6 Tips Dalam Memilih Makanan Ayam Kate Agar Cepat Bertelur

Dalam beternak Ayam Kate memperhatikan jenis pakan yang kita berikan memang cukup penting, beberapa tips dalam memilih pakan agar Ayam Kate cepat bertelur sebelum beternak perlu untuk kita ketahui.

Apa itu ayam kate ?

Ayam Kate adalah salah satu jenis ayam bertubuh mungil atau kecil di Indonesia.
Ayam Kate adalah salah satu jenis ayam bertubuh mungil atau kecil di Indonesia.

Ayam Kate merupakan ayam hias yang bertubuh mungil dan menggemaskan. Ayam Kate atau ayam katai dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama ayam bantam dan cukup banyak digemari para pencinta ayam hias. Jenis Ayam yang memiliki tubuh yang mini,mungil dan lucu ini banyak dijadikan para kolektor sebagai ayam hias , bukan digunkan sebagai ayam pedaing maupun petelur. Semakin berkembangnya zaman ayam ini mengalami penurunan, sejak pertama kali ditemukan sudah banyak mengalami persilangan, salah satu persilangan terakhir adalah Ayam Serama.

Sering masyararkat salah dalam penyebutan antara ayam kate dengan ayam serama. Karena bentuk dan posturnya yang hampir sama. Agar Anda tidak salah dalam penyebutan ke dua ayam ini. Anda bisa melihat perbedaan ayam serama dan ayam kate

Untuk menjaga populasi Ayam Kate, Anda bisa memeliharanya sembari beternak ayam kate dari bertelur hingga penetasan. Kini mulai banyak yang melakukan ternak ayam kate, bagi anda yang ingin mencoba telur berikut daftar harga telur ayam hias terbaru. Untuk menjaga produktivitas ayam kate dapat dilakukan dengan cara tertentu. Perhatikan juga pakan yang akan diberikan, sering kali para peternak mengabaikan kualitas dari pakan tersebut.

Ada beberapa tips untuk memilih makanan ayam kate biar cepat bertelur, sebagai berikut :

  1. Pilih pakan dengan kualitas yang baik

    Mengapa? Karena pemberian pakan yang berkualitas dapat mempengaruhi produktifitas pada ayam kate. Pakan yang dijaga kualitasnya  haruslah berbahan baku yang baik. Oleh karena itu pemberian pakan yang berkualitas akan membantu meningkatkan efisiensi pemeliharaan dan akan mendukung keberhasilan pada suatu peternakan. 

  2. Memperhatikan kondisi pakan

    Dalam pemberian pakan pada ayam perlu adanya kita untuk memperhatikan kondisi pakan, karena kondisi pakan yang baik akan menghasilkan ayam yang baik pula. Pakan ayam merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah peternakan ayam. Dan kita juga harus memperhatikan kondisi pakan apakah pakan tersebut layak dikonsumsi atau tidak dan dalam pemberian pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam tersebut. Hindari pemberian pakan yang berlebihan, karena pakan akan berserakan di dalam kandang dan hal tersebut bisa membuat pakan menjadi busuk dan tentunya ayam bisa terjangkit penyakit. 

  3. Perhatikan tanggal kadaluwarsa pakan

    Di lingkungan kita banyak disediakan berbagai macam pakan ayam yang rata-rata pakan jadi yang dapat disimpan dan bertahan hingga 3 minggu sejak produksi. Namun apabila jenis pakan tersebut lebih dari 3 minggu dapat dikatakan kemasan tersebut rusak atau kadaluwarsa (Tidak layak pangan). Pemberian pakan pada ayam yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ayam. Jadi kami tidak menyarankan untuk memakai pakan yang sudah tiba tanggal kadaluwarsanya. 

  4. Pilihlah jenis pakan yang dibutuhkan ayam

    Perlunya jenis pakan yang dibutuhkan ayam yang dapat membantu pertumbuhan pada ayam. Misalnya dalam pemberian pakan harus disesuaikan pada usia ayam. Pakan anak ayam kate dapat diberikan voer hal itu dapat membantu pertumbuhan ayam, pada usia ayam perkembangan yang dapat diberikan dengan memiliki banyak kandungan konsentrat dan pada usia dewasa yang lebih banyak diberikan pakan yang  memicu telur serta keindahan tubuh ayam.

  5. Anda dapat bertanya ke toko ternak tentang kegunaan pakan atau vitamin ayam kate yang anda beli

    Perlunya kita bertanya tentang kegunaan pakan atau vitamin guna tidak salah dalam membeli dan mengetahui apa kandungan yang dimiliki pakan tersebut. 

  6. Pilihlah pakan dengan kandungan gizi yang baik

    Perlunya pemberian pakan dengan kandungan gizi yang baik karena pakan memang harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya. Dan dapat terpenuhi dengan memberikan konsentrat serta sayur-sayuran.

Demikian tips memilih makanan ternak Ayam Kate agar cepat bertelur. Disamping dari segi pakan, kandang atau tempat mengeram sangat diperlukan untuk perkembangbiakkan ayam kate. Mungkin hal ini terlihat sepele tetapi ini merupakan hal yang penting untuk lebih diperhatikan.

Perlunya kandang bagi ayam kate

Kenyamanan kandang dapat berpengaruh juga dengan psikologis ayam kate selain pakan. Karena kandang merupakan komponen utama dalam pemeliharaan ayam kate. Jenis ayam kate ini memiliki gerak tubuh yang lincah dan gesit sehingga fungsi dari kandang yakni menjaga ternak agar tidak berkeliaran dan jauh dari pemangsa juga memudahkan pemantauan pada ternak kita. 

Untuk kandang ayam kate sebaiknya jangan terlalu sempit, agar ayam kate dapat bergerak dengan aktif dan bisa merasa nyaman di dalam kandang. 

Berikut merupakan kandang ayam kate sederhana :

Berikut adalah salah satu contoh design kandang ayam kate
Berikut adalah salah satu contoh design kandang ayam kate

Cara membuat sarang ayam kate :

  • Dalam membuat sarang ayam kate pastikan kandang yang dibuat nyaman bagi ayam kate bertelur dengan terlindung dari cahaya matahari dan hujan.
  • Sebaiknya sarang yang dibuat yang letaknya mudah dijangkau oleh ayam.
  • Letak kandang sebaiknya jauh dari jalan yang sering dibuat lalu lalang ayam lain.
  • Sebaiknya kandang juga tidak teerlalu lembab juga terlalu panas.

Anda juga dapat mengunjungi dipeternakan langsung. Kini teknologi yang semakin canggih sudah cukup membantu kita dalam mengolah berita dan informasi yang ingin kita dapatkan. Anda bisa juga mengaksesnya dengan mudah. Kunjungi website resmi kami di hobiternak.com dan jualayamhias.com untuk mengetahui berbagai jenis ayam yang kami sediakan, seperti ayam kate. Informasi dapat anda peroleh tentang bagaimana cara beternak ayam kate dan lain sebagainya, termasuk harga ayam kate.

Semoga ulasan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

Jika Anda berkeinginan untuk memelihara ayam kate, kami menyediakan ayam kate dari usia 1 bulan sampai dewasa. Kami juga bisa mengirimkan baik di dalam Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa. 

Berikut daftar harga ayam kate : 

1 Bln Rp 85,000 / ekor
2 Bln Rp 110,000 / ekor
3 Bln Rp 135,000 / ekor
4 Bln Rp 185,000 / ekor
5 Bln Rp 235,000 / ekor
Dewasa Rp 335,000 / ekor

Untuk info lebih lengkapnya, silahkan bisa hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini baik via WA atau telepon : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
makanan ayam kate biar cepat bertelur, pakan anak ayam kate, vitamin ayam kate, cara mengawinkan ayam kate, harga anakan ayam kate, kandang ayam kate, cara membuat sarang ayam kate, memandikan ayam kate,

**Dwi Sri Rahayu**

** Viky Ristiyarti **

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: