Mau Ternak Ayam Elba ? Perhatikan Dulu Pakan Ayam Elba Ini

Sudahkah Anda tau apa itu Ayam Elba ? Ayam Elba merupakan ayam kampung petelur yang memiliki produktivitas telur tinggi. Bahkan untuk telur yang dihasilkan ayam elba ini dapat melebihi dari jumlah telur ayam arab.

Jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam elba dalam setahun dapat mencapai 300 butir/ ekor, tentu jumlah produktivitas yang tinggi bukan. Masa bertelur ayam elba terjadi pada saat memasuki usia 4,5 bulan.

Bobot telur ayam elba antara 58 – 62 g atau rata – rata 60 g/ butir dan memiliki warna cangkang telur berwarna putih. Jika dibandingkan dengan telur ayam buras ukurannya lebih kecil dari telur ayam elba.

Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1
Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1

Untuk menghasilkan telur dengan jumlah yang tinggi, tentu memerlukan pemeliharaan yang baik. Peternak perlu memperhatikan masa pemeliharaan ayam elba agar pertumbuhannya dapat maksimal.

Salah satu faktor utama pertumbuhan ayam elba yakni dalam pemberian pakan. Pakan yang baik dan berkualitas memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang ayam elba.

Pakan Ayam Elba sebagai Kunci Utama Pertumbuhan

Kunci utama tercapainya pertumbuhan yang maksimal pada ayam elba yakni dengan pemberian pakan yang berkualitas. Pakan yang diberikan peternak untuk ayam elba ini biasanya berupa pakan jadi atau pabrikan.

Tetapi, yang menjadi kendala saat ini yakni harga pakan yang semakin melambung tinggi. Tidak sedikit peternak yang mulai mencari bahan baku pakan alternatif agar dapat menekan biaya produksi.

Baca juga : Baru!!! Ayam Elba Jenis Ayam Petelur Unggul

Voer atau konsentrat memiliki gizi dan vitamin yang cocok dan sesuai dengan pertumbuhan ayam elba. | image 2
Voer atau konsentrat memiliki gizi dan vitamin yang cocok dan sesuai dengan pertumbuhan ayam elba. | image 2

Untuk menentukan bahan baku alternatif pakan ayam elba pun tidak dilakukan dengan asal – asalan.

Peternak harus memiliki bahan baku berkualitas yang mengandung nilai gizi agar pertumbuhan dan produktivitas ayam tetap terjaga.

Oleh karena itu peternak harus selektif dalam memilih pakan dan mampu mengkombinasikan antara pakan hewani dan pakan nabati sebagai bahan campuran.

Adapun untuk jenis pakan yang baik untuk ayam elba sebagai berikut ini :

1. Konsentrat

Konsentrat menjadi salah satu pakan yang mengandung jumlah protein yang tinggi. Pakan konsentrat ini berasal dari pabrikan dan biasanya mudah ditemukan di toko pakan hewan terdekat.

Biasanya konsentrat terdiri dari berbagai macam merek dan harga. Untuk harga pakan konsentrat ini berbeda – beda, tergantung merek pabrikan tersebut.

Voer/ Konsentrat khusus ayam petelur bisa diberikan untuk ayam elba pada usia anakan hingga masa panen | image 3
Voer/ Konsentrat khusus ayam petelur bisa diberikan untuk ayam elba pada usia anakan hingga masa panen | image 3

Semakin tinggi kandungan protein yang terdapat dalam pakan maka akan semakin tinggi pula harga pakan konsetrat tersebut. Untuk konsentrat pakan ayam elba dapat diberikan konsetrat CP – 124 dan CP -124p.

Pada masing – masing pakan konsetrat tersebut terdiri dari kandungan protein yang berbeda. Konsentrat CP – 124 mengandung 30 – 32% protein sedangkan CP – 124p mengandung 34 – 36% protein.

2. Dedak Halus

Dedak halus juga menjadi salah satu bahan utama dalam pemberian pakan pada ayam elba. Berasal dari limbah penggilingan padi tentu kandungan gizi didalamnya pun juga cukup tinggi.

Dedak halus dibedakan menjadi dua jenis, ada dedak halus pabrik dan dedak halus kampung.

Jenis dedak halus kampung mengandung serat kasar dalam jumlah yang relatif tinggi dibanding dedak halus pabrik.

Dedak atau Bekatul bisa menjadi salah satu bahan tambahan pada ternak ayam elba | image 4
Dedak atau Bekatul bisa menjadi salah satu bahan tambahan pada ternak ayam elba | image 4

Kandungan gizinya pun juga berbeda – beda, dedak halus pabrik mengandung protein 13,6% dengan energi 2.740 kkal/ kg. Sedangkan dedak kampung mengandung pritein 12% dengan energi 1.630 kkal/ kg.

Perlu diingat bahwa pemberian dedak halus ini tidak boleh melebihi dari 30%.

3. Jagung

Sumber energi yang baik untuk pertumbuhan ayam elba yakni jagung. Protein yang terkandung dalam jagung sekitar 9% dengan kandungan metabolisme mencapai 3.400 kkal/ kg dan serat kasar rendah sekitar 2%.

Kandungan pigmen karoten atau xantofil dapat memberikan warna kuning pada kuning telur dan warna yang menarik pada dagingnya. Penggunaan jagung pada pakan ayam elba dapat mencapi 40 – 50%.

4. Vitamin

Zat gizi yang dapat membantu pembentukan tulang serta dapat meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan infeksi yakni vitamin. Vitamin penting diberikan pada ayam elba yang masih muda.

Jenis vitamin yang dibutuhkan untuk ayam elba diantaranya vitamin A, D dan vitamin B kompleks. Jika vitamin yang diberikan pada ayam elba kurang maka ayam akan mudah terserang penyakit.

Saat beternak ayam petelur, terutama ayam elba ini sebaiknya selalu menyediakan vitamin - vitamin yang bertujuan untuk menjaga ketahanan ayam | image 5
Saat beternak ayam petelur, terutama ayam elba ini sebaiknya selalu menyediakan vitamin – vitamin yang bertujuan untuk menjaga ketahanan ayam | image 5

Vitamin yang dapat diberikan ayam elba adalah minyak ikan. Minyak ikan dipercaya dapat membuat bulu ayam mengkilap karena mengandung vitamin E. Selain itu, minyak ikan juga berfungsi untuk merangsang nafsu makan.

5. Mineral

Mineral juga menjadi zat gizi yang dibutuhkan tubuh ayam elba. Walaupun kebutuhkannya hanya sedikit tetapi peranan dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh seperti tulang, darah dan kerabang telur.

Sumber mineral ini dapat ditemukan dalam grit. Grit adalah butiran berasal dari penggilingan kulit kerang, batu kecil atau campuran lainnya dalam bentuk butiran.

Untuk mendapatkan mineral sebagai bahan tambahan pakan ayam elba, peternak bisa memberikan mineral yang tersedia di toko pakan hewan terdekat | image 7
Untuk mendapatkan mineral sebagai bahan tambahan pakan ayam elba, peternak bisa memberikan mineral yang tersedia di toko pakan hewan terdekat | image 7

Pemberian grit ini dilakukan dengan cara mencampurkan ke dalam pakan. Selain sebagai sumber mineral, grit juga berfungsi membantu pencernaan ayam di dalam lambung dan meningkatkan daya pencernaan.

Grit dapat diberikan ketika ayam sudah memasuki usia lima bulan.

6. Sayuran Hijauan

Ayam elba kampung petelur juga membutuhkan sayur hijauan sebagai bahan pakannya. Jenis sayuran yang diberikan untuk ayam elba dapat berupa kangkung, selada air, bayam dan daun singkong muda.

Manfaat dari pemberian sayur ini yakni dapat meningkatkan produksi telur dan memperlancar pencernaan karena sayuran kaya akan vitamin dan mineral.

Sayuran juga sangat penting untuk proses pertumbuhan ayam elba, peternak dpaat memberikan sayuran pada ayam elba secara rutin | image 8
Sayuran juga sangat penting untuk proses pertumbuhan ayam elba, peternak dpaat memberikan sayuran pada ayam elba secara rutin | image 8

Pemberian sayuran ini dilakukan pada pagi hari setelah ayam makan sekitar pukul 10.00 – 11.00. Untuk 100 ekor ayam dewasa dapat diberikan 2 – 3 kg.

Sebelum diberikan sebagaiknya peternak melayukan sayuran tersebut sebelum diberikan ke ayam elba.

Untuk jenis sayuran pepaya juga dapat diberikan pada ayam elba dengan cara dipotong – potong dalam bentuk dadu kecil. Usahakan agar peternak memberikan tempat terpisah dari pakan utama.

Jadwal pemberian minimal dua kali sehari sesudah pakan utama ayam elba.

7. Lisin dan Metionin

Lisin dan Metonin dalam komposisi pakan ayam elba dapat menggantikan  asam amino di didalam pakan nabati. Perlu diketahui bahwa bahan pakan nabati memiliki kandungan asam amino lisin dan metioni yang sedikit.

Kekurangan lisin dan metionin pada pakan nabati dapat diatasi dengan pemberian tepung ikan. Selain itu peternak juga bisa mendapatkannya dari buatan pabrik yang biasa di jual pada toko obat hewan terdekat.

Untuk jenis metionin biasanya menggunakan rhodimet NP 99, Rhodimet AT 88 dan Smartamin M.

8. Probiotik

Probiotik merupakan kumpulan mikroba yang berasal dari lampung atau rumen sapi. Biasanya probiotik ini dikemas dalam campuran tanah, rumput, daun – daunan dan ranting yang telah melalui proses pembusukan.

Mikroba yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi sebagai protein, serat kasar, dan nitrogen fiksasi non – simbiotik.

Larutan EM4 ternyata juga memiliki fungsi menjaga organ pencernaan ayam agar selalu dalam keadaan sehat | image 9
Larutan EM4 ternyata juga memiliki fungsi menjaga organ pencernaan ayam agar selalu dalam keadaan sehat | image 9

Penambahan probiotik dalam pakan ayam elba berfungsi untuk mengurangi kadar amoniak dalam kotoran ayam.

Hal ini dikarenakan larutan probiotik bekerja di dalam organ pencernaan sebagai pengurai.

Fungsi lain dari probiotik adalah :

  1. Meningkatkan produktivitas telur ayam elba
  2. Penggunaan pakan menjadi lebih efisien
  3. Kadar air fases lebih rendah
  4. Mengurangi bau kandang

9. Air Minum

Air minum juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia peternakan. Pemberian air minum yang bersih dan berkualitas dapat berfungsi untuk menghindari ayam terkena dehidrasi serta melancarkan proses pencernaan.

Peternak perlu memperhatikan kualitas air yang diberikan pada ayam elba. Sumber air minum harus bersih serta tersedia sepanjang hari, baik untuk ayam elba anakan atau yang sudah dewasa.

Air minum juga tidak boleh dilupakan. Agar ayam tetap sehat maka pastikan tempat minum tidak pernah kosong dan air minum diberikan vitamin untuk ayam. | image 10
Air minum juga tidak boleh dilupakan. Agar ayam tetap sehat maka pastikan tempat minum tidak pernah kosong dan air minum diberikan vitamin untuk ayam. | image 10

Memperhatikan kebutuhan pakan ayam elba memang menjadi hal utama dalam beternak ayam.

Pakan ayam elba yang baik dan berkualitas akan menjadikan ayam elba tumbuh dengan maksimal terutama pada produktifitias telurnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam elba, silahkan bisa Anda dapatkan DOC/ Bibit baru saja menetas di hobiternak.com.  

Kami menyediakan DOC Ayam Elba usia baru saja menetas dan usia siap bertelur. Pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan ongkos kirim terjangkau. 

Hubungi layanan pelanggan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : pertumbuhan ayam elba, ayam elba kampung petelur, kekurangan ayam elba, masa bertelur ayam elba, bobot telur ayam elba

5/5 - (13 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: hobiternak.com
  • image 2: pinterest.com
  • image 4: Lazada
  • image 6: hobiternak.com
  • image 7: e-katalog.lkpp.go.id
  • image 8: gambar.pro
  • image 1: tokopedia
  • image 6: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA