7 Keunggulan Ayam Arab yang Tak Kalah dengan Jenis Ayam Lainnya

Bila dilihat dari kebutuhan masyarakat saat ini, kebanyakan telur menjadi salah satu makanan pokok yang selalu tersedia di meja makan kita. Telur ayam menjadi makanan favorit dan mudah dibuat apalagi saat waktu pagi hari anak-anak sekolah membutuhkan asupan makanan yang bergizi sebelum berangkat ke sekolah.

Ada berbagai jenis telur ayam yang bisa di konsumsi diantaranya telur ayam petelur merah, telur ayam kub, telur ayam elba dan telur ayam arab.

Untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai telur ayam arab. Simak informasi dibawah ini ya…

Ayam arab menjadi jenis ayam petelur pengganti untuk membantu memenuhi permintaan telur ayam di masyarakat | Image 1 hobiternak.com
Ayam arab menjadi jenis ayam petelur pengganti untuk membantu memenuhi permintaan telur ayam di masyarakat | Image 1

Ayam Arab

Ayam arab adalah jenis ayam buras (bukan ras) yang mulai dibudidayakan oleh para peternak sebagai pengganti atau pendukung permintaan telur ayam yang cukup tinggi. Ada beberapa keunggulan ayam arab dibandingkan jenis ayam yang lain, diantaranya :

1. Ayam arab memiliki sifat mengeram yang sangat rendah

Ayam arab tergolong jenis ayam yang memiliki sifat mengeram yang rendah jadi ia bisa bertelur sepanjang tahun. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena ayam arab bisa memproduksi telur secara terus menerus tanpa terpotong dengan waktu pengeraman.

2. Cara pemeliharaan mudah

Sama seperti jenis ayam kampung yang lainnya, pemeliharaan ayam arab juga terbilang cukup mudah. Peternak bisa menggunakan sisitem kandang intensif atau umbaran.

Namun disarankan jika ingin mendapatkan hasil panen yang memuaskan maka bisa menggunakan sistem kandang intensif. Jadi, ayam selalu berada di dalam kandang, sehingga pakan dan minum selalu disediakan oleh peternak. Anda bisa memahami 6 Hal Penting dalam Pembuatan Kandang Ayam Arab Petelur

Baca Juga!  4 Alasan Kenapa Anda Harus Beternak Ayam Arab Jantan

3. Produktivitas telur tinggi

Berbeda dengan jenis ayam kampung biasa yang produkvitias telurnya 150-170 butir per tahun per ekor, ayam arab produktivitas telurnya lebih tinggi. Ayam arab bisa menghasilkan telur sebanyak 200-260 butir per tahun per ekor dengan masa bertelur hingga 2 tahun.

4. Konsumsi pakan rendah

Ayam arab termasuk jenis ayam petelur tipe ringan yaitu bobotnya di bawah 1880 gram per ekor. Pakan ayam arab tidak terlalu banyak yakni hanya 100 gram per ekor dalam satu hari. Jenis pakan yang bisa diberikan yaitu pakan jenis konsentrat petelur.

5. Harga jual tinggi

Jika dibandingkan dengan ayam kampung, harga jual telur, DOC dan indukan lebih tinggi. Pada usia indukan ayam arab dapat dijual dengan harga sekitar Rp 100.000 an. Sedangkan DOC nya bisa sampai Rp 11.000 an jika dalam 1 bok full betina..

6. Tahan terhadap penyakit

Ayam arab termasuk jenis ayam petelur yang tahan terhadap penyakit. Namun agar ketahanannya lebih bisa maksimal bisa diberikan vaksin.

7. Bisa dijadikan ayam hias

Selain bisa dijadikan ayam produksi, ayam arab juga bisa dijadikan sebagai ayam hias. Bentuk fisiknya yang unik dengan warna bulu silver atau merah, bisa dipelihara di halaman rumah untuk memanjakan mata kita.

Ini adalah telur ayam arab | Image 2 agropustaka.com
Ini adalah telur ayam arab | Image 2

Bagaimana Anda setelah mengetahui informasi mengenai beberapa keunggulan ayam arab ? apakah tertarik untuk memeliharanya???

Jika Anda tertarik kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai usia ayam arab, baik DOC, usia remaja bahkan dewasa. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (5 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA