Teknik Pemeliharaan Ayam Elba yang Wajib Peternak Ketahui

Beternak ayam elba sebenarnya tidak terlalu sulit, peternak hanya perlu memperhatikan beberapa hal seperti kandang, pakan, teknik panen dan penanganan pascapanen. 

Perlakuan peternak terhadap ayam elba yang dipelihara akan mempengaruhi bagus tidaknya produktivitas telur yang akan dihasilkan. 

Maka dari itu, peternak harus benar-benar paham bagaimana teknik beternak ayam elba ini. Berikut akan kami informasikan teknik pemeliharaan ayam elba yang wajib diketahui oleh peternak.

1. Kandang Ayam Elba

Ayam elba termasuk jenis ayam petelur unggul yang berasal dari Dusun Batikan, Temanggung, Jawa Tengah | image 1
Ayam elba termasuk jenis ayam petelur unggul yang berasal dari Dusun Batikan, Temanggung, Jawa Tengah | image 1

Pada kali ini kami akan membahas mengenai kandang ayam elba yang dipelihara oleh peternak pada usia dewasa atau siap produksi. 

Sebenarnya ada 2 tipe kandang ayam elba yang bisa diterapkan oleh peternak yaitu kandang sistem intensif dan kandang sistem umbaran. 

Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi jenis kandang yang sering dipakai oleh peternak yaitu kandang intensif. 

Kandang intensif yaitu semua aktivitas ayam elba dari pagi sampai malam berada di dalam kandang. Jadi peternak memiliki andil yang cukup besar, karena pemberian pakan, minum dan perawatan semua dilakukan oleh peternak sendiri. 

Jenis kandang yang biasa digunakan yaitu kandang baterai. Dengan menggunakan kandang baterai, ayam akan lebih sedikit bergerak sehingga energi yang dikeluarkan ayam akan lebih sedikit. 

Hal ini juga bisa lebih menguntungkan karena pakan yang dikonsumsi bisa lebih banyak terkonversi menjadi telur. 

Kandang baterai bisa dibuat dari bahan dasar kayu ataupun besi. Biasanya bentuk kandangnya kotak-kotak dan disusun secara bertingkat. Dalam satu kotak di isi oleh satu ekor ayam elba. 

Lalu di bagian bawah diberi kaki-kaki sebagai penyangga. Tinggi kaki penyangga pada kandang baterai bisa berukuran 20-30 cm.

Baca Juga!  Apa Keuntungan dan Kerugian Ternak Ayam Petelur???

Penempatan kandang baterai bisa diatur berderet-deret memanjang dan disusun bertingkat sesuai kondisi tempat yang digunakan. 

Posisi kandang juga bisa dibuat agak miring dengan tujuan agar saat ayam bertelur nanti telur akan otomatis langsung menggelinding ke tempat telur. 

2. Pemeliharaan & Pemberian Pakan

Pakan ayam elba bisa diberikan jenis konsentrat khusus ayam petelur | image 2
Pakan ayam elba bisa diberikan jenis konsentrat khusus ayam petelur | image 2

Ayam elba mulai bertelur pada usia 4,5 bulan – 5 bulan. Apabila Anda memelihara dibawah usia tersebut maka pastikan perawatannya harus baik dan benar agar produktivitas telur bagus.

Sebaliknya, jika ayam yang Anda pelihara sudah berusia 4,5 bulan – 5 bulan perlu adanya seleksi sebelum membeli agar ayam yang didapat bukan ayam afkiran atau yang sudah berproduksi telur rendah. 

Kita bisa lihat apakah ayam elba tersebut siap bertelur atau masih memiliki produktivitas telur tinggi dengan cara melihat bentuk fisiknya. Berikut ciri-cirinya : 

  • Posisi ekor tegak
  • Badan tidak terlalu besar
  • Cakar tidak berbulu
  • Jengger besar
  • Pial besar
  • Daun telinga berwarna putih
  • Ayam mudah kaget

Perlu menjadi catatan bahwa, produktivitas telur pada ayam elba ini bukan hanya dari usia ayam tersebut, namun juga bisa dipengaruhi oleh bibit, pakan dan juga manajemen pemeliharaannya. 

Pertama bibit ayam, peternak harus memilih bibit ayam yang bagus agar produktivitas telur yang dihasilkan juga bagus. Untuk mendapatkan bibit ayam elba yang bagus Anda bisa langsung order di hobiternak.com dengan menghubungi nomor 0856-4772-3888.

Kedua adalah pakan ayam elba. Pakan ayam elba juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan beternak ayam. 

Jenis pakan ayam elba yang bisa diberikan yaitu jenis konsentrat khusus petelur. Pemberian pakannya bisa dilakukan 2 kali sehari. 

Terakhir yaitu manajemen pemeliharaan dalam perawatan, pemberian pakan, pemberian minum dan juga pencegahan penyakit. 

Baca Juga!  5 Penyebab Kenapa Telur Ayam Kecil & Cara Mengatasinya

Baca juga : 

3. Panen Telur

Ayam elba yang sedang bertelur | image 3
Ayam elba yang sedang bertelur | image 3

Salah satu tujuan utama dari beternak ayam elba yaitu untuk diambil telurnya. Telur ayam elba bisa sebagai pengganti telur ayam arab. 

Ayam elba akan mulai bertelur pada usia 4,5 – 5 bulan. Pada waktu tersebut peternak bisa langsung memanen telur ayam elba. 

Peternak bisa menggunakan tray telur untuk menampung telur pada saat proses pemanenan berjalan. Karena sifat telur mudah pecah maka usahakan saat memanen telur dilakukan secara hati-hati. 

Apabila ada telur yang rusak atau pecah maka tidak bisa diperjualbelikan. 

Produktivitas telur ayam elba jika dipelihara menggunakan sistem intensif bisa sampai 300-336 butir per ekornya dalam satu tahun. 

4. Pascapanen

Telur yang sudah dipanen bisa langsung diseleksi untuk mengetahui telur mana yang pantas di jual atau tidak | image 4
Telur yang sudah dipanen bisa langsung diseleksi untuk mengetahui telur mana yang pantas di jual atau tidak | image 4

Langkah selanjutnya setelah panen telur yaitu pascapanen. Telur-telur yang sudah dipanen bisa langsung ditangani. 

Kadangkala meskipun ayam elba sudah diternak menggunakan kandang baterai namun telur juga bisa kotor atau rusak.

Telur yang kotor bisa disebabkan oleh kandang yang kotor dan juga terkena kotoran ayam yang menempel di area tempat telur. 

Usahakan telur yang sudah dipanen di simpan ke tempat atau ruangan yang sejuk dan kelembapannya terjaga. 

Pastikan sebelum telur di jual peternak harus melakukan seleksi. Seleksi ini bertujuan untuk mengecek mana telur yang pantas di jual dan tidak. 

Setelah itu jika telur sudah di pastikan sesuai dengan syarat dan pantas untuk dijual maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengemasan telur. 

Pengemasan telur ini bisa menggunakan peti kayu yang dilapisi jerami atau sekam, tray telur, box plastik atau tempat wadah telur lainnya. 

Teknik Pemeliharaan Ayam Elba yang Wajib Peternak Ketahui | infografis
Teknik Pemeliharaan Ayam Elba yang Wajib Peternak Ketahui | infografis

Itu dia teknik pemeliharaan yang perlu diketahui oleh peternak ayam elba. Tidak begitu sulit bukan. Bagaiman tertarik untuk memelihara ayam elba si petelur unggul ini???

Baca Juga!  4 Jenis Ayam Kampung Petelur Terkenal di Indonesia

Apabila tertarik Anda bisa order ayam elba di hobiternak.com. Tersedia DOC/bibit ayam elba usia baru saja menetas dan juga ayam elba usia dewasa. 

Silahkan hubungi contact person di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
4.9/5 - (8 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA