DOC Ayam Pejantan

Ayam Pejantan Adalah Salah Satu Jenis Ayam Berdaging Padat

Ayam Pejantan Adalah Salah Satu Jenis Ayam Berdaging Padat – Ayam pejantan adalah sejenis ayam petelur namun jenis ayam ini adalah ayam afkir atau limbah sortiran dari hasil produksi ayam petelur. Awal mulanya ayam jenis petelur ini ditetaskan lalu menjadi DOC (Day Old Chicken). DOC adalah ayam yang baru saja menetas dan baru berumur 1 hari. Ayam yang baru berumur 1 hari lalu disortir dan dipisahkan menjadi jenis ayam petelur dan ayam pejantan (pedaging). Dahulu ayam pejantan di afkir lalu dimusnahkan karena pada saat itu ayam pejantan tidak dibudidayakan.

Saat ini jenis ayam pejantan, dibudidayakan dan dibesarkan untuk diperjual belikan. Ayam pejantan dijual untuk diambil dagingnya. Karakteristik ayam pejantan adalah memiliki postur tubuh yang cukup kurus namun memiliki tekstur daging yang berisi, padat, rendah lemak dan lebih legit. Tahun 1980 sampai tahun 1990 ayam afkir dari jenis ayam petelur ini sudah sangat populer di masyarakat . Ayam ini di gunakan untuk pengganti ayam kampung.

Ayam Pejantan
Gambar Ayam Pejantan

Pembudidayaan ayam pejantan cukup singkat dibandingkan dengan jenis ayam kampung. Jenis ayam ini biasanya dipelihara sekitar 7-8 minggu dengan bobot 0,6-0,7 kg. Dengan kehadiran ayam pejantan ini masyarakat dapat terpenuhi akan kebutuhan mengkonsumsi daging ayam. Ayam pejantan banyak dikembangkan di wilayah Indonesia khususnya pulau Jawa.

Ternak ayam pejantan layer adalah jenis usaha ayam yang memiliki prospek yang cukup tinggi. Kenapa bisa memiliki prospek yang tinggi? Karena pemeliharaan ayam pejantan ini tidak sesulit jenis ayam broiler atau petelur. Beternak ayam pejantan sama dengan jenis ayam kampung super, yang membedakan hanya jenisnya saja. Namun untuk ayam pejantan masa panennya lebih lama dibandingkan dengan jenis broiler. Untuk masa panen ayam pejantan bisa sampai usia 60-70 hari sedangkan untuk ayam broiler usia 30 hari.

Apakah pemeliharaan ayam pejantan sulit?

Pemeliharaan ayam pejantan tidak sulit. Apabila Anda memeliharanya sesuai dengan prosedur maka ayam akan tumbuh dengan cepat dan sehat. Sebenarnya memelihara ayam pejantan lebih mudah dibanding dengan jenis ayam broiler. Kenapa begitu? Karena ayam pejantan lebih tahan terhadap suhu lingkungan dan kondisi lingkungan dibandingkan dengan ayam broiler. Jadi, Anda bisa beternak ayam pejantan dengan mudah.

Ayam Pejantan
Ayam Pejantan

Kandang Ayam Pejantan

Sebelum beternak ayam pejantan Anda harus mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Kandang merupakan hal yang paling penting bagi ayam. Untuk kandang ayam pejantan sekitar 9 X 12 meter persegi dan dapat menampung 1.500 ekor ayam pejantan.
Kandang juga harus selalu dibersihkan supaya ayam tetap merasa nyaman berada di kandang dan tidak mudah terserang penyakit juga. Pembersihan kandang dapat dilakukan 2 hari sekali atau 1 minggu sekali, namun untuk lebih bagusnya selalu dibersihkan. Anda bisa menyemprotkan desinfectan agar kandang ayam tetap dalam kondisi bersih dan terhindar dari kuman-kuman atau penyakit.

Pakan Ayam Pejantan

Untuk pakan ayam pejantan sebenarnya mirip dengan pakan ayam broiler. Anda dapat berikan kosentrat atau voer. Anda dapat memberikan pakan 2 kali sehari atau 3 kali sehari. Usahakan pakan mengandung nutrisi yang baik, supaya ayam dapat tumbuh dengan cepat dan dapat memiliki daging yang cukup banyak. Selain itu jangan lupa berikan minum supaya ayam tidak dehidrasi. Minuman dapat Anda sediakan di dalam kandang, namun harus selalu diganti agar minuman tetap dalam keadaan bersih.

Harga Ayam Pejantan

Untuk harga ayam pejantan lebih mahal dibandingkan dengan jenis ayam pejantan broiler atau ayam pedaging. Mengapa bisa begitu? Karena ayam pejantan ini memiliki daging yang lebih empuk dibandingkan dengan ayam kampung. Selain itu daging ayam pejantan memiliki cita rasa yang cukup lezat. Tak sedikit juga masyarakat yang mengkonsumsi daging ini untuk program diet. Karena daging ayam pejantan rendah lemak. Jadi, orang-orang bisa makan daging ayam setiap hari tanpa takut atau khawatir akan memiliki badan yang gemuk.

Harga Ayam Pejantan di Hobiternak.com

Jawa : Rp 5.500/ekor (minimal pemesanan 20 box)

Luar Jawa : Rp 6.500/ekor (minimal pemesanan 20 box)

Untuk pemula, analisa ayam pejantan sama dengan beternak ayam kampung super (JOPER) jadi Anda tidak perlu khawatir dalam beternak ayam pejantan ini. Sebenarnya memelihara atau beternak ayam pejantan itu cukup mudah, Anda hanya perlu ulet, telaten dan sabar. Insya Allah ayam akan sehat dan tumbuh dengan baik. Selain itu ternak ayam pejantan tidak membutuhkan dana atau modal yang terlalu besar. Untuk pemula Anda bisa beternak dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Beternak ayam pejantan memang memiliki prospek yang baik. Saat ini banyak masyarakat yang mencari daging ayam pejantan ini.

Apabila Anda tertarik untuk membeli ayam pejantan kami menyediakan, kami juga menyediakan DOC joper, black joper, SRF. Selain bibit ayam kami juga menyediakan bibit bebek seperti DOD hibrida, mojosari, peking KW  dan berbagai jenis ayam hias. Kami siap mengirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Segera hubungi kami via Whatsapp di nomor bawah ini kami siap melayani Anda kapan pun :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
harga ayam pejantan, analisa ayam pejantan, pakan ayam pejantan, ayam pejantan broiler, gambar ayam pejantan

_Meilani Sawitri_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Pejantan
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: