Jenis Kandang Ayam Kalkun Yang Cocok

Jenis Kandang Ayam Kalkun Yang Cocok

Kalkun merupakan sejenis unggas yang mempunyai ukuran tubuh cukup besar. Untuk kalkun dewasa mempunyai bobot berkisar 5 – 7 kg per ekor. Kalkun jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibandingkan kalkun betina. Untuk itu jenis kandang yang cocok untuk ayam kalkun adalah kandang umbaran. Untuk kandang umbaran tetap membutuhkan naungan agar kalkun dapat berlindung dari panas dan hujan.

Kandang Ayam Kalkun
Kalkun White Holland Dewasa

Ayam Kalkun merupakan sejenis unggas yang berasal dari luar Indonesia.  Ayam Kalkun kebanyakan berasal dari Eropa. Saat ini yang ada di Indonesia mempunyai beberapa jenis diantaranya kalkun Bronze, kalkun Golden Palm, kalkun White Holland Turkey (kalkun putih), kalkun Bourbon Red, kalkun Black Spanish, kalkun Red Pencil, kalkun Narraganset, kalkun Royal Palm dan kalkun Self Buff. Perbedaan jenis kalkun berdasarkan warna bulunya. Saat ini banyak terjadi persilangan antar jenis kalkun yang menyebabkan warna kalkun menjadi lebih bervariasi.

Kandang Ayam Kalkun
Kalkun Royal Palm Dewasa Jantan

Untuk membuat kandang kalkun perlu desain yang pas agar kalkun merasa nyaman selama berada di dalam kandang. Desain kandang kalkun cukup sederhana dengan bahan yang terbuat dari bambu, semen atau papan. Kandang umbaran tidak memerlukan sekat jadi kandang bentuknya memanjang. Dengan begitu kalkun dapat dengan mudah membuahi betinanya. Cara mengawinkan kalkun cukup sederhana karena kalkun dapat membuahi betinanya sendiri. Untuk komposisi dalam satu kandang yaitu 1 jantan untuk 5 betina.

Saat melihat beberapa kalkun yang mempunyai umur yang sama, untuk membedakan antara jantan dan betina kemungkinan bagi orang awam cukup mengalami kesulitan. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membedakan antara kalkun jantan dan betina. Perbedaan kalkun jantan dan betina diantaranya:

  1. Pejantan kalkun mempunyai jengger yang lebih terlihat   dibandingkan betina
  2. Postur tubuhnya lebih besar
  3. Bagian kepala tidak ditumbuhi bulu
  4. Warna paruh kuning dengan pangkal hitam, panjang dan besar.
  5. Bagian mata berwarna kebiru-biruan.
  6. Pial dapat berubah warna. Jika birahi maka pial berwarna merah terang.

Ciri kalkun betina diantaranya :

  1. Jengger berbentuk kecil dan kusam
  2. Mempunyai postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan pejantan.
  3. Bulu ekor menyempit ke arah ujung ekor.

Untuk makanan kalkun sama seperti ayam pada umumnya. Yang membedakan pakan kalkun dengan jenis ayam lain adalah sayuran. Kalkun dan mutiara termasuk unggas yang menyukai sayuran. Makanan kalkun agar cepat besar terdiri dari kombinasi konsentrat, bekatul dan irisan sayuran segar. Jenis sayuran yang biasa dikonsumsi diantaranya kangkung, bayam, kubis atau kol. Untuk mengurangi pengeluaran guna memenuhi kebutuhan sayuran, perlu kombinasi dengan memberikan daun-daunan seperti daun ubi kayu, daun pepaya bahkan enceng gondok juga bisa. Untuk daun pepaya sebaiknya pemberian dibatasi beberapa hari sekali. Hal itu bertujuan untuk mengurangi resiko kalkun menjadi lumpuh jika mengkonsumi terlalu banyak daun pepaya.  

Kandang kalkun dengan populasi 6 ekor dengan komposisi 1 jantan 5 betina mempunyai luas berkisar 3 x 3 meter, tergantung luas lahan. Sebaiknyaa dalam 1 kandang hanya terdapat 1 pejantan saja. Dalam kandang kalkun bisa diletakkan berbagai tanaman sayuran guna memenuhi kebutuhan sayuran kalkun. kalkun yang sering mendapat makanan yang dicampur dengan sayuran mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kalkun yang tidak mendapatkan sayuran dalam jumlah yang cukup.  

Jika diletakkan dalam kandang tertutup kalkun juga dapat diletakkan di alam bebas. Kalkun dapat membaur dan menyesuaikan diri dengan jenis unggas yang lain. Saat ini harga anak kalkun bervariasi tergantung dari jenisnya. Harga anakan umur 1 bulan kalkun Bronze Rp 80.000,- per ekor. Kalkun Royal Palm harganya Rp 150.000,- per ekor. Kalkun Golden Palm harganya Rp 100.000,- per ekor. Kalkun putih atau White Holland Turkey harganya Rp 125.000,- per ekor. Harga kalkun Black Spanish Rp450.000,- per ekor. Kalkun Bourbon Red harganya Rp 300.000,- per ekor.

Kandang Ayam Kalkun
Kalkun Self Buff Usia 1 Bulan

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam kalkun. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam kalkun di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:

gambar kandang ayam kalkun, desain kandang kalkun, contoh kandang ayam kalkun, harga anak kalkun, makanan kalkun agar cepat besar, perbedaan kalkun jantan dan betina, cara mengawinkan kalkun, model kandang kalkun,

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Kalkun
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

1 thought on “Jenis Kandang Ayam Kalkun Yang Cocok

Leave a Reply

%d bloggers like this: