Jual Ayam Elba Murah Berkualitas Usia DOC dan Dewasa

Permintaan telur saat ini di pasaran cukup banyak, pasalnya telur ayam kampung sering dimanfaatkan sebagai olahan masakan dan juga jamu.

Oleh karena itu, tak heran jika telur ayam kampung ini cukup banyak peminatnya. Dari sini peternak mulai beternak ayam kampung. Selain bisa dimanfaatkan telurnya, dagingnya pun jika bisa dipanen. 

Memilih jenis ayam kampung, ada salah satu ayam kampung petelur yang menjadi primadona peternak saat ini. Yaitu, jenis ayam kampung Elba.

Ayam ini memiliki daya tarik tersendiri dari peternak. Produktivitas dalam bertelur, ayam elba bisa menghasilkan 300 butir per tahun. 

Ayam elba termasuk jenis ayam kampung unggul petelur yang populasinya saat ini mulai meningkat | image 1
Ayam elba termasuk jenis ayam kampung unggul petelur yang populasinya saat ini mulai meningkat | image 1

Ayam Elba itu jenis ayam apa?. Nah, disini kami akan membahas mengenai ayam yang satu ini. Ayam Elba berasal dari Jeddah yang berawal dari telur tetas, dan dibawa pulang oleh salah satu jamaah haji yang bernama Lala Setiawan.

Dari telur tetas 60 butir, telur tersebut dibagi dengan rekan beliau, yaitu Yap Tjie Tiong. Koh Tiong sapaan beliau diberikan 7 butir telur. Nah, dari 7 butir telur hanya menetas 3 butir. Berawal dari 3 ekor ini ayam elba menghasilkan ribuan ekor. 

Sebagai bentuk penghargaan untuk pak Lala Setiawan yang mengkembangbiakkan di dusun tempat tinggalnya. Nama ayam elba ini diambil dari nama pak Lala yaitu “L” dan “Ba” diambil dari nama dusun tempat tinggal beliau yaitu di dusun Batikan.  

Awal mula ayam elba muncul yaitu dibawa oleh Lala Setiawan | image 2
Awal mula ayam elba muncul yaitu dibawa oleh Lala Setiawan | image 2

Karakteristik dari ayam elba, memiliki warna bulu yang beragam. Adapun warnanya yaitu putih, merah, hitam, sampai coklat keemasan.

Untuk paruh berwarna kekuningan, sedang dibagian cakar tidak berbulu. Sedikit menarik, bahwasanya ayam elba ini pada saat di Jeddah memiliki sifat mengerami. Namun, di Indonesia sifat mengerami ini menghilang.

Berikut keunggulan ayam Elba:

  1. Mampu memproduksi telur 300/ butir/ ekor/ tahun
  2. Konsumsi pakan lebih sedikit yaitu 70 gram/ ekor/ hari 
  3. Ukuran telur lebih besar 60 gr/ butir dan berwarna putih
  4. Mulai bertelur usia 4 – 4,5 bulan 
Para peternak ayam petelur mulai mencoba untuk beternak ayam elba karena ingin merasakan kelebihan-kelebihannya | image 3
Para peternak ayam petelur mulai mencoba untuk beternak ayam elba karena ingin merasakan kelebihan-kelebihannya | image 3

Baca juga : 

Beternaknya bisa memulai dari usai DOC atau pullet. Bagi anda yang ingin beternak dari DOC perlu diperhatikan dalam pemilihan jantan dan betinanya.

Dalam pemilihan DOC sebaiknya usia sudah memasuki 24 jam setelah menetas. Hal ini ditujukan untuk mengetahui pemilihan bisa 100% betina.

Metode yang cukup sering dilakukan oleh peternak ialah dengan cara metode kloaka . Namun, metode ini diperlukan  pelatihan yang tepat supaya hasil dari pemilihan bisa akurat.

Selain cara tersebut, ada cara seleksi yang lain untuk mengetahui jantan dan betina DOC ayam Elba. Yaitu, melihat berdasarkan fisiknya.

Cara ini cukup sederhana. Tetapi perbedaan akan terlihat ketika usia DOC sudah berusia 1 bulan. 

Perbedaan DOC Ayam Elba Jantan dan Betina

DOC Ayam Elba JantanDOC Ayam Elba Betina
Badan lebih besar, padat, tinggi, dan gagahBadan pendek dan lembek
Jenggernya tumbuh lebih besar dan bergerigiJengger Tumbuh pendek dan tipis
Mata lebih besar dan bercahayaMata lebih kecil dan lemah
Kaki besar, kuat, dan kokohKaki pendek dan kecil
Bulu ekor lebih cepat tumbuh dibandingkan bulu bagian lainBulu badan tumbuh nyata
Gerakannya lincah dan suaranya lebih kerasGerakannya kurang lincah dan suaranya kurang nyaring
Sumber:  Sujiono dan Ade, 2009

Perbedaan diatas, dapat membantu para peternak dalam memilih ayam elba yang akan digunakan sebagai ayam petelur.

Untuk kekurangannya yaitu ayam elba tidak bisa mengerami telurnya sendiri. Karena suhu atau iklim di wilayah Indonesia berbeda dengan negara asalnya yaitu, kota Jeddah Arab. 

Ayam Elba mempunyai masa bertelur yang pada puncak produktivitasnya pada usia 2 tahun. Ayam satu ini bisa dikategorikan sebagai ayam kampung petelur super. 

Berikut DOC ayam elba yang baru saja menetas | image 4
Berikut DOC ayam elba yang baru saja menetas | image 4

Apabila ingin beternak dari yang pullet, perlu dilakukan untuk pemilihan calon indukan betina dan jantan.

Sebagai sarana pemantauan dan perkembangan ayam elba dalam pemilihan calon indukan, pencatatan bisa membantu peternak dalam perubahan yang terjadi pada unggas dan bisa menentukan penanganan/ pemeliharaannya unggas bisa lebih baik.

Sebelum beternak, bisa dipastikan untuk kandang, pakan, sarana dan prasarananya sudah siap dan tersedia. 

Bagi anda yang sedang belajar beternak atau sudah beternak ayam Elba. Kami menyediakan bibit ayam elba dan pulletnya.. Silakan  bisa langsung menghubungi kami dalam pemesanannya di nomor berikut ini.

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : jual ayam elba jawa timur, ayam elba jantan, kekurangan ayam elba, kelebihan dan kekurangan ayam elba, masa bertelur ayam elba, ayam elba kampung petelur super

5/5 - (5 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: hobiternak.com
  • cover: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA