Jenis Ayam Kate

Mengenal Berbagai Jenis Ayam Kate Di Indonesia

Ayam kate merupakan jenis ayam asli yang berasal dari Indonesia tepatnya di Provinsi Banten. Di dunia internasional ayam kate biasa disebut dengan ayam Bantam dan sudah terdaftar di American Poultry Association. Disebut sebagai Bantam karena asal dari ayam itu sendiri dari Banten.  Dulu banyak para pelaut melabuhkan kapal mereka di pelabuhan Indonesia dan pada akhirnya para pelaut menemukan ayam unik tersebut. Para pelaut sangat terkesan melihat ayam kate tersebut. Mereka suka dengan bentuk tubuh ayam kate yang kecil  juga bisa dibilang kerdil.

Ciri ayam kate asli yaitu ayam yang mempunyai postur tubuh relatif kecil dan beratnya tidak sampai 1 kg. Walaupun berukuran kecil, ayam ini tetap banyak yamg menyukai karena kemungilannya menjadikan ayam kate terlihat unik. Berikut merupakan ciri-ciri ayam kate :

  • Umumnya memiliki bentuk badan lebih besar
  • Dadanya lurus  (tidak menonjol)
  • Memiliki berbagai macam warna
  • Berat badan jantan diatas 500gr
  • Pada umumnya kakinya kecil, mungil, juga pendek
  • Ciri punggung ayam kate pajang, tidak begitu tegak dan terkesan cebol
  • Berasal (endemik dari berbagai daerah) setiap daerah memiliki tipe ayam kate yang berbeda.

Berikut adalah jenis ayam kate hias :

A. Ayam Kate Pertunjukan/Game Bantam

Ayam kate jenis ini adalah ayam yang diperuntukan sebagai hiburan. Ayam ini memiliki tubuh ramping dengan kaki yang agak panjang dan memiliki bulu rapat dan pergerakan yang aktif.

B. Ayam Kate Jambul Tanpa Bulu Kakki / Single-Comb Clean-Legged

Selain ayam kate jambul tanpa bulu kaki ada juga beberapa jenis ayam yang masuk klasifikasi ini yaitu Plymouth Rocks, Orpingtons, Rhode Island Reds , Australorps dan Leghorns

C. Ayam Kate Jambul Mekar dan Bulu Kaki / Rose-Comb Clean-Legged

Ciri-ciri ayam ini yaitu jambul mekar yang biasa berbentuk mawar dan bergelombang. Ciri yang lain yaitu terdapat pada bagian kakinya yang terlihat lebih kecil dan tidak berbulu. Contoh ayam kate pada klasifikasi ini adalah Rosecombs dan Sebrights.

D. Ayam Kate Tanpa Bulu Kaki Lainnya / All Other Clean-Legged

Ayam ini juga termasuk ayam kate yang tidak memiliki bulu pada kakinya. Klasifikasinya seperti kate yokohama, kate polandia, kate Sisilia buttercups, Araucanas dan Buckeyes

E. Ayam Kate Berbulu / Feather-Legged

Kate ini memiliki ciri kakinya yang berbulu. Berbagai jenis ayam seperti Brahma, kate sultan, kate Conchins termasuk dalam kategori ini.

Selain yang sudah dijelaskan diatas ada beberapa lagi jenis  ayam kate yaitu ayam kate bangkok, ayam kate emas, ayam kate serama, ayam kate kaki pedang, ayam kate putih dan lain sebagainya.

Makanan ayam kate sangatlah mudah cukup di beri beras atau sejenis biji-bijian, untuk anakan kate yang masih kecil disarankan untuk menghaluskannya terlebih dahulu atau dapat diberikan voer yang akan membantu pertumbuhan pada ayam tersebut. Berikanlah ayam kate makanan dua kali sehari, yaitu ketika waktu pagi dan sore hari.

Berikut daftar Harga Ayam Hias Kate Per Ekor :

Ayam Kate 1 bulan   @ Rp 100,000
Ayam Kate 2 bulan   @ Rp 125,000
Ayam Kate 3 bulan   @ Rp 150,000
Ayam Kate 4 bulan   @ Rp 200,000
Ayam Kate 5 bulan   @ Rp 250,000
Ayam Kate Dewasa  @ Rp 350,000

Berikut daftar Harga Ayam Kate Jepang Per Ekor

Ayam Serama 1 Bulan   @ Rp 100,000
Ayam Serama 2 Bulan   @ Rp 125,000
Ayam Serama 3 Bulan   @ Rp 150,000
Ayam Serama 4 Bulan   @ Rp 200,000
Ayam Serama 5 Bulan   @ Rp 250,000
Ayam Serama Dewasa  @ Rp 350,000

Jenis Ayam Kate
Jenis Ayam Kate

Ayam kate adalah salah satu jenis ayam hias yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Mereka suka mengembangbiakan karena bentuknya yang unik dan warnanya yang sangat menarik. Meskipun sama-sama termasuk dalam kelompok unggas dan memiliki sayap, ayam kate ini tetap memiliki karakteristik yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis ayam lain.

Jika Anda termasuk salah satu pecinta ayam kate dan ingin ayam yang Anda pelihara tumbuh dengan sehat dan segar. Sadarilah bahwa ayam yang satu ini membutuhkan sanitasi yang baik. Meskipun kandang yang Anda buat dalam keadaan yang tertutup. Gunakan kandang dengan lantai yang terbuat dari bahan bambu dan tertutup oleh kawat strimin. Satu perlindungan yang juga perlu dibutuhkan saat cuaca cukup dingin adalah lapisan bawah kandang yang kedap dari air. Dengan begitu ayam akan tetap terjaga dan tidak mudah terjangkit penyakit. Disamping itu ayam ini akan tetap terlihat cantik dan unik.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam kate ataupun jenis ayam hias lainnya yang berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam kate untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya.  :

Call/SMS :

0812 2028 8686

Call/SMS/WHATSAPP :

08564 77 23 888

Email :
hobiternakmail@gmail.com

 

Kata Terkait: 

jenis ayam kate hias, ayam kate kaki pedang, harga ayam kate jepang, ayam kate bangkok, ayam kate putih, makanan ayam kate, ciri ayam kate asli, ayam kate emas,

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
ayam kate
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: