Ayam Kate Serama – Perlu Anda ketahui, sebenarnya ayam kate berbeda jenis dengan ayam serama. Namun, banyak yang menyamakan jenisnya dan menyebutnya dengan ayam kate serama. Hal ini dikarenakan ayam kate maupun ayam serama sama-sama memiliki tubuh yang mungil.

Ayam Kate

Ayam Kate

Ayam kate asli ditemukan di Bantam atau sekarang disebut dengan Banten. Jadi ayam kate merupakan salah satu hewan asli Indonesia. Sedangkan ayam serama ditemukan di Malaysia. Biasanya juga banyak yang menyebutnya dengan ayam kate serama malaysia.

Ayam Serama Kate

Ayam Serama

Dari bentuk tubuhnya sudah berbeda. Berikut merupakan perbedaan ayam kate dengan ayam serama :

Ayam Kate :

  1. Lebih berat dibandingkan dengan ayam serama. Untuk ayam kate jantan dewasa beratnya bisa mencapai 500 gram lebih. Sedangkan ayam kate betina beratnya sekitar 400 gram. Ayam kate biasa disebut dengan miniatur ayam.
  2. Bentuk tubuhnya hampir sama dengan ayam biasa, hanya saja ayam kate lebih kecil.
  3. Lebih terkesan seperti ayam cebol dikarenakan jari kakinya gemuk-gemuk.
  4. Warna ayam kate lebih bervariasi

Ayam Serama :

  1. Beratnya tidak lebih dari 500 gram untuk pejantannya. Sedangkan ayam serama betina beratnya sekitar 300 gram.
  2. Badannya lebih membusung bahkan kepalanya hampir menyentuh ekornya. Badan ayam serama terlihat tegap dan ekor lurus hampir menyentuh tanah.
  3. Terlihat lucu, mungil, dan menggemaskan. Jari kaki ayam serama lebih langsing dan kecil, meskipun kakinya pendek tidak terlihat seperti cebol.
  4. Warna ayam serama pada awalnya hitam dan merah. Namun seiring dengan perkembangan, warna ayam serama lebih banyak pilihannya.
  5. Serama merupakan hasil persilangan dari berbagai ayam
  6. Nama serama berasal dari kata Sri dan Rama, zaman dahulu dipercaya sebagai hewan peliharaan keluarga
  7. Ayam serama bisa mencapai umur 15 tahun

Jadi, ayam kate serama asli merupakan dua jenis ayam yang berbeda. Harga ayam kate serama juga berbeda, khususnya jenis ayam serama kontes, harganya lebih mahal dibandingkan ayam kate. Ayam serama kontes biasa berjalan seperti mundur, hal ini yang membuatnya semakin menggemaskan. Ayam serama kontes akan terlihat membusung meskipun masih kecil.

Berikut merupakan contoh gambar ayam kate serama :

Ayam Kate

Ayam Kate

 

Ayam Serama

Ayam Serama

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menonton video ayam serama berikut :

Jenis ayam kate serama merupakan salah satu hewan peliharaan yang jinak, manja dan mudah mengenal pemiliknya. Jadi, ayam kate serama bisa Anda jadikan teman bermain. Anda juga berpeluang untuk mengikutsertakan ayam serama atau ayam kate Anda dalam kontes. Bagi sebagian orang, mengikuti kontes hanya dijadikan sebagai hobi, namun bagi sebagian yang lain, kontes merupakan ajang untuk menjadikan nilai jual ayam serama semakin tinggi. Untuk menjadikan ayam kate dan serama, diperlukan latihan sejak kecil, bukan dari indukannya. Jika indukannya pernah juara, namun bukan berarti anakannya nanti juga bisa juara. Hanya saja, ketika indukannya bagus, maka anakannya hanya perlu latihan sedikit untuk bisa menjadi berkualitas.

Ayam Kate

Ayam Serama

Kami hobiternak.com merupakan tempat jual ayam kate dan ayam serama yang berkualitas dan harga terjangkau. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara ayam kate ataupun serama, kami menyediakan dari berbagai jenis dan usia mulai dari satu bulan sampai indukan. Kami juga menyediakan telur bagi Anda yang berminat untuk mencoba menetaskan sendiri. Untuk Pulau Jawa kami kirimkan via kereta, sedangkan luar pulau juga bisa kami kirimkan via pesawat. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk pemesanan :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

ayam kate serama asli, harga ayam kate serama, ayam serama, ayam serama betina, video ayam serama, ayam kate asli, ayam kate serama malaysia, gambar ayam kate serama,


1 Comment

Penyakit yang Menyerang Ayam Kalkun dan Cara Mengatasinya - hobiternak.com · October 8, 2018 at 3:08 am

[…] Mengenal Ayam Kate Serama dan Mengetahui Perbedaannya […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: