Ayam Kampung Super

Mengetahui Produktivitas Telur Ayam Kampung Super

Mengetahui Produktivitas Telur Ayam Kampung Super

Mungkin banyak yang mengira kalau Ayam Kampung Super hanya bisa dijadikan ayam pedaging. Memang tidak sepenuhnya salah karena Ayam kampung super memang cukup potensial dijadikan ayam pedaging. Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa ayam kampung super ternyata juga bisa dijadikan ayam petelur. Hal tersebut tidak mengherankan karena ayam kampung super merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung unggul dengan betina ayam petelur.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Salah satu kelebihan ayam kampung super adalah lebih cepat bertelur dibandingkan ayam kampung biasa. Pada umumnya ayam kampung mulai bertelur pada umur 22 minggu namun untuk ayam kampung super dapat mulai bertelur pada umur 20 minggu. Produktivitas ayam kampung super juga lebih tinggi dibandingkan ayam kampung biasa.

Berbagai jenis ayam dengan produktivitas telur yang tinggi

Untuk saat ini ayam yang banyak menghasilkan petelur diantaranya adalah ayam nunukan yang berasal dari Nunukan kalimantan 120-160 butir per ekor per tahun dengan berat rata-rata 50 gram per butir. Sedangkan untuk ayam pelung juga mempunya produktivitas yang baik dengan menghasilkan sekitar 70 butir telur/ tahun. Ayam pelung juga sangat berpotensi dijadikan pedaging karena mampu menghasilkan sekitar 3,5 kg- 5,5 kg per ekor untuk pelung dewasa. Selain itu ayam kedu juga mempunyai produktivitas telur yang tinggi dengan menghasilkan kurang lebih 160 butir telur per tahun.

Telur Ayam Kampung Super

Telur Ayam Kampung Super

Untuk ayam kampung super mulai bertelur pada umur 5 bulan. Pada umur 1 tahun produktivitas menurun menjadi 80% dan pada umur 2 tahun menjadi 60%. Sehingga untuk ayam kampur super dan dapat diafkir menjadi ayam pedaging.

Selain dijadikan petelur, ayam kampung super sangat potensial dijadikan ayam pedaging. Jika dipelihara secara intensif maka dalam jangka waktu 60 hari ayam kampung super dapat dipanen dengan bobot sekitar 0,7-0,9 kg per ekor. Baru-baru ini bahkan peternak telah menemukan cara pemeliharaan yang lebih efektif dan efisien dengan pemeliharaan sekitar 45 hari ayam kampung super dapat dipanen dengan bobot sekitar 0,9-1,2 kg per ekor.

Sebagai ayam petelur, ayam kampung super memang belum setenar ayam ras petelur. Meskipun begitu kemampuan bertelur ayam kampung super patut diacungi jempol karena dapat bertelur lebih awal dan masa produktivitasnya cukup lama sehingga potensial untuk dipelihara sebagai ayam petelur dan pedaging. Kelebihan lainnya telur yang dihasilkan oleh ayam kampung super dapat dijadikan telur tetas. Sehingga dari pemeliharaan ayam kampung super, kita bisa mendapatkan daging telur tetas dan telur konsumsi.

Untuk mendapatkan produk telur yang berkualitas, peternak perlu memberikan pakan dan minum yang bernutrisi tinggi sehingga produk telur meningkat dan kualitas telur cukup bagus. Pakan yang direkomendasikan salah satunya adalah pakan ayam petelur. Jenis konsentrat ini cukup mudah didapatkan ditoko pakan ternak terdekat. Sebagai tambahan bisa diberikan sejenis kerang, ikan kecil, tepung ikan dan tepung hijauan yang terbuat dari daun yang telah dikeringkan dan dijadikan tepung sebagai tambahan nutrisi ayam.

Tepung ikan

Tepung ikan

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam, harga telur kampung hari ini, usaha ternak modal kecil untung besar, pakan layer, lama ayam bertelur, makanan ayam bertelur, obat ayam cepat bertelur

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply