Pentingnya Pemeliharaan Kandang Ayam Kate Sederhana- Ayam Kate merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari Banten. Ayam Kate atau Ayam Bantai dalam bahasa Inggris dapat disebut juga sebagai Ayam Bantam. Pada awalnya jenis ayam ini ditemukan di Jawa yang tepatnya diarea sekitar pelabuhan Bantam yang pada saat ini lebih dikenal dengan Provinsi Banten. Ayam ini merupakan jenis ayam yang dijadikan sebagai ayam hias oleh kalangan pecinta jenis ayam hias.

kandang ayam kete

Ayam Kate Dewasa Sepasang

Tidak jauh berbeda dengan jenis ayam lainnya, ukuran tubuh ayam kate lebih kecil dan ekornya yang khas dengan paruhnya yang kecil dan berpenampilan tegap. dalam memelihara Ayam Kate tidak hanya menjadi hobi saja melainkan bisa dijadikan sebagi lahan bisnis yang cukup menguntungkan dan di Indonesia berternak ayam menjadi pilihan yang tepat selain dijadikan sebagai ayam hias juga dagingnya yang dapat dikonsumsi sendiri maupun untuk di jual kembali. Pada dasarnya biaya perawatan ayam pun lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan sapi. Memang tak banyak yang membudidayakan ayam kate yang hanya dikonsumsi melainkan ayam kate ini sering dijadikan sebagai ayam hias karena memiliki bentuk tubuh yang unik dan lucu.

Pentingnya kandang yang baik bagi ayam

Dalam pemeliharaan Ayam Kate sendiri hal utama yang harus dipersiapkan adalah kandang. Pemeliharaan kandang pada peternakan ayam pada umumnya kandang merupakan faktor utama yang harus diperhatikan, Karena pada dasarnya kandang merupakan salah satu faktor kebutuhan penting dalam usaha peternakan. Kandang ayam ini berfungsi guna memudahkan peternak dalam pemeliharaan ayam supaya ayam tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan ayam tersebut. Selain itu fungsi kandang juga dapat mencegah ayam terkena penyakit. Yang anda perlu ketahui juga untuk menjaga keamanan ternak kita dari pencurian.

Berikut merupakan daftar harga ayam kate :

1). 1 bulan   @ Rp 100,000
2). 2 bulan   @ Rp 125,000
3). 3 bulan   @ Rp 150,000
4). 4 bulan   @ Rp 200,000
5). 5 bulan   @ Rp 250,000
6). Dewasa  @ Rp 350,000

Kandang ayam kate sederhana dapat dibuat sendiri menggunaan kayu sisa yang dapat menekan biaya dan bisa menyesuaikan lokasi kandang yang sesuai dengan keinginan kita juga dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dapat dibuat dengan memperhatikan kenyamanan pada ayam dan dapat tumbuh lebih baik. Pembuatan kandang yang bagus sendiri memang tidak harus mahal karena bahan pembuatan kandang yang dapat ditemukan dengan mudah, dan bernilai jual murah.

kandang ayam kate

Kandang ayam kate

Selain kandang ayam kate yang terbuat dari kayu kita juga bisa membuat kandang ayam kate dari bambu yang mudah ditemukan disekitar lingkungan kita juga memiliki nilai jual yang murah. kandang yang berbahan dasar dari bambu ini sangat umum digunakan oleh peternak ayam di Indonesia. Karena biaya pembuatannya yang terbilang cukup murah juga dapat diandalkan ketahan dari bambu tersebut.

Ukuran kandang ayam kate yang ideal sendiri harus disesuaikan jumlah ayam kate yang akan diternakkan, juga sesuai dengan budget yang tersedia. Selain itu kita juga harus memperhatikan arah kandang. Akan lebih baik jika kandang menghadapketimur yang nantinya mendapat sinar matahari secara langsung yang dapat menjaga kesehatan ayam. Usahakan kandang ayam tidak lembab karena dapat menghambat pertumbuhan pada ayam.

Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang :

  • Sebaikya kandang jauh dari pemukiman penduduk
  • Lokasi kandang yang tidak banyak dilewati oleh lalu lintas umum
  • Lokasi yang dekat pasar atau kota yang memudahkan kita dalam memasarkan ayam
  • Dekat dengan sumber pakan dan sumber air
  • Serta terdapat sirkulasi uadara yang baik

Pemeliharaan kandang ayam kate

Pentingnya pemeliharaan kandang ayam kate yang dapat dilakukan setiap hari. Dengan membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun sisa-sisa pakan ayam juga mencuci tempat pakan dan minum ayam kate. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan serta keindahan pada ayam kate.

Pemberian pakan yang mengandung nutrisi tinggi

Dalam pemberian pakan ayam kate sendiri akan lebih baik jika diberikan pakan yang bernutrisi. Ayam Kate merupakan jenis ayam yang memiliki paruh yang pendek maka untuk jenis ayam ini tidak bisa memakan jenis biji-bijian misalnya jagung dan jenis biji-bijian tertentu saja. Sehingga untuk ayam kate ini lebih suka diberikan pakan seperti beras merah karena bentuknya yang lebih kecil juga mengandung banyak nutrisi. Contohnya pakan anak ayam kate dapat diberikan voer karena voer mangandung protein yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan pada ayam tersebut. Selain itu anda juga dapat memberikan sisa nasi yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan ayam kate. Selain itu kita juga dapat memberikan makanan ayam kate biar cepat bertelur dan vitamin ayam kate dengan diberikan kandungan konsentrat yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam kate, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
kandang ayam kate sederhana, kandang ayam kate dari bambu, makanan ayam kate biar cepat bertelur, ukuran kandang ayam kate yang ideal, vitamin ayam kate, jual kandang ayam kate, pakan anak ayam kate, harga ayam kate,,

Viky Ristiyarti


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: