Kandang merupakan komponen utama penunujang budidaya hewan ternak. Tipe kandang dengan sanitasi yang baik sangat menunjang suksesnya peternak dalam mencapai produksi. Kandang berfungsi sebagai melindungi hewan ternak terutama ayam dari panas matahari, hujan, suhu yang ekstrim dan terhindar dari serangan binatang buas. Disamping sebagai tempat berteduh dan berkembang biak kandang juga dapat memudahkan peternak dalam pemeliharaan ayam.

Melihat kandang sangat penting dalam pembudidayaan hewan ternak, terutama ayam petelur maka dalam pembuatan kandang harus dipersiapakan dengan sebaik mungkin dan benar – benar dipersiapkan. Pembuatan kandang harus dibuat senyaman mungkin bagi ayam petelur, agar produksi telur menjadi melimpah.

Ayam Petelur merupakan ayam yang dipelihara secara khusus untuk dimanfaatkan telulrnya sebagai kebutuhan konsumsi sehari – sehari.

Serta Ayam Petelur berasal dari ayam hutan yang ditangkap serta diseleksi secara ketat oleh para pakar penelitian.

Ayam Petelur atau ayam ras merupakan salah satu hasil persilangan genetik

Agar kandang ayam petelur modern dapat berfungsi secara optimal dan diharapkan oleh peternak, maka peternak harus memperhatikan syarat – syarat pembuatan kandang sebagai berikut :

1.  Tidak merugikan pihak yang lain
2.  Memberikan kemudahan peternak dalam pemeliharaan ayam petelur
3. Desain kandang ayam petelur modern memberikan kenyamanan bagi ayam yang dipelihara
4. Status tanah memiliki kepemilikan yang jelas agar sewaktu – waktu terjadi permasalahan tidak terjadi penggusuran.
5.  Lokasi kandang yang jauh dari pemukiman penduduk, hal ini dilakukan agar masyarakat sekitar tidak terganggu akan bau kotoran ayam yang ditimbulkan

Berbagai Macam Bentuk Kandang Untuk Pemeliharaan Ayam Petelur

Pada bentuk kandang postal sistem pemeliharaanya adalah dengan ayam yang disatukan dalam sebuah kelompok dengan perhitungan luas menyesuaikan dengan banyaknya ayam petelur yang dipelihara oleh peternak. Untuk ukuran kandang ayam petelur 100 ekor hingga ribuan dapat disatukan dalam suatu ruangan dengan kebutuhan luas kandang sekitar 250 cm persegi.

Sedangkan kandang baterai merupakan kandang dengan sistem pemeliharaan ayam secara individual. Pada setiap ekor ayam disediakan satu ruangan masing – masing , dengan ukuran panjang 40 cm x lebar 40 cm x 20 cm dengan tinggi sekitar 30 – 40 cm menyesuaikan dengan tinggi ayam tersebut. Untuk kandang baterai juga dapat diisi dengan dengan beberapa ekor ayam 3 – 6 ekor ayam dengan luas ruangan disesuaikan dengan kebutuhan ayam per ekornya.

Untuk jenis kandang yang digunakan dalam pemeliharaan ayam petelur disesuaikan dengan umur atau periode produksi, dan terdiri dari 4 jenis pengelompokan antara lain adalah sebagai berikut :

Jenis Kadang berdasarkan umur pemeliharaan Ayam Petelur

1. Periode Indukan

Periode kandang indukan dilakukan pada ayam petelur yang baru saja menetas atau baru saja didatangkan dari kadang penetas. Pembesaran ayam petelur periode indukan ditujukan untuk ayam petelur usia 0 – 3 minggu. Untuk alas atau liter kandang indukan peternak dapat membuat dengan bilah bambu dengan jarak disesuaikan dengan kaki ayam, menggunakan kawat ram atau dapat juga dialasi dengan kertas koran. Adapun peralatan kandang saat DOC tiba di kandang indukan adalah sebagai berikut :

  • Lampu Pemanas
  • Penerangan dengan lampu bohlam sebagai penerangan
  • Termometer
  • Tempat Pakan dan Minum 
2. Periode Starter – Grower

Kandang grower digunakan untuk pemeliharaan ayam petelur 3 – 16 minggu sampai menjelang masa bertelur. Ketika ayam petelur telah memasuki usia 4 minggu, ayam petelur segera di pindahkan ke kandang pembesaran selanjutnya. Pemindahan ayam petelur tersebut berawal dari ayam petelur yang sebelumnya berada di kandang indukan dan kemudian dimasukan ke kandang starter – grower yang memiliki bentuk kandang postal.

Kandang Grower – Produksi untuk ayam petelur sebelum dimasukan ke dalam kandang baterai
3. Periode Produksi (> – 16 minggu)

Untuk Ayam Petelur yang telah masuk masa produksi setelah berumur 16 mingu keatas, peternak harus segera memasukan ayam peterlu tersebut kedalam khusus untuk ayam petelur. Kandang tersebut terbagi atas 2 macam jenis yaitu kandang baterai dan kandang umbaran. Bagi peternak ayam petelur, kami dari hobiternak.com menyarankan agar pembuatan kandang dilakukan dengan model kandang baterai selain menghemat tempat banyak keuntungan yang didapatkan peternak dengan menerapkan kandang baterai tersebut.

Mengapa perlu dilakukan pemisahan kandang berdasarkan umur ayam ?

Perlunya pemisahan kandang berdasarkan umur ayam petelur dikarenakan mempermudah peternak dalam melakukan pemeliharaan, memudahkan peternak dalam mengecek kondisi ayam dan dapat meningkatkan produktifitas telur ayam dan menjadikannya sebagai ayam petelur yang unggul dan dapat menghasilkan produksi telur yang melimpah.

Mengapa telur ayam petelur banyak banyak dibutuhkan oleh masyarakat ?

Kerena telur merupakan bahan pangan bergizi yang harganya rekatuf terjangkau dan telur megalami peningkatan dalam pemasarannya.

Berdasarkan desain kandang ayam petelur, peternak dapat membuat kandang dengan berbagai tipe yang terdiri dari :

a. Kandang Sistem Baterai

Kadang baterai merupakan kandang dengan bentuk menyerupai sangkar, berbentuk kotak memanjang dan terdapat sekat pada setiap ukuran tertentu. Untuk kandang petelur sistem baterai peternak dapat membuat dengan bahan yang terbuat dari bambu atau dengan kawat. Harga kandang ayam petelur dari bambu relatif lebih murah dibanding dengan dengan kawat. Dikarenakan bahan dari bambu lebih mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau dan bisa mengemat pengeluaran pada peternak ayam petelur.

Kandang Sistem Baterai untuk Ayam Petelur

Sedangkan untuk kandang baterai yang terbuat dari kawat memiliki daya tahan yang lebih kuat dapat menjadi barang investasi bagi peternak karena tidak mudah rusak. Tetapi untuk pembuatan kandang baterai memiliki harga dan biaya yang lebih besar dibanding pembuatan kandang pada umumnya.

Ukuran kandang baterai disetiap kotaknya berkisar 30 – 35 cm (lebar), 45 cm (panjang) dan 60 cm (tinggi). Untuk ukuran kandang ayam petelur 50 ekor juga dapat menggunakan kandang sistem baterai dengan jumlah 5 ekor ayam untuk satu kotak kandang baterai. Untuk lantai dasar pada kandang baterai harus dibuat agak miring, hal ini dilakukan agar telur dapat menggelinding dan memberikan kemudahan peternak dalam pegambilan telur.

Bagaimana cara membuat kandang ayam petelur skala kecil atau skala besar ?

Cara pembuatan kandang ayam petelur sistem baterai peternak dapat terlebih dahulu memilih bahan pembuatnya antara bambu atau menggunakan kawat. Kami dari hobiternak.com menyarankan agar pembuatan kandang baterai menggunakan bahan bambu selain harga kandang ayam petelur dari bambu yang murah dan bahannya pun mudah didapatkan.

Sebelum kandang baterai dibuat maka peternak harus terlebih dahulu membangun atap kandang utama yang terdiri atas tiang dan atap. Hal tersebut dilakukan agar melindungi kandang baterai dari panas terik matahari dan hujan. Untuk lantai pada kandang peternak tidak perlu disemen cukup menggunakan tanah saja, karena tanah lebih kuat dalam proses penyerapan kotoran ayam. Untuk dinding kandang, peternak tidak perlu membuatnya, karena ayam petelur sudah terdapat didalam kandang baterai tersebut.

Bagaimana Susunan Kandang Tipe Baterai ? 

Semakin berkembangnya teknologi yang semakin maju, maka pembuatan kandang baterai secara bertingkat untuk ayam petelur pun semakin berkembang dan dimungkinkan untuk diterapkan oleh para peternak. Adapun susunan kandang baterai adalah sebagai berikut : 

Penyusunan Kandang Baterai berguna untuk memudahkan peternak dalam pengambilan telur

1.Susunan kandang baterai satu tingkat, saling bertolak belakang atau berhadapan
2.Kandang baterai dua tingkat, saling bertolak belakang atau berhadapan
3.Susunan kandang tiga tingkat, saling bertolak belakang berbentuk piramid atau berhadapan berbentuk segi tiga terbalik
4.Kandang baterai tingkat secara vertikal

Desain Kandang AyaM Petelur
Salah satu desain Kandang Ayam Petelur agar mempermudah peternak dalam membuat kandang sistem baterai

Dalam pembuatan kandang baterai dengan berbagi tingkat tersebut peternak juga harus selalu memperhatikan luas kandang, suhu pada kandang kelembaban udara, pencahayaan dan lain sebagainya.

Ukuran pembuatan kandang ayam petelur sistem baterai

Untuk jumlah tingkat kandang baterai yang dianjurkan oleh para peternak adalah dengan bersusun 2 tingkat atau 3 tingkat saja, hal tersebut dilakukan agar kotoran tidak menumpuk sehingga tidak menimbukan bau yang menyengan serta dapat mengurangi kadar amonia dalam kandang. 

Keuntungan dalam penggunaan Kandang menggunakan Sistem Baterai adalah sebagai berikut :
Kelebihan Kekurangan
Hemat dalam penggunaan lahan dan kandang Biaya kandang relatif lebih mahal
Memberikan kemudahan peternak dalam pemeliharaan Masalah ayam petelur mudah terserang penyakit kelumpuhan.
Ayam tidak telalu banyak mengeluarkan tenaga sehingga produktifitas telur ayam semakin meningkat
Lantai kandang menjadi lebih bersih karena kotoran langsung jatuh ke lantai
Siklus udara didalam kandag menjadi lebih lancar
Menampung ayam petelur dalam jumlah yang banyak
Memudahkan peternak dalam pengontrolan penyakit
Pembagian pakan menjadi lebih merata

b. Kandang Umbaran

Saat ini penggunan kandang dengan sistem umbaran cukup banyak dilakukan oleh peternak, karena keuntungan yang didapatkan juga tidak jauh berbeda dengan penggunaan kandang baterai.Tujuan dilakukannya kandang umbaran tersebut juga sebagai peningkat produktifitas telur ayam menjadi tinggi dan meningkatkan harga jual telur.

Kandang Sistem Postal Litter
Kandang Postal/Umbaran biasanya digunakaan untuk ayam petelur yang sudah memasuki fase grower

Kelemahan dalam penerapan kandang umbaran tersebut adalah penggunaan kandang yang lebih luas, biaya yang lebih tinggi serta perawatan kandang yang perlu diperhatikan agar selalu terjaga kenbersihannya.

Apabila Anda tertarik untuk beternak Ayam Petelur kami menyediakan DOC Ayam Petelur. Kami siap mengirimkan ke seluruh pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan.Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
kandang ayam petelur modern, ukuran kandang ayam petelur 100 ekor, harga kandang ayam petelur, ukuran kandang ayam petelur 50 ekor, cara membuat kandang ayam petelur skala kecil, desain kandang ayam petelur modern, harga kandang ayam petelur dari bambu, masalah ayam petelur

Nurasikin:)



0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: