Pakan Ayam Arab berupa Voor

Formula Pakan Ayam Arab Yang Patut Anda Ketahui

Formula Pakan Ayam Arab Yang Patut Anda Ketahui – Ayam arab adalah salah satu jenis ayam petelur yang berasal dari keturunan ayam Brakel  Kriel-Silver yang berasal dari Belgia. Kenapa bisa di sebut dengan ayam arab? Karena ayam arab pertama kali datang ke Indonesia di bawa oleh seseorang yang sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Ayam arab masuk ke dalam kategori ayam petelur unggul karena memiliki kemampuan bertelur yang cukup tinggi. Dalam satu periode bertelur ayam arab dapat menghasilkan sekitar 190-250 butir dalam satu tahun.

Produktifitas telur ayam arab cukup banyak yang tak lepas dari peran pemeliharaan yang bagus, baik kandang yang memadai dan yang terpenting adalah pakan yang bagus serta berkualitas. Pakan sangat penting bagi pertumbuhan dan kualitas telur yang dihasilkan. Karena pemberian pakan yang tepat dan baik akan mempengaruhi telur ayam arab. Untuk ayam arab pakan yang ideal terdiri dari unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Dengan adanya unsur-unsur tersebut yang nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas pada telur ayam arab tersebut.

Sebenarnya pakan ayam arab cukup mudah dan murah. Karena pakan ayam arab tidak berbeda dengan jenis ayam lain. Pakan ayam arab yaitu voer dan konsentrat. Pemberian pakan untuk ayam arab dapat Anda lakukan 2 kali sehari saat pagi hari dan sore hari. Apabila ayam arab yang Anda pelihara di tujukan untuk konsumsi maka jumlah pakan yang dapat Anda berikan selama satu hari yaitu 70 gram. Sedangkan untuk tujuan di pelihara agar mendapatkan telur untuk di tetaskan maka jumlahnya 80-90 gram per ekor dalam satu hari. Supaya makanan tersebut dapat di cerna dengan baik maka Anda perlu berikan probiotik pada ayam.

Ayam Arab
Ayam Arab

Selain konsentrat dan voer Anda juga bisa berikan pakan-pakan aleternatif seperti :

1. Jagung Giling

Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang paling banyak di pergunakan dalam penyusunan ransum pakan dalam bentuk jagung giling. Jenis pakan jagung mengandung vitamin B dan karotin.

Jagung giling
Jagung giling

2. Dedak Padi

Dedak padi adalah salah satu pakan yang berasal dari sisa penggilingan padi. Jenis dedak padi ini tersusun dari 3 bagian yang berbeda  yaitu sekam mengandung serat kasar dan mineral, selaput beras yang kaya akan protein, vitamin B, lemak dan mineral, beras yang mudah di cerna dan mengandung karbohidrat.

Dedak Padi
Dedak Padi

3. Bungkil Kedelai

Pakan ini memiliki kandungan yang paling baik karena selain mudah di cerna juga  kaya akan asam amino esensial.

Bungkil Kedelai
Bungkil Kedelai

4. Tepung Ikan

Tepung ikan adalah salah satu bahan pakan yang berkualitas tinggi bagi ternak dan sebagai sumber protein hewan. Jenis pakan ini terbuat dari daging ikan besar atau sisa-sisa ikan yang terlebih dahulu di keringkan dan di giling sampai halus.

ternak bebek petelur
Tepung ikan

5. Tepung Keong Mas

Keong mas memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Tepung daging keong mas mengandung protein 15,15%, lemak kasar 0,79%, kalsium (Ca) 29.33% dan phospos 0.13%. Untuk cangkang keong mas mengandung protein 2,94%, lemak kasar 0,12%, kalsium (Ca) 29.35% dan phospos 0,19%.

Keong mas
Keong mas

6. Sorgum

Sorgum adalah jenis pakan dari biji-bijian yang mudah di konsumsi oleh ayam petelur. Namun untuk  jenis pakan sorgum ini cukup  jarang  kita temukan karena hanya berada diwilayah tertentu.

Sorgum
Sorgum

7. Singkong

Singkong merupakan salah satu jenis pakan yang mudah dan sering kita temui. Untuk singkong ini pemberiannya dengan cara di cacah.

Tepung Singkong
Tepung Singkong

Berikut merupakan formula pakan ayam arab yang harus Anda ketahui :

Anakan (Starter)

Tepung jagung kuning   : 30%
Bekatul                             : 20%
Pakan Starter                  : 50%

Fase Grower

Jagung Kuning               : 45%
Bekatul                            : 30%
Pakan grower                 :25%

Dewasa atau petelur (layer)

Jagung Kuning               : 40%
Bekatul                            : 23%
Konsentrat layer             : 30%

Ayam arab sudah mulai bertelur pada saat usia 4,5 bulan. Untuk pakan DOC ayam arab sampai sekitar 2 bulan dapat menggunakan pakan starter BR1, setelah itu Anda dapat memberikan pakan self mic sebagaimana yang di berikan untuk ayam petelur sampai bertelur.

Apabila ayam arab telah memasuki masa afkir maka biasanya ayam arab akan di jadikan sebagai ayam pedaging atau ayam potong. Sebenarnya ayam arab kurang berpotensi apabila di jadikan sebagai pedaging karena daging yang dihasilkan oleh ayam arab tidak terlalu banyak. Dengan adanya hal tersebut maka harga atau hasil penjualan arab afkir tidak terlalu tinggi.

Beternak ayam arab memiliki peluang yang cukup bagus dan baik. Karena untuk peternak ayam arab di Indonesia masih belum banyak sedangkan permintaan masyarakat terhadap telur ayam arab cukup tinggi. Ayam arab termasuk juga dalam  jenis ayam yang memiliki produktifitas cukup tinggi.

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam arab kami dari hobiternak.com menyediakan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Selain DOC Ayam Arab, kami juga menyediakan DOC Joper, Kamsi Joper, SRF dan berbagai jenis ayam hias.

Silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat :

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel :

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL :

0819-3140-9353

 

Kata terkait :
ayam arab, pakan ayam arab, jual ayam arab, telur ayam arab, formula pakan

_Meilani Sawitri_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Arrab
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Formula Pakan Ayam Arab Yang Patut Anda Ketahui”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: