiatan beternak, dengan adanya sumber air yang dekat dengan kandang maka akan memudahkan | sumber air
Air sangat penting dalam proses kegiatan beternak, dengan adanya sumber air yang dekat dengan kandang maka akan memudahkan | sumber air

Air sangat di butuhkan saat kita beternak ayam. Fungsi air yaitu untuk air minum si ayam itu sendiri dan juga untuk membersihkan kandang atau peralatan lainnya. Sumber air yang dekat dengan lokasi kandang dapat memudahkan kita dalam melakukan itu semua. Air memang penting bagi ayam karena sama seperti manusia jika tidak ada air atau kekurangan air maka akan mati.

6. Ada sumber listrik

Listrik di lokasi kandang berfungsi untuk menyalakan lampu dan keperluan lainnya | doc joper di dalam kandang
Listrik di lokasi kandang berfungsi untuk menyalakan lampu dan keperluan lainnya | doc joper di dalam kandang

Lokasi kandang harus tetap bisa terjangkau dengan listrik. Saat ini listrik sudah cukup mudah kita dapat karena sudah ada PLN. Namun jika saat mati listrik total, kita perlu menyediakan genset pribadi supaya bisa menjadi cadangan saat listrik mati. Jadi, ayam tetap mendapatkan cahaya dan tetap merasa hangat.

Kata terkait : 

7. Tidak jauh dari tempat pemasaran

Dekatnya lokasi pemasaran saat ayam joper sudah panen dapat memberikan keuntungan juga bagi peternak - panen joper
Dekatnya lokasi pemasaran saat ayam joper sudah panen dapat memberikan keuntungan juga bagi peternak – panen joper

Tentu saat memilih ingin beternak ayam kita sudah memiliki target pemasaran kemana akan menyetorkan ayam yang sudah kita panen. Dengan memilih lokasi kandang yang dekat dengan tempat pemasaran maka itu akan cukup menguntungkan bagi kita. Karena biasanya konsumen lebih suka dengan tempat produksi yang lebih dekat dari mereka.

8. Lokasi kandang bisa untuk pengembangan

Pilihlah lokasi kandang yang di sekitarnya masih ada lahan kosong, jadi bila usaha berjalan dengan lancar maka bisa di perlebar atau di kembangkan | kandang close house
Pilihlah lokasi kandang yang di sekitarnya masih ada lahan kosong, jadi bila usaha berjalan dengan lancar maka bisa di perlebar atau di kembangkan | kandang close house

Bila usaha ternak yang di geluti berjalan dengan lancar dan sukses maka pasti kita berfikir untuk mengembangkan usaha ternak menjadi lebih besar lagi. Tempat lokasi kandang yang luas bisa mempermudah kita untuk memperluas kembali kandang kita. Jadi kapasitas ayam yang di ternakan menjadi lebih banyak dan untung yang di dapat juga lebih besar.

Nahh, itu dia beberapa informasi mengenai tips memilih lokasi kandang yang tepat untuk usaha ternak Joper yang akan di geluti. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Jika Anda ingin ternak ayam joper dan belum dapat DOC Joper yang tepat untuk di beli. Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Joper berkualitas dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman aman dan beragansi. Hubungi nomor di bawah ini untuk pemesanan ataupun berkonsultasi : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 

ternak ayam, ternak joper, doc ayam joper, kandang ayam joper, joper, ternak ayam joper, lokasi kandang ayam joper, ayam jawa super, ayam kampung super, joper

Image Sources :

  • Pemilihan Lokasi Kandang Untuk JOPER: kedaiborongagro.wordpress.com
  • Usahakan ketika ayam sudah menandakan gejala sakit, segera pisahkan dengan ayam lainnya agar penyakit ayam tidak mudah menular ke ayam lainnya | Kandang Ayam: Admin 3 hobiternak.com
  • Jalan lebar: pixabay
  • kandang open house: alatternakayam.com
  • Sumber air: mallardsgroups.com
  • doc joper di dalam kandang: Admin 1 hobiternak.com
  • panen joper: artisanalbistro.com
  • kandang close house: anakdagang.com
  • thumnail: kedaiborongagro.wordpress.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: