Kate Chabo Blacktail – Ayam Mungil dari Negeri Sakura Jepang

Bagi sebagian orang, ayam hias menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menarik. Tampilannya yang unik dan cantik berbeda dengan ayam biasanya membuat para pencinta ayam terpesona. Belum lama ini, ada satu jenis ayam yang pesonanya membuat klepek-klepek para pecintan ayam hias. Ayam apakah itu? yaitu ayam Kate Chabo Blacktail.

Ayam Kate Chabo Blacktail adalah jenis ayam kate yang berasal dari Jepang. Di Indonesia ayam ini sering di sebut dengan ayam blacktail karena warna ekornya yang berwarna hitam. Ayam kate chabo blacktail sama seperti kate pada umumnya, namun yang menjadi keistimewaannya yaitu memiliki bodi putih dan ekor yang berwarna hitam. Cukup jarang kate berwarna seperti itu. Pernah ada peternak yang mencoba menyilangkan pejantan blacktail dengan kate putih, namun hasilnya bukan menjadi kate blacktail. Kate chabo blacktail yang orisinal tidak bisa dicampur atau dioplos.

Jenis kate chabo blacktail unik berekor hitam yang banyak di minati oleh para pecinta ayam hias | Image 1
Jenis kate chabo blacktail unik berekor hitam yang banyak di minati oleh para pecinta ayam hias | Image 1

Ada beberapa peternak Indonesia yang mengimpor kate chabo dari negara asalnya yaitu Jepang, untuk dikembangbiakan di Indonesia. Karena aslinya bukan dari Indonesia, maka peternak perlu memperhatikan suhu disekitar kandang. Namun kalau sudah menetas dan sejak kecil di Indonesia maka ayam sudah terbiasa dengan suhu di sekitarnya, jadi aman. Ukuran tubuh kate chabo blacktail yaitu 1,5 sampai 3 1/4 ayam biasa. Populasi kate chabo masih jarang dan sedikit di Indonesia. Belum banyak peternak yang memelihara dan mengembangbiakan ayam ini.

Produktivitas ayam chabo

Ayam chabo blacktail muai bertelur pada usia 7-8 bulan. Jumlah telur yang dihasilkan dalam sekali periode yaitu 8-12 butir. Waktu penetasan telur chabo yaitu sama seperti ayam lainnya yaitu 21 hari. Untuk periode bertelurnya tergantung dengan siklus ayam, jadi tidak berpengaruh pada musim.

Dalam proses menetaskan telur kate chabo bisa menggunakan indukannya langsung atau menggunakan mesin penetas. Penggunaan mesin penetas ini memiliki beberapa kelebihan yaitu ayam bisa langsung kawin lagi dan bertelur lagi, peluang telur menetas menggunakan mesin penetas juga sangat tinggi. Sedangkan menggunakan indukan untuk mengerami telurnya juga memeliki kelebihan yaitu ayam bisa istirahat sejenak dan bisa langsung merawat si anakan ayam saat sudah menetas.

Pemeliharaan Ayam Kate Chabo Blacktail

Pemeliharaan ayam blacktail sama seperti ayam kate pada umumnya. Kesehatan dan kebersihan kandang harus selalu di jaga. Ayam dan kandang harus selalu dibersihkan supaya tidak ada bakteri-bakteri menempel yang dapat menimbulkan sarang penyakit. Ayam yang sehat akan dapat tumbuh kembang dan berproduksi secara maksimal.

Saat ayam berusia 0-2 minggu perawatan harus lebih intensif karena ketika ayam kate chabo menetas, ayamnya sangat kecil sekali. Jadi perlu dimasukkan ke kandang bok khusus. Tujuannya yaitu supaya suhu dan pakan bisa selalu di perhatikan secara serius untuk mencegah adanya kematian.

Sama seperti kate pada umumnya, pemeliharaan kate chabo blacktail cukup mudah | Image 2
Sama seperti kate pada umumnya, pemeliharaan kate chabo blacktail cukup mudah | Image 2

Baca juga :

Pemberian Pakan

Dalam hal pemberian pakan, ayam chabo sama seperti ayam jenis lainnya. Anda bisa berikan pakan berupa voer. Untuk menjaga supaya ayam tetap sehat dan tetap berpenampilan menarik bisa diberikan minyak ikan yang dicampur dengan makanannya. Sesekali juga bisa diberikan sayur-sayuran hijau supaya ayam tidak bosan. Kalau ayam chabo sedang posisi bertelur maka bisa ditambah pakan konsentrat dan x-stimulan.

Untuk air minumnya bisa dikasih probiotik khusus untuk unggas, tujuannya supaya pencernaan ayam lebih baik dan sehat. Karena ukuran tubuh kate lebih kecil dibandingkan dengan ayam lainnya, maka porsinya sedikit saja, jangan terlalu banyak supaya tidak mubadzir pakan.

Kandang Ayam Kate Chabo

Ukuran kandang ayam chabo bisa 2,5 x 2 meter yang di isi 1 jantan 1 betina. Bisa juga di isi 1 jantan dan 4 betina. Jangan meletakkan 1 kandang dalam komposisi 1 jantan dengan 4 betina lebih. Karena jika betina di isi 5 ekor atau lebih dengan 1 jantan saja maka itu akan dikhawatirkan proses perkawinan menjadi tidak maksimal dan bisa menyebabkan telur tidak fertil.

Kandang ayam kate chabo blacktail sama seperti kandang ayam lainnya | Image 3
Kandang ayam kate chabo blacktail sama seperti kandang ayam lainnya | Image 3

Permintaan Ayam Chabo

Dari hari ke hari permintaan ayam chabo blacktail semakin meningkat. Bentuknya yang unik dan warnanya yang cantik menjadi keistimewaan yang sangat menawan. Permintaan chabo semakin banyak, namun peternak belum bisa memenuhi kebutuhan pasar. Produktivitas telur chabo masih sedikit dan belum banyak peternak yang memelihara.

Jadi jika Anda tertarik untuk mengembangbiakan ayam kate chabo blacktail ini maka akan berpeluang bagus. Anda bisa menjual kate chabo ini ke pecinta-pecinta ayam hias. Selain dapat menambah penghasilan, Anda bisa ikut melestarikan kate chabo di Indonesia. 

Baca juga :

Harga Ayam Chabo

Untuk harga kate chabo blacktail lebih bersaing ketimbang jenis ayam lainnya. Harga yang ditawarkan bisa sampai berjuta-juta. Berikut estimadi daftar harga ayam kate chabo blacktail :

2 bulan 2,7 jt/ pasang
3 bulan 2 jt / pasang
6 bulan 4,2 jt / pasang
Indukan 5,6 jt / pasang

Bagaimana Anda tertarik untuk memelihara ayam kate chabo blacktail???

Jika Anda berminat silahkan bisa langsung hubungi kami. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang menjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor di bawah ini ya : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kate chabo blacktail word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
kate chabo, harga kate chabo blacktail, ayam hias, kandang ayam kate, jual ayam kate chabo, blacktail, jual ayam hias, harga ayam chabo

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Image 2: pinterest.com
  • Image 3: picclick.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA