4 Alasan Kenapa Anda Harus Beternak Ayam Arab Jantan

Ayam Arab merupakan ayam yang berasal dari Negara Belgia atau bisa disebut dengan nama silver brekel. Ayam arab disebut juga sebagai ayam buras.

Ciri khusus ayam ini terdapat pada bulu di sekujur tubuhnya berbentuk totol – totol menyerupai sorban.

Ayam arab jantan dan ayam arab betina memiliki rupa yang hampir sama. Perbedaan ayam arab jantan dan betina hanya terdapat pada jengger.

Ayam jantan arab memiliki jengger yang panjang serta bergerigi. Jengger ayam arab ini mulai tumbuh pada saat memasuki umur 1 minggu. 

Berikut merupakan gambar ayam arab jantan dapat di amati dengan bentuk jengger nya yang lebih besar bila di bandingkan dengan ayam arab betina. | image 1
Berikut merupakan gambar ayam arab jantan dapat di amati dengan bentuk jengger nya yang lebih besar bila di bandingkan dengan ayam arab betina. | image 1

Tinggi ayam arab jantan dapat mencapai 35 cm, dengan bobot sekitar 1,5 – 2 kg. Ayam arab jantan memiliki bulu yang tebal, badannya tegak serta ekornya menjulang keatas.

Sisik kaki pada ayam arab berwarna gelap. Bulu yang terdapat disekitar leher berwarna putih kekuning – kuningan dan putih kehitaman.

Untuk telur ayam arab selain memiliki kandungan gizi yang tinggi juga cocok di konsumsi balita. Karena kandungan gizi nya mirip dengan telur ayam kampung asli.

Ayam arab jantan memiliki daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam jantan mampu kawin sebanyak 3 kali.Sifat ayam jantan ini lebih gesit, lincah dan bernafsu makan tinggi.

Salah sat upaya peternak agar Ayam Arab selalu dalam keadaan sehat - sehat yakni dengan memberikan vaksin, pakan yang berkulitas, air minum yang bersih, pemberian vitamin dan selalu menjaga kebersihan kandang | image 2
Salah sat upaya peternak agar Ayam Arab selalu dalam keadaan sehat – sehat yakni dengan memberikan vaksin, pakan yang berkulitas, air minum yang bersih, pemberian vitamin dan selalu menjaga kebersihan kandang | image 2

Kenapa Memilih Ternak Ayam Arab Jantan ?

1. Minim Pesaing

Dalam ternak ayam arab jantan memang tidak banyak yang melakukannya. Maka dari itu peluang ternak nya cukup terbuka lebar karena minimnya pesaing.

2. Pejantan Ayam Arab Banyak yang Tidak di manfaatkan

Dalam pembesaran DOC atau bibit ayam arab biasanya peternak mencampur jenis kelamin dari ayam arab tersebut.

Ini di karena kan jenis kelamin ayam belum atau sulit di identifikasi saat ayam masih dalam usia DOC atau bibit.

Saat ayam arab umur 2 bulan atau ayam arab umur 3 bulan , di umur tersebut ayam sudah mulai bisa dikenali jenis kelamin nya.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Arab Skala Kecil Mulai dari Rumah

DOC Ayam Arab yang di hasilkan dari perkawinan ayam arab jantan dan betina. Di lakukan tahap seleksi terlebih dahulu sebelum bibit ayam tersebut di kirim ke peternak. | image 3
DOC Ayam Arab yang di hasilkan dari perkawinan ayam arab jantan dan betina. Di lakukan tahap seleksi terlebih dahulu sebelum bibit ayam tersebut di kirim ke peternak. | image 3

Di periode ini biasanya peternak mulai memisahkan yang ayam arab betina untuk dijadikan ayam arab petelur dan yang jantan kadang cuma di buang atau di kasih kan siapa yang mau.

Bagi peternak yang jeli, ayam arab yang relatif tidak dipakai ini lah yang memunculkan peluang usaha.

Ayam pejantan arab ini bisa dibesarkan seperti layaknya ayam kampung atau ayam joper.

3. Daging Ayam Arab Mirip dengan Daging Ayam Kampung

Sebenarnya pemanfaatan ayam arab terdapat pada telur nya. Karena memang ayam arab termasuk kedalam tipe ayam petelur.

Tetapi hanya ada sebagian masyarakat memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Sebenarnya tekstur daging ayam arab relatif sama dengan daging ayam kampung.

4. Peluang Usaha Menetaskan Bibit Ayam Arab

Saat kita memiliki ayam arab jantan maka peluang untuk menetaskan akan terbuka. Karena ayam arab jantan rajin dalam mengawini betinanya sehingga rasio telur dibuahi akan besar dan kemungkinan telur menetas juga tinggi

Pakan Ayam Arab Jantan

Pemberian pakan yang baik kepada hewan tentu akan mempengaruhi hasil yang kita dapatkan. Pakan yang baik dapat dibedakan dengan menyesuaikan usia yang ada pada hewan tersebut.

Untuk pakan ayam arab sendiri kita dapat memberikan dengan pakan yang berasal dari pabrik.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa dengan pakan alami pun dapat kita berikan kepada ayam arab.

Pemberian pakan pabrikan untuk ayam petelur bisa menggunakan jenis pabrikan yang sudah diukur sesuai dengan kebutuhan konsumsi pakan ayam petelur | image 4
Pemberian pakan pabrikan untuk ayam petelur bisa menggunakan jenis pabrikan yang sudah diukur sesuai dengan kebutuhan konsumsi pakan ayam petelur | image 4

Memang dalam penggunaan pakan ayam arab alami ini tidak banyak penggunaannya tetapi kita dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk pakan ayam arab.

Dalam pemeliharaan ternak ayam arab jantan ini, bila peruntukan nya untuk di panen daging nya maka kita bisa menentukan jenis pakan untuk ayam pedaging.

Pemberian pakan harus disesuaikan dengan umur ayam arab, baik untuk ayam arab jantan maupun ayam arab betina.

Pemberian pakan ayam arab usia anakan dapat kita berikan berupa voer yang halus atau starter.

Sedangkan untuk ayam arab dewasa kita dapat memberikan voer dengan dicampur biji jagung yang telah ditumbuk. 

Baca jugaDaftar Harga Jual Terbaru DOC atau Bibit Ayam Arab Petelur di 2021

Ada 2 macam kegunaan pakan ayam pabrikan atau voer ini. Yang pertama untuk ayam petelur dan yang kedua untuk ayam pedaging.

Secara mudah kita bisa menggunakan pedoman ternak ayam joper atau ayam broiler untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena sama dalam peruntukan nya untuk diambil daging nya.

Vaksinasi Ayam Arab Jantan

Dalam pemberian vaksinasi pada ayam arab kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi penyakit ayam yang sering muncul pada lingkung kandang kita.

Agar kita tahu penyakit apa yang sering menyerang ayam arab tersebut.

Pemilihan vaksin yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan ternak ayam pejantan.

Pemberian vaksin untuk ayam arab dapat mencegah ayam terkena penyakit dan menjaga kekebalan tubuh | image 5
Pemberian vaksin untuk ayam arab dapat mencegah ayam terkena penyakit dan menjaga kekebalan tubuh | image 5

Sudah menjadi cerita di peternak bila ayam mati karena telat dalam memvaksin atau memang peternak memilih tidak memberikan vaksin kepada ayam ternak nya.

Bagaimana ? Anda tentu tertarik bukan untuk mencoba ternak ayam ayam ini ? Yuk bagi Anda yang menginginkan ternak anak ayam arab jantan dan betina bisa langsung pesan DOC atau bibitnya ditempat kami. 

Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

5/5 - (6 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 2: Owned by the author
  • image 2: bptu-sembawa.net
  • image 3: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • image 6: pinterest.ph
  • cover: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA