Ayam Arab merupakan ayam yang berasal dari Negara Belgia atau bisa disebut dengan nama silver brekel. Ayam arab disebut juga sebagai ayam buras. Ciri khusus ayam ini terdapat pada bulu disekujur tubuhnya berbentuk totol – totol menyerupai sorban.

Ayam arab jantan dan ayam arab betina memiliki rupa yang hampir sama. Perbedaanya hanya terdapat pada jengger. Ayam arab jantan memiliki jenger yang panjang serta bergerigi. Jengger ayam arab ini mulai tumbuh pada saat memasuki umur 1 minggu. Tinggi ayam arab jantan dapat mencapai 35 cm, dengan bobot sekitar 1,5 – 2 kg. Ayam arab jantan memiliki bulu yang tebal, badanya tegak serta ekornya menjulang keatas. Sisik kaki pada ayam arab berwana gelap. Bulu yang terdapat disekitar leher berwarna putih kekuning – kuningan dan putih kehitaman.

Ayam Arab Jantan

Ayam Arab Jantan

Ayam arab jantan memiliki daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam jantan mampu kawin sebanyak 3 kali. Sifat ayam jantan ini lebih gesit, lincah dan bernafsu makan tinggi.

Ayam arab betina disebut sebagai ayam petelur. Karena ayam arab betina dapat bertelur sebanyak 250 – 260 butir per tahunnya. Ayam arab betina memiliki sifat mengeram yang tidak baik. Dan jika ingin menetaskan telur ayam betina harus menggunakan mesin penetas khusus. Ayam arab betina dapat mencapai tinggi sekitar 2 cm dengan bobot tubuh 1 – 1,5 kg. Ayam arab arab betina juga memiliki jenger yang tipis, berbulu tebal dan warna kaki agak lebih cerah dibanding warna kaki ayam arab jantan.

Secara genetik ayama arab betina termasuk ayam buras yang unggul, karena memiliki kemampuan memproduksi telur yang tinggi. Ayam arab betina memiliki masa produktif untuk bertelur dari umur 4 – 1,5 tahun.

Harga ayam arab pejantan dan betina yang ada dipasaran cukup terjangkau. Ini dikarenakan ayam arab yang dijual dipasaran kebanyakan telah memasuki masa produktif untuk diternakan dan siap memproduksi telur.

 

Ayam Arab Petelur

Beternak ayam arab memang sangat menguntungkan. Ayam arab termasuk tipe ayam petelur yang baik. Setiap harinya ayam arab menghasilkan jumlah telur yang cukup banyak. Dalam setahun ayam arab dapat menghasilkan 250 -260 butir telur. Ini tentu jumlah yang tak sedikit bukan.

DOC Ayam Arab

DOC Ayam Arab

Agar mendapatkan kualitas ayam yang baik, sehingga telur – telur yang dihasilkan dalam kualitas yang baik. Maka kita harus memperhatikan pemberian pakan, vitamin dan vaksinasi yang baik. Untuk pemberian pakan, kita dapat memberikan pakan berupa voor yang dicampur dengan tumbukan jagung. Atau dapat menggunakan dedak.

Dalam pemberian vaksinasi pada ayam arab kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi suhu yang terdapat pada lingkungan. Agar kita tahu penyakit apa yang sering menyerang ayam arab jika ada dalam suhu tersebut.

Baca juga!

Telur Ayam Arab

Telur ayam arab umunya berwarna putih. Besar volume pada kuning telur lebih besar dibanding telur ayam kampung.Telur ayam arab mengandung berbagai gizi, vitamin dan mineral. Kandungan gizi yang tinggi ini sangat berguna bagi tubuh manusia.

Manfaat yang dapat kita petik yaitu, dapat memperbaiki dan membangun sel – sel tubuh, baik untuk kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung dan stroke, kaya akan antioksidan dan memperbaiki tulang yang rapuh.

Telur ayam arab merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain banyak manfaat yang dapat kita ambil, ternyata menurut beberapa ahli telur ayam arab diklaim sebagai telur yang bebas bakteri salmonela dan juga bakteri e – coli yang dapat menyebabkan ganguan pada sistem percernaan dan tifus.

Harga telur ayam arab yang ada di pasaran cukup terjangkau sekitar Rp. 3000 – Rp. 5.500 per butirnya. Pasalnya dengan harga yang relatif tinggi serta manfaat yang kita petik dari mengkonsumsi telur ayam arab cukup banyak Ini tentu tidak akan menjadi masalah bagi pecinta telur ayam arab.

 

Pakan Ayam Arab

Pemberian pakan yang baik kepada hewan tentu akan mempengaruhi hasil yang kita dapatkan. Pakan yang baik dapat dibedakan dengan menyesuaikan usia yang ada pada hewan tersebut. Untuk pakan ayam arab sendiri kita dapat memberikan dengan pakan yang berasal dari pabrik. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa dengan pakan alami pun dapat kita berikan kepada ayam arab. Memang dalam penggunaan pakan ayam arab alami ini tidak banyak penggunaanya tetapi kita dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk pakan ayam arab.

Pakan Ayam Arab

Pakan Ayam Arab

Dalam pemberian pakan  harus disesuaikan dengan umur ayam arab. Pemberian pakan ayam arab usia anakan dapat kita berikan berupa voor yang halus. Sedangkan untuk ayam arab dewasa kita dapat memberikan voor dengan dicampur biji jagung yang telah ditumbuk. Pakan ayam yang dapat kita berikan ke ayam arab agar produktivitas meningkat antara lain voor, bekatul, biji jagung halus, konsentrat, dan bekatul.

 

Daging Ayam Arab

Sebenarnya pemanfaatan ayam arab terdapat pada telurnya. Karena memang ayam arab termasuk kedalam tipe ayam petelur. Tetapi hanya ada sebagian masyarakat memanfaatkan daginnya untuk dikonsumsi. Sebenarnya tekstur daging ayam arab relatif sama dengan daging ayam kampung. Ada beberapa hal yang membuat masyarakat jarang mengkonsumsi daging ayam arab, dikarenakan warna yang dihasilkan dari kulit daging ayam arab berwarna hitam sehingga harga jual ayam arab in rendah dipasaran, karena rendahnya permintaan daging ayam arab tersebut.

 

Saat ini banyak para peternak yang menjual ayam arab. Contohnya seperti jual ayam arab Jakarta, jual ayam arab Jogja, jual ayam arab Jawa Timur dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Arab di tempat kami menyediakan bibit Ayam Arab. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait :
harga ayam arab jantan, ayam arab petelur, telur ayam arab, harga telur ayam arab 2018, pakan ayam arab, jual ayam arab di jakarta, jual ayam arab jogja, daging ayam arab

 

*-Nuraaasikin-*


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: