Baru!!! Ayam Elba Jenis Ayam Petelur Unggul

Siapa yang belum tahu apa itu Ayam Elba???

Bagi masyarakat umum, tentu ayam elba masih cukup awam. Ayam elba termasuk jenis ayam kampung petelur unggul yang saat ini populasinya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Sejarah ayam elba sendiri pertama kali di temukan oleh seseorang yang bernama Lala Setiawan yang tinggal di Dusun Batikan, Soropadan, Temanggung, Jawa Tengah.

Awalnya beliau bersama dengan rekannya dari Jeddah membawa telur tetas sekitar 60 butir dan membagikan ke beberapa kolega di dusunnya.

Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1
Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1

Ternyata dari 60 butir tersebut yang dibagikan ke beberapa koleganya, cuma telur yang dimiliki Yap Tjie Tjong yang menetas. 

Telur yang menetas tersebutlah lalu dibesarkan dan dikembangbiakkan jadi ayam elba. Populasi ayam elba saat ini sudah cukup banyak bahkan beribu-ribu.

Sebutan ayam elba ini karena sebagai bentuk penghargaan untuk Lala Setiawan. “El” diambil dari nama awal yaitu Lala sedangkan “Ba” diambil dari Batikan yaitu tempat pertama kali ayam elba ditemukan.

Ciri-ciri Ayam Elba

  • Paruh, kulit, cakar, jari berwarna kuning
  • Warna bulu campuran, umumnya putih dan merah
  • Jengger tunggal berwarna merah
  • Daun telinga berwarna perak atau putih
  • Bobot ayam elba jantan usia dewasa yaitu 1,3 kg
  • Bobot ayam elba betina usia dewasa yaitu 1,1 kg
  • Bulu ayam elba tidak terlalu tebal

Keunggulan Ayam Elba :

  • Afkiran ayam elba dapat dijadikan daging konsumsi, jadi dapat dijual
  • Puncak produktivitas telur ayam elba bisa sampai 85% dan itu jauh diatas ayam arab
  • Harga jual ayam elba afkiran sama seperti ayam kampung asli
  • Di bandingkan dengan ayam Joper dan KUB, ayam elba lebih tahan penyakit
  • Ayam elba tidak mempunyai sifat mengeram, jadi proses bertelurnya tidak akan terganggu
  • Warna bulu seperti ayam kampung asli (bervariasi)
Ayam elba mempunyai keunggulan yang cukup bagus dan tak kalah dengan ayam petelur jenis yang lain | Image 2
Ayam elba mempunyai keunggulan yang cukup bagus dan tak kalah dengan ayam petelur jenis yang lain | Image 2

Produktivitas Ayam Elba

Ayam elba termasuk jenis ayam petelur yang produktivitas telurnya cukup tinggi.

Dalam setahun ayam elba dapat bertelur sekitar 280-300 butir per ekornya. Jumlah ini tentu lebih banyak daripada produktivitas ayam arab.

Ayam elba mulai bertelur pada usia 4,5 bulan. Ukuran telur yang dihasilkan mirip seperti ayam kampung , beratnya sekitar 60 gram dengan warna kerabang yaitu putih krem.

Pakan Ayam Elba

Dalam hal pemberian pakan, peternak harus sangat teliti untuk memilih pakan apa yang bagus untuk dikonsumsi ayam elba.

Karena ayam elba diternak untuk diambil telurnya jadi pakan yang bisa digunakan peternak yaitu pakan konsentrat khusus petelur.

Di toko pakan tentu banyak jenis dan merk konsentrat untuk ayam petelur. Anda bisa pilih atau meminta rekomendasi dari pihak toko agar bisa memilihkan jenis konsentrat apa yang bagus.

Kebutuhan pakan ayam elba tidak terlalu banyak. Dalam satu hari, ayam elba usia dewasa hanya menghabiskan sekitar 70 gram pakan dalam satu ekornya.

Takaran tersebut terbilang tidak terlalu banyak, karena biasanya pada ayam jenis lain jumlah konsumsi pakan per hari bisa dibilang lebih tinggi dari itu.

Kandang Ayam Elba

Kandang yang cocok untuk ayam elba yaitu kandang sistem baterai. Kandang baterai cocok digunakan ayam petelur karena memudahkan peternak untuk mengambil telur.

Selain itu penggunaan kandang sistem baterai untuk ternak ayam elba bisa juga memudahkan dalam hal perawatan.

Karena biasanya kandang baterai di isi per sekat 1 ekor jadi perawatan akan lebih mudah dan konsumsi pakan akan terpenuhi secara merata.

Kandang bisa terbuat dari bambu atau dengan besi. Masing-masing kandang tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk pemilihan kandang tersebut, peternak bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk pemilihan kandang ayam elba yang akan digunakan.

Kandang ayam elba bisa menggunakan sistem baterai untuk memudahkan peternak dalam melakukan perawatan dan pengambilan telur | Image 3
Kandang ayam elba bisa menggunakan sistem baterai untuk memudahkan peternak dalam melakukan perawatan dan pengambilan telur | Image 3

Harga Ayam Elba

Di setiap wilayah harga pullet ayam elba berbeda-beda, ini juga tergantung dengan usia ayam tersebut.

Kalau di hobiternak.com harga ayam elba usia 5,5 bulan yaitu Rp 130.000,- per ekornya. Untuk pemesanan bisa langsung hubungi telp/WA : 0813-6330-7506

Sedangkan untuk DOC ayam elba atau bibit harganya sekitar Rp 10.000,- ke bawah. Peternak bisa memilih mau ternak ayam elba usia anakan (DOC) atau yang sudah dewasa/siap telur. 

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Elba

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, sama seperti ayam elba pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan ayam elba sudah kami jelaskan diatas tadi, kalau kekurangan ayam elba yaitu mudah stress saat ada suara yang ramai/gaduh.

Kekurangan tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena memang ada sebagian ayam yang akan stress dan ketakutan bila ada suara yang ramai.

Pengiriman ayam elba hobiternak.com ke pelanggan setia di Jawa Barat | Image 4
Pengiriman ayam elba hobiternak.com ke pelanggan setia di Jawa Barat | Image 4

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai ayam elba petelur. Bagaimana Anda tertarik untuk memelihara ayam tersebut. Jika tertarik silahkan bisa order ayam elba di hobiternak.com 

Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman via kargo hewan terpercaya dengan GARANSI ayam hidup saat diterima. Hubungi layanan pelanggan di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

0812-2028-8686
0895-6124-93491
0819-3140-9353

Kata terkait : 
ayam elba, jual ayam elba, doc ayam elba, harga ayam elba, telur ayam elba, kelebihan dan kekurangan ayam elba, kandang ayam elba, pakan ayam elba, harga pullet ayam elba, ayam petelur

2/5 - (1 vote)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: hobiternak.com
  • image 7: Owned by the author
  • cover: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA