Budidaya Bebek Petelur dan Pedaging Hasil Menguntungkan

Budidaya Bebek Petelur dan Pedaging Hasil Menguntungkan

Budidaya bebek merupakan salah satu bisnis yang cukup digemari tidak hanya masyarakat desa, namun masyarakat kota juga mulai banyak yang melirik budidaya bebek meskipun hanya sebagai usaha sampingan. Akhir-akhir ini, permintaan akan produk bebek baik itu daging ataupun telurnya semakin meningkat. Sehingga, apabila beternak bebek ditekuni dan dijadikan ladang usaha utama, maka penghasilannya pun lebih menguntungkan.

Budidaya Bebek
Bebek Peking

Budidaya bebek masih didominasi oleh masyarakat pedesaan. Namun, mereka masih menggunakan sistem tradisional atau umbaran. Bebek digembalakan di sawah yang baru saja panen, lalu dibiarkan mencari pakan sendiri. Sehingga produktivitasnya masih belum bisa memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Peternak di perkotaan memang masih sedikit, namun mereka sudah menggunakan cara ternak bebek petelur modern atau biasa disebut dengan beternak intensif. Peternak tersebut sudah menggunakan peralatan modern dan pemeliharaan yang intensif. Bebek dibudidayakan dalam kandang, pemberian pakan teratur, kualitas maupun kuantitas pakannya diberikan secara cermat. Hal ini menyebabkan hasil produktivitasnya lebih banyak dibandingkan dengan sistem tradisional.

Budidaya Bebek

Mungkin banyak yang menganggap bahwa budidaya bebek merupakan pekerjaan yang kotor, karena setiap hari bergelut dengan kotoran dan bau menyengat. Namun, bagi mereka yang sudah merasakan keuntungan budidaya bebek, tidak menghiraukan hal tersebut lagi, bahkan semakin menjadikan beternak sebagai hobi. Yang paling penting, prinsip peternak bebek yaitu tidak mengambil hak dan mengganggu orang lain.

Oleh karena itu, diperlukan pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi kandang jauh dari permukiman, hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kenyamanan penduduk dikarenakan polusi bau yang sangat menyengat dari kotoran bebek. Selain itu, juga menghindari suara bising, keramaian, dan hiruk pikuk dikarenakan bebek mudah sekali kaget. Maka dikhawatirkan bebek akan stres bila diletakkan di tempat yang ramai.

Selain itu, sebaiknya menggunakan sistem budidaya bebek sistem kering artinya tidak ada kolam dalam kandang. Air hanya digunakan untuk minum saja. Hal ini bertujuan agar kandang tetap kering sehingga bau yang ditimbulkan pun berkurang. Cara ternak itik petelur tanpa air juga bagus untuk budidaya bebek petelur konsumsi, karena energinya tidak terbuang untuk bermain dan bisa produksi telur lebih banyak. Cara ternak bebek petelur kering sudah banyak dilakukan di masyarakat kota. Namun, apabila beternak bebek petelur tetas dan bebek pedaging, juga bisa dibuatkan kolam kecil. Bagi bebek petelur tetas, kolam berperan dalam proses perkawinan antara bebek jantan dan betina. Sedangkan ternak bebek pedaging, dimaksudkan agar bebek merasa senang sehingga nafsu makannya pun juga banyak. Jenis bebek petelur yang banyak diminati yaitu bebek mojosari, sedangkan untuk bebek pedaging yaitu bebek peking. Cara ternak bebek peking juga mudah, meskipun berasal dari Cina.

Kandang bebek tidak harus mahal, Anda bisa membuat kandang dari bahan bambu atau kayu. Rancangan kandang diatur sedemikian rupa agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari yang masuk cukup. Kandang sebaiknya menghadap timur, agar tidak terlalu panas. Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah dan umur bebek yang diternakkan. Kandang bebek tidak boleh terlalu sempit, usahakan bebek bisa bergerak bebas. Kandang bebek petelur biasanya menggunakan model kandang baterai.

Budidaya Bebek
Kandang Baterai

Setelah pembuatan kandang, langkah selanjutnya yaitu pemilihan bibit unggul. Bibit merupakan salah satu hal yang menentukan kualitas bebek nantinya baik telurnya maupun dagingnya. Oleh karena itu harus selektif dalam mencari bibit bebek. Anda bisa mendapatkan DOD atau bibit bebek dengan menetaskan sendiri atau membeli DOD. Apabila menetaskan sendiri, maka juga harus menyiapkan mesin penetas. Apabila membeli DOD, Anda harus membelinya dari peternak yang terpercaya agar mendapatkan DOD unggul.

Bebek bukanlah jenis hewan pemilih dalam hal makanan. Sehingga dalam hal pakan, tidaklah terlalu sulit untuk ditemukan. Meskipun demikian, Anda tidak boleh sembarangan. Pakan harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bebek agar bisa menghasilkan telur yang banyak (bebek petelur) atau badannya cepat gemuk (bebek pedaging). Pakan ternak bebek petelur sama dengan bebek pedaging, hanya saja kuantitasnya berbeda.

Selain pakan kosentrat buatan pabrik, Anda juga bisa memberikan pakan alternatif untuk menekan biaya pakan. Misalnya jagung giling, dedak dan bekatul, keong atau bekicot, dan bahan pakan alternatif lain.

Budidaya Bebek
Tepung Keong

Tidak hanya itu, dalam beternak juga harus memperhatikan sanitasi. Sanitasi meliputi kebersihan kandang, peralatan, pakan dan peternak itu sendiri. Hal ini untuk menghindari penyakit yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Namun, apabila Anda benar-benar menjaga sanitasi, maka hewan ternak akan sehat.

Apabila diperlukan, pemberian vitamin juga bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh bebek. Apabila ditemukan bebek yang sakit, maka segera pisahkan ke kandang lain agar tidak menular.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek petelur mojosari dan bebek petelur hibrida yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
cara ternak bebek petelur modern, ternak bebek pedaging, cara ternak itik petelur tanpa air, cara ternak bebek peking, cara ternak bebek petelur kering, pakan ternak bebek petelur, kandang bebek petelur,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
hobiternak.com
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: