Budidaya Ternak Ayam Kalkun Putih atau Kalkun White Holland Semakin Diminati

Ayam kalkun merupakan unggas yang berasal dari Amerika. Ayam kalkun adalah salah satu unggas dari ordo Galliformes genus Meleagris.

Kalkun jantan memiliki warna yang mencolok dibandingkan dengan kalkun betina. Kalkun pejantan biasanya mempunyai bobot 6-7 kg dan betina sekitar 4-5 kg.

Jenis ayam kalkun yang biasa dipelihara di Indonesia seperti, kalkun Bronze, Bourbon Red, Royal Palm, Golden Palm, Self Buff, Kalkun Putih dan Kalkun Black Spanish.

Kalkun Putih banyak diminati juga oleh pecinta ayam hias, karena corak warnanya yang putih bersih | image 1
Kalkun Putih banyak diminati juga oleh pecinta ayam hias, karena corak warnanya yang putih bersih | image 1

Mengenal Ayam Kalkun Putih 

Kalkun putih adalah jenis unggas daratan yang berasal dari kalkun liar yang dikembangbiakkan oleh bangsa suku Indian pada zaman pro Colombo.

Kalkun putih ini memiliki ciri khas dengan tubuh yang besar dengan gelambir dan pial yang khas.

Warna bulu diseluruh tubuhnya yaitu putih mulus dengan kepala putih kebiruan, warna kaki putih kebiruan, dengan pial dan tenggorokan berwarna merah.

Pemeliharaan Ayam Kalkun Putih 

Dalam memelihara ayam kalkun putih sebenarnya sama dengan memelihara jenis ayam hias atau ayam kampung lainnya.

Perbedaan yang paling mencolok memang mendasar pada pakannya dan luas kandang.

Sedangkan untuk perawatan, pencegahan penyakit dan pembersihan kandang pun akan sama dengan jenis ayam lainnya.

Agar ayam kalkun putih tetap dalam keadaan sehat maka peternak perlu menerapkan sistem pemeliharaan yang baik, mulai dari pemberian pakan, minum, vitamin dan pengendalian penyakit | image 2
Agar ayam kalkun putih tetap dalam keadaan sehat maka peternak perlu menerapkan sistem pemeliharaan yang baik, mulai dari pemberian pakan, minum, vitamin dan pengendalian penyakit | image 2

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari dengan mencuci tempat pakan ayam kalkun putih dan minum.

Selain itu peternak dapat membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun sisa pakan, hal ini berguna  untuk menjaga kesehatan serta kebersihan pada ayam tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa ayam kalkun lebih cepat pertumbuhannya jika dibandingkan dengan ayam biasa. Apalagi jika ditunjang oleh pakan yang banyak mengandung banyak asupan gizi.

1. Kandang Ayam Kalkun Putih 

Ayam kalkun putih ini termasuk hewan yang senang jika diumbar di alam bebas, tapi tidak banyak juga peternak yang mengembangbiakkan jenis kalkun ini dengan dikandangkan.

Saat ayam kalkun masih kecil, sebaiknya diletakkan dalam boks khusus yang mempunyai pemanas cadangan.

Bila kalkun sudah berumur 2 bulanan bisa Anda pindahkan ke dalam kandang yang lebih besar tanpa diberikan lampu pemanas lagi.

Karena kalkun yang sudah cukup besar mempunyai daya tahan tubuh yang kuat jika dibandingkan dengan kalkun yang baru saja menetas.

Pembuatan kandang ayam putih bisa dibuat dengan ukuran yang luas, melihat ukuran ayam kalkun yang bertubuh besar | image 3
Pembuatan kandang ayam putih bisa dibuat dengan ukuran yang luas, melihat ukuran ayam kalkun yang bertubuh besar | image 3

Untuk kalkun yang sudah besar, memang mereka lebih suka diumbarkan. Mereka akan lebih banyak bergerak dan akan mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Jika ayam kalkun diletakkan dalam kandang yang terlalu sempit bisa mengakibatkan kelumpuhan pada kakinya. Kandang berukuran 2 x 3m dapat memuat beberapa ekor kalkun.

Ayam kalkun putih dapat diletakkan dalam satu kandang dengan beberapa ekor betina dalam komposisi 1 jantan untuk 4 – 5 betina.

2. Pakan Ayam Kalkun Putih

Pemberian pakan ayam kalkun yang dapat diberikan memang sama dengan ayam hias yang lainnya, namun yang membedakan adalah pemberian pakan di usia baru menetas dan sudah besar.

Untuk ayam kalkun yang baru saja menetas bisa Anda berikan voer atau BR guna membantu pertumbuhan pada ayam tersebut.

Setelah ayam kalkun sudah tumbuh besar bisa ditambahkan bekatul, dedak dan sisa nasi bahkan setelah kalkun sudah tumbuh besar bisa ditambahkan sedikit air.

Untuk menunjang pertumbuhannya bisa diberikan irisan sayuran segar seperti sawi, bayam, kangkung dan enceng gondok.

Selain diberikan pakan berupa konsentrat, bekatul, dan dedak. Ayam kalkun juga dapat diberikan berupa buah - buahan | image 4
Selain diberikan pakan berupa konsentrat, bekatul, dan dedak. Ayam kalkun juga dapat diberikan berupa buah – buahan | image 4

Untuk daya tahan tubuhnya bisa Anda berikan irisan daun pepaya, namun yang perlu Anda ingat dalam pemberian irisan daun pepaya untuk kalkun putih jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Namun dengan perawatan yang baik serta perhatian Anda dalam memelihara ayam kalkun pasti akan berbuah baik bagi pertumbuhan ayam kalkun putih.

Mari kita ulas mengenai berbagai jenis ayam kalkun. Berikut merupakan berbagai jenis ayam kalkun yang dapat dibedakan menurut warna bulunya :

Jenis – jenis Ayam Kalkun 

1. Kalkun Bronze

Merupakan jenis kalkun liar dengan bulunya yang berwarna hitam metalik dengan totol putih serta  berwarna coklat pada bagian ekornya.

Jenis kalkun yang sangat populer. Jenis kalkun ini merupakan jenis kalkun terbesar dan termasuk dalam jenis kalkun pedaging.

2. Golden Palm

Kalkun golden palm sering disebut kalkun gopal yang diambil dari namanya sendiri yakni golden palm.

Ciri khas pada jenis kalkun ini berwarna hitam dengan dada berwarna putih dengan perpaduan strip-strip hitam pada atas ekornya.

Pada jenis ayam golden palm dengan kepalanya berwarna kebiru-biruan serta kakinya putih keabu-abuan.

Berikut merupakan kumpulan foto - foto untuk jenis ayam kalkun yang hobiternak.com sediakan | image 5
Berikut merupakan kumpulan foto – foto untuk jenis ayam kalkun yang hobiternak.com sediakan | image 5

3. Royal Palm

Kalkun royal palm ini memiliki keindahan pada bulunya dengan perpaduan antara strip-strip putih dengan hitam sehingga memberikan warna yang kontras pada bulu ayam kalkun.

4. Black Spanish

Jenis kalkun black spanish tergolong dalam jenis ayam kalkun termahal. Dengan bulunya yang berwarna hitam elegan pada seluruh tubuhnya.

Walaupun memiliki harga yang relatif mahal tidak menyurutkan bagi penghobi ayam hias untuk mengkoleksi jenis ayam black spanish.

5. Bourbon Red

Ciri khas dari kalkun ini ialah memiliki bulu berwarna kecoklatan yang cenderung kemerah gelap, sehingga ayam ini sering disebut sebagai ayam merah.

Jenis kalkun ini memiliki gelambir yang berwarna merah.

6. Kalkun Putih/ White Holland

Kalkun putih atau yang biasa disebut dengan kalkun white holland, white holland turkey atau ayam kalkun albino.

Ayam kalkun memang merupakan salah satu unggas yang memiliki postur tubuh yang besar.

Memang semua jenis kalkun yang dipelihara di Indonesia memiliki keindahan warna bulu yang berbeda-beda.

Jenis kalkun yang sering di ternakkan di Indonesia tidak hanya berasal dari Benua Amerika saja tetapi juga berasal dari Benua Eropa.

Untuk mendapatkan berbagai jenis ayam kalkun termasuk ayam kalkun putih ini bisa dipesan di hobiternak.com ya | image 6
Untuk mendapatkan berbagai jenis ayam kalkun termasuk ayam kalkun putih ini bisa dipesan di hobiternak.com ya | image 6

Bagimana Anda tentu tertarik bukan untuk memiliki ayam hias kalkun yang cantik ini ? Yuk bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam kalkun putih bisa segera dapatkan bibitnya ditempat kami. 

Kami menyediakan ayam kalkun putih dan ayam kalkun jenis lainnya mulai dari usia 1 bulan hingga dewasa.

Tenang saja, untuk harga ayam kalkun putih atau harga kalkun white holland cukup terjangkau apabila ingin memesan telurnya pun juga bisa. 

Pengiriman dapat kami lakukan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan ongkos kirim yang terjangkau.

Informasi lebih lengkap mengenai jenis kalkun dan harganya bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0812-2028-8686

Kata terkait: harga ayam kalkun putih, harga kalkun white holland, jenis ayam kalkun, kalkun bronze, kalkun royal palm, kalkun albino, jenis kalkun dan harganya, jenis kalkun termahal,

5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: Pinterest.com
  • image 2: Pixabay.com
  • image 3: Pinterest.com
  • image 4: opensanctuary.org
  • image 5: hobiternak.com
  • image 6: hobiternak.com
  • cover: mcmurrayhatchery.com & marketwatch.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA