Ayam Arab Betina Persiapan Produksi

Mengetahui Jenis Pakan Ayam Arab Petelur

Pakan Ayam Arab Petelur – Dilihat dari sejarahnya, Ayam Arab bukan termasuk ayam asli Indonesia. Ayam Arab merupakan keturunan dari Ayam Brakel Kriel-Silver yang berasal dari Belgia. Disebut dengan Ayam Arab karena keberadaannya di Indonesia dibawa oleh orang yang sedang menunaikan ibadah Haji di Arab Saudi. Ayam Arab termasuk kategori ayam petelur sehingga dalam pemeliharaannya membutuhkan pakan yang tepat untuk menunjang produktivitas telurnya.

Ayam yang postur tubuhnya mirip dengan Ayam Kate ini berasal dari luar Indonesia. Namun, karena kemampuan bertelurnya yang cukup bagus maka ayam ini didatangkan ke Indonesia yang mempunyai penduduk yang cukup banyak, dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi telur masyarakat Indonesia. Untuk Ayam Arab pejantan mempunyai daya seksual yang tinggi sehingga dalam perkawinan 1 jantan bisa membuahi 8 betina.

Ayam Arab Betina Persiapan Produksi
Ayam Arab

Ayam Arab jika mendapatkan pakan yang tepat maka akan rajin bertelur. Pakan untuk ayam pada masa bertelur berbeda dengan pakan saat masih anakan atau remaja. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi gizinya. Pakan yang ideal terdiri dari beberapa unsur seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Pakan untuk ayam petelur bisa didapatkan dengan membeli konsentrat atau voer produk pabrik. Namun, jika jumlahnya banyak maka bisa dikombinasikan dengan pakan tambahan atau pakan alternatif. Selain menggunakan bahan yang terdiri dari campuran voer dari pabrik, kita juga bisa memberikan pakan yang murni buatan sendiri yang berbahan organik. Bahan organik lebih aman dan dapat dibuat dari bahan yang banyak terdapat di sekitar dengan memperhatikan komposisi nutrisinya. Pakan organik biasanya terdiri dari sayuran dan umbi-umbian.

Pakan ayam arab diberikan sehari 2 kali pada pagi dan sore pak. Jumlah pakan untuk tujuan dikomsumsi maka jumlah pakan per harinya 70 gram. Sedangkan jika tujuan pemeliharaan untuk mendapatkan telur untuk ditetaskan jumlahnya 80 – 90 gram per ekor per hari.  Agar makanan dapat dicerna dengan baik maka perlu diberikan probiotik.

Selain pakan konsentrat, kita juga bisa memberikan pakan alternatif yaitu bekatul 20 %, jagung kuning giling 50 % dan konsentrat 30 %. Sebagai gambaran jika memelihara 10 ribu ekor ayam arab maka memerlukan 5 kuintal bekatul dan jagung kuning giling 1 ton. Jika kita mengandalkan pakan konsentrat. Dalam masalah pakan, hal yang terpenting adalah nilai kecukupan antara protein dan energi. Selain itu perlu diketahui beberapa jenis nutrisi lain yang mendukung tumbuh dan berkembangnya ayam arab dan dapat mencukupi kebutuhan pada masa bertelur.

Contoh  penghitungan pakan untuk ayam arab :

Untuk membuat pakan sendiri bisa membuat formula antara lain jagung 40 %, bekatul 30 % dan konsentrat 30 %. Jagung mengandung protein 8 %, bekatul 11 % dan konsentrat 32 %. Sedangkan untuk energi mineral, jagung mengandung 3300 kkal, bekatul 2500 kkal dan konsentrat 2800 kkal. Pada masa bertelur jumlah nutrisi berbeda dibandingkan dengan pakan saat masa starter dan masa grower.

Pakan Ayam Arab
Konsentrat Untuk Ayam Arab

Untuk jenis ayam petelur, Ayam Arab memang belum familiar dibandingkan ayam ras petelur. Telur dari ayam ras petelur mempunyai bentuk dan bobot telur yang lebih besar dibandingkan dengan ayam arab. Akan tetapi, dari produktivitas lebih unggul Ayam Arab. Saat ini usaha pembibitan Ayam Arab belum sebanyak ayam ras petelur. Saat ini usaha pembibitan ayam arab masih banyak dilakukan pengusaha yang berada di pulau Jawa.

Ayam Arab yang telah memasuki masa afkir biasanya dijadikan sebagai ayam pedaging. Memang sebagai ayam pedaging Ayam Arab masih kurang berpotensi karena dagingnya tidak sebanyak ayam ras petelur. Sehingga hasil penjualan ayam arab afkir kurang menonjol dibandingkan ayam petelur. Namun kelebihan dari Ayam Arab ini yang tidak dimiliki jenis petelur adalah produktivitasnya yang cukup tinggi apalagi bila ditunjang pakan yang bagus.

Untuk DOC Ayam Arab petelur mempunyai harga yang berbeda-beda tergantung tujuan pengiriman. Untuk wilayah Jawa mempunyai harga Rp5,500 per ekor. sedangkan untuk wilayah Kalimantan berkisar Rp7,600 – Rp8,300. Wilayah Sulawesi berkisar Rp7,400 – Rp9,500 dan wilayah Papua harganya bervariasi Rp10,000 – Rp11,000. Harga DOC dapat sewaktu-waktu mengalami perubahan.

Apabila Anda tertarik untuk budidaya DOC ayam arab kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC ayam kampung arab dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS
0838-6918-5523

Kata terkait:
Budidaya DOC ayam arab, beternak ayam arab di lahan sempit, masa panen ayam arab, tantangan beternak ayam arab, produktivitas ayam arab, harga DOC ayam arab, analisa usaha beternak ayam arab untuk 100 ekor, ukuran kandang baterai untuk ayam arab siap telur

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
DOC Ayam Arab
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: