Memahami Berbagai Jenis Kate Yang Bagus Dan Unik.- Apakah Anda tahu apa itu ayam kate? Ayam Kate adalah jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Banten. Di dunia internasional ayam jenis kate sudah terdaftar di American Poultry Association. Ayam ini juga sering disebut sebagai ayam bantam karena asalnya dari Banten. Ayam ini dulu ditemukan oleh para pelaut yang sedang melabuhkan di pelabuhan Indonesia. Para pelaut tersebut menemukan ayam ini dan akhirnya tertarik karena keunikannya.

Jenis Ayam Kate

Ayam Kate

Ciri-ciri ayam kate asli

  • Beratnya tidak sampai 1 kg
  • Warnanya bermacam-macam
  • Kakinya kecil dan pendek
  • Punggungya tidak begitu tegak
  • Tubuhnya cebol
  • Sayapnya agak kebawah

Jenis-jenis ayam kate hias

  1. Ayam Kate berbulu (Feather-Legged)yaitu jenis ayam kate yang memiliki bulu pada kakinya. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Brahma, Kate Sultan, Kate Conchins.
  2. Ayam Kate Tanpa Bulu Kaki Lainnya (All Other Clean-Legged), yaitu jenis ayam kate yang tidak memiliki bulu pada kakinya. Jadi, kebalikannya dengan feather-legged. Ayam yang masuk dalam kategori ini adalah Yokohama, Polandia, Sisilia buttercups, Araucanas dan Buckeyes.
  3. Ayam Kate Jambul Mekar dan Bulu Kaki (Rose-Comb Clean-Legged), yaitu jenis ayam kate yang memiliki jambul mekar yang mirip seperti bunga mawar dan memiliki bulu pada kakinya. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Rosecombs dan Sebrights.
  4. Ayam Kate Jambul Tanpa Bulu Kaki (Single-Comb Clean-Legged)yaitu jenis ayam kate yang memiliki jambul tapi tidak memiliki bulu kaki. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Plymouth Rocks, Orpingtons, Rhode Island Reds , Australorps dan Leghorns.
  5. Ayam Kate Pertunjukan (Game Bantam)yaitu jenis ayam kate yang memiliki tubuh yang ramping, kaki panjang dan sangat aktif. Ayam ini biasanya untuk pertunjukan.

Selain yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa lagi jenis ayam kate yaitu ayam kate kaki pedang, ayam kate bangkok, ayam kate emas, dan ayam kate putih.

Ayam Kate Dewasa Sepasang3

Ayam Kate

Ayam Kate memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan jenis dan umur. Sebenarnya ayam kate tidak terlalu mahal harganya cukup terjangkau dan tidak terlalu menguras kantong. Banyak masyarakat yang sudah mempunyai ayam ini, karena unik dan indah.

Berikut daftar Harga Kate Per Ekor :

 1 bulan   @ Rp 100,000
2 bulan   @ Rp 125,000
3 bulan   @ Rp 150,000
4 bulan   @ Rp 200,000
5 bulan   @ Rp 250,000
Dewasa  @ Rp 350,000

Berikut daftar Harga Ayam Kate Jepang Per Ekor

 1 Bulan   @ Rp 100,000
2 Bulan   @ Rp 125,000
3 Bulan   @ Rp 150,000
4 Bulan   @ Rp 200,000
5 Bulan   @ Rp 250,000
Dewasa  @ Rp 350,000

Kandang ayam kate

Kandang Ayam Kate sebaiknya gelap tetapi tetap diberikan sirkulasi cahaya dan udara yang cukup. Selain itu tidak boleh lembab karena bisa mengakibatkan timbul berbagai penyakit, kandang bisa dihadapkan ketimur agar saat pagi hari tetap mendapat cahaya matahari.
Untuk anak Ayam Kate sebaiknya kandang dalam keadaan hangat supaya bisa mempercepat pertumbuhan anakan tersebut. Anda bisa memasang lampu di kandang. Bagian alas terbuat dari bambu atau strimin dari kawat.

makanan ayam kate

kandang ayam kate

Makanan Ayam Kate

Makanan Ayam Kate agak berbeda dengan ayam jenis lain. Ayam ini tidak memakan jagung, tetapi biasanya para peternak memberikan beras merah. Selain itu, Anda juga bisa memberikan konsentrat, BR atau sisa nasi. Pemberian pakan ayam kate tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada kualitas ayam tersebut. Walaupun pakan ayam ini sedikit berbeda, tetapi tetap mudah untuk mendapatkannya karena di toko pakan sudah tersedia.

cara ternak ayam brahma

Voer

Silahkan hubungi kami hobiternak.com kapan saja untuk mendapatkan ayam kate ataupun jenis ayam hias lainnya yang berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam kate untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya.  :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait:
ayam kate kaki pedang, harga ayam kate jepang, ayam kate bangkok, ayam kate emas, ciri ayam kate asli, jenis ayam kate hias, ayam kate putih, makanan ayam kate,

Meilani Sawitri


1 Comment

Mengenal Ayam Kate Sebagai Jenis Ayam Hias Asli Indonesia · March 19, 2019 at 8:40 am

[…] lain ayam kate emas, ayam kate putih, ayam kate jepang, kate bangkok, kate jepang. Tentu saja jenis ayam kate yang bagus ini menjadi buruan kolektor atau penghobi ayam kate di mana […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: