Jual Burung Merak Putih Anggun dan Mempesona

Burung merak, mungkin Anda tidak asing bila mendengar jenis burung cantik yang satu ini. Bentuknya yang unik dan ekornya yang indah saat mekar terkhusus merak yang berjenis kelamin jantan semakin menambah orang yang melihatnya terpesona.

Di dunia burung, merak dinobatkan sebagai burung terindah dan tercantik. Di Indonesia ada beberapa jenis burung merak yang terkenal, diantaranya merak biru, merak putih, merak hijau, kongo, cameo dan blorok.

Di artikel kali ini, kami akan membahas salah satu dari burung merak yang tak kalah cantik dari jenis merak yang lainnya yaitu Merak Putih.

Sejarah Burung Merak Putih

Burung merak putih jantan yang sedang memperlihatkan keindahan bulu ekornya ~ Image 1
Burung merak putih jantan yang sedang memperlihatkan keindahan bulu ekornya ~ Image 1

Burung merak merupakan satwa asli yang berasal dari India. Saat kerajaan Inggris menaklukkan India, mereka mulai menyebarkan burung merak ke semua benua Amerika dan Eropa. Ada beberapa peneliti yang menganggap bahwa merak putih dikembangbiakkan secara alami di negara India. Namun belum dapat dipastikan bahwa merak putih muncul sebelum negara Inggris menemukannya.

Variasi burung merak putih ini diketahui muncul pada tahun 1830 dan sampai sekarang sudah ada beberapa peternak yang menangkarkan dan mengembangbiakkan supaya bisa mendapat warna putih tersebut.

Pada zaman dahulu di waktu abad pertengahan, burung merak menjadi hidangan yang disajikan untuk para tamu yang datang. Meskipun sebenarnya menurut informasi daging burung merak tidak terlalu lunak, namun zaman dahulu hidangan burung merak lazim disajikan.

Berbanding terbalik dengan zaman sekarang, burung merak hanya dipelihara untuk dinikmati keindahannya. Jika itu terjadi pada zaman sekarang, sayang sekali bukan jika dikonsumsi. Beli mahal-mahal tapi hanya untuk dimakan.

Penampilan burung merak yang anggun membuat orang yang melihatnya terpesona ~ Image 2
Penampilan burung merak yang anggun membuat orang yang melihatnya terpesona ~ Image 2

Habitat burung Merak putih

Burung merak putih jarang ditemukan di alam liar. Bercak putih mencolok yang dimiliki merak putih membuat hewan pemangsa atau musuh dapat dengan mudah menemukan mereka.

Maka dari itu burung merak hanya di temui di kebun binatang, tempat penangkaran atau di rumah orang yang membeli langsung merak putih ini untuk dipelihara sebagai burung hias.

Apakah burung merak putih di lindungi?

Burung Merak Putih

Burung merak putih bukan termasuk hewan yang dilindungi. Menurut Undang-undang, jenis burung merak yang dilindungi yaitu Merak Hijau.

Fakta Tentang Burung Merak Putih

Burung merak putih sering disebut dengan albino padahal bukan albino. Pasalnya hewan yang masuk dalam golongan albino adalah tidak mempunyai warna sama sekali dan dibagian mata berwarna merah atau merah jambu. Padahal kan merak putih mempunyai warna yaitu putih.

Jadi bisa disimpulkan bahwa merak putih bukan termasuk golongan albino. Merak putih saat usia anakan berwarna kuning dan setelah dewasa barulah berwarna putih.

Secara historis burung merak putih sering dilambangkan sebagai keabadian, kesucian dan cinta tanpa syarat.

Tak sedikit masyarakat yang menyebut merak sebagai jenis ayam, karena bentuknya besar mirip seperti ayam. Memiliki postur tubuh yang besar tidak membuat jenis burung ini susah untuk terbang. Burung merak memiliki kemampuan terbang yang cukup tinggi dan cepat.

Namun saat ini burung merak terbang sudah cukup jarang, karena populasi nya sudah mulai berkurang. Merak putih terlihat sangat anggun bagai seorang putri saat berjalan. Apalagi saat ekornya sempurna terbuka membentuk kipas. Hal inilah yang menjadi keunikan burung merak ini.

Sepasang burung merak putih ~ Image 3
Sepasang burung merak putih ~ Image 3

Ciri-ciri merak putih

  • Seluruh tubuh burung merak berwarna putih kecuali bagian mata
  • Mata berwarna biru
  • Ukuran tubuhnya lebih ramping dari pada merak hijau dan biru
  • Panjang nya sekitar 1-1,5 m
  • Merak putih jantan memiliki ekor panjang dengan taji di kedua kaki
  • Merak putih betina memiliki ekor pendek dan tidak bertaji
  • Di bagian kepala terdapat bulu yang mirip seperti sedang memakai mahkota

Perkawinan merak putih

Untuk menghasilkan keturunan merak putih kembali, merak putih jantan bisa dikawinkan dengan merak putih betina. Hasil dari perkawinan tersebut dapat menghadirkan anakan merak full putih semua.

Jika merak putih dikawinkan dengan merak warna lain misal biru atau hijau, maka hasil dari perkawinan tersebut jadi merak yang mempunyai beberapa jenis warna (warna beragam).

Betina merak putih akan menghasilkan telur sekitar 3 sampai nya 6 butir telur. Proses pengeraman sampai menetas yaitu hampir 1 bulan. Selain waktu tetas yang cukup langka, telur burung merak juga cukup jarang bisa sukses menetas setelah di erami oleh indukannya sendiri. Oleh sebab itu, banyak peternak burung merak yang memilih untuk menitipkan telurnya ke ayam lain.

Apabila telur sudah menetas dan menjadi anakan burung merak, anakan tersebut akan selalu mengikuti indukannya sampai masa kawin selanjutnya. Burung merak betina bisa mengasuh anak sekitar 2 sampai 5 anak.

Saat anakan berusia sekitar 2 minggu, anakan tersebut sudah bisa bergerak loncat-loncat dan hinggap di dahan pohon dengan tinggi satu meter. Anakan merak akan berlindung dibalik sayap induknya saat ada bahaya yang mengancam mereka.

Foto bagian kepala burung merak putih dari dekat terdapat bulu seperti mahkota ~ Image 4
Foto bagian kepala burung merak putih dari dekat terdapat bulu seperti mahkota ~ Image 4

Sifat burung merak putih

Merak putih mempunyai mutasi genetik yang disebut dengan leucism. Sebenarnya leucism itu dapat mengakibatkan burung merak menjadi jinak pada beberapa spesies, namun tidak dengan merak putih.

Merak putih sama dengan merak jenis lainnya yaitu mempunyai sifat mematuk dan menendang orang yang mencoba untuk mengganggu kenyamanan mereka.

Jika tidak ditempatkan di kandang yang tertutup, burung merak akan mencoba untuk melarikan diri dan terbang. Jeritan suara burung merak atau “braying” bisa didengar hingga ber mil-mil jauhnya.

Apa saja makanan burung merak?

Merak putih sedang makan HOBI TERNAK jual burung merak putih word3

Makanan burung merak yaitu konsentrat, aneka biji-bijian, dedaunan, sayuran hijau, serangga dan hewan kecil lainnya.

Tim hobiternak.com sedang mempersiapakn Merak Putih untuk di kemas dan di kirim ke pembeli. Pengemasan yang baik akan menjaga merak tetap dalam kondisi utuh saat di terima pembeli. ~ Image 5
Tim hobiternak.com sedang mempersiapakn Merak Putih untuk di kemas dan di kirim ke pembeli. Pengemasan yang baik akan menjaga merak tetap dalam kondisi utuh saat di terima pembeli. ~ Image 5

Baca juga : Pengiriman Burung Merak Putih Pesanan Bapak Nanang di Tangerang

Harga Jual Burung Merak Putih

Burung merak memiliki harga yang bisa dibilang cukup tinggi. Meskipun memiliki harga yang lumayan tinggi, tak sedikit juga yang membeli jenis burung ini.

Banyak para penghobi atau pecinta burung yang menginginkan burung merak ini. Mereka sangat tertarik dengan keindahan yang terletak pada bulunya yang putih dan terlihat anggun.

Berikut adalah daftar harga jual burung merak putih di hobiternak.com :

UsiaHargaJumlah
1 Bulan7 Juta1 Ekor
2 Bulan10 Juta1 Ekor
3 Bulan12 Juta1 Ekor
4,5 Bulan24 JutaSepasang
8 Bulan29 JutaSepasang
Indukan45 JutaSepasang

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

Seiring perkembangan zaman, sudah mulai banyak yang menjual burung merak. Mulai dari jual bibit burung merak biru, jual anakan merak, sampai jual anakan merak biru. Mereka sudah sadar bahwa membudidayakan burung merak akan berpeluang bagus bagi mereka.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memelihara burung merak?

Apabila Anda menginginkan jenis burung merak kami hobiternak.com jual burung merak putih dan merak jenis yang lainya. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Tim kami siap melayani Anda kapanpun. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di bawah ini :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK jual burung merak putih word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait:
sejarah burung merak, merak blorok, harga burung merak, jenis burung merak, habitat burung merak, burung merak makan apa, burung merak putih berasal dari, 
jual burung merak, jual anakan merak, jual anakan merak biru, harga burung merak, jual bibit burung merak biru, jual anakan merak, burung merak putih, merak blorok

#ms

5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: pixabay.com
  • Image 2: pixabay.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: pixabay.com
  • Image 4: pixabay.com
  • Image 5: Owned by the author
  • thumbnail: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA