Yuk Kenali Ayam Poland Berjambul Unik

Kisaran Harga Anakan Ayam Poland sampai Dewasa – Keberadaan Ayam Poland saat ini memang cukup dikenal di Indonesia dan mulai masuk ke Indonesia sudah sejak lama. Di Indonesia sendiri, Ayam Poland biasa disebut dengan nama Ayam Jambul karena di bagian kepalanya terdapat jambul yang indah. Selain terdapat jambul, Ayam Poland juga memiliki bulu yang selalu terlihat rapi seperti habis disisir. Sebenarnya ayam ini termasuk dalam golongan ayam petelur, namun karena keunikannya banyak masyarakat yang memeliharanya sebagai ayam hias.

Ayam Poland termasuk jenis ayam hias yang memiliki keunikan pada bagian kepalanya. Kepala ayam poland ini ada bulu yang sedikit agak panjang seperti jambul
Ayam Poland termasuk jenis ayam hias yang memiliki keunikan pada bagian kepalanya. Kepala ayam poland ini ada bulu yang sedikit agak panjang seperti jambul

Asal dari ayam poland ini yaitu dari Belanda. Di negara asalnya ayam poland di jadikan sebagai ayam petelur, alasannya karena ayam poland memiliki produktivitas telur yang cukup baik. Berbeda jika di negara tercinta kita ini, ayam poland di gunakan sebagai ayam hias untuk di nikmati keindahannya. Mungkin kalau di Indonesia kita masih sedikit asing dengan ayam ini, mengapa di kepalanya ada bulu yang panjang hehe.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penghobi ayam hias yang bermunculan, ayam poland ini banyak yang sudah memelihara, tak sedikit pula yang mencoba untuk mengawin silangkan dengan jenis ayam lain. Dengan tujuan agar hasil perkawinan silang tersebut bisa menghasilkan ayam yang unik kembali.

Ini adalah Poland walik hasil persilangan dari ayam poland dengan ayam walik
Ini adalah Poland walik hasil persilangan dari ayam poland dengan ayam walik

Pemeliharaan ayam poland ini cukup mudah. Berikut adala beberapa informasi mengenai pakan yang bisa di berikan untuk ayam poland,

Makanan Ayam Poland

Untuk makanan ayam poland yang baru saja menetas, diberikan pakan berupa voer, jagung giling dengan perbandingan 3:2 yang diberikan sebanyak 1 kali. Anak Ayam Poland yang berusia di bawah 1 bulan bisa diberikan vaksin ND (Tetelo), AI (Avian Influenza). Dalam memberikan vaksin diusahakan ayam dalam kondisi sehat, hal ini dilakukan guna untuk mengurangi resiko kematian anak ayam. Untuk Anda penghobi ayam hias juga bisa melakukan hal tersebut kepada anak ayam yang baru berumur 4-6 hari, dan bisa juga diulangi setiap 4 bulan sekali.

Untuk menjaga daya tahan tubuh ayam, bisa dilakukan dengan cara memberikan vitamin secara berkala melalui pakan yang diberikan. Ayam juga bisa diberikan irisan daun pepaya sebagai menu selingan. Apabila sedang mengalami cuaca yang tidak menentu (terlalu dingin) bisa diberikan sedikit jahe pada minuman Ayam Poland tujuannya agar tetap merasa hangat.

Jenis ayam poland ada tiga, yaitu :

  • Ayam Poland Galur Murni
    Dinamakan Ayam Poland Galur murni karena memiliki bulu berwarna hitam dan abu – abu. Dan memiliki jambul yang berwarna putih.
  • Ayam Poland Three Color
    Dinamakan Ayam Poland Three color karena memiliki bulu dengan tiga warna.
  • Poland Bertanduk
    Dinamakan Ayam Poland bertanduk karena memiliki jambul mahkota berbulu. Selain itu, ayam ini juga mempunyai jengger yang menyerupai tanduk.

Selain memiliki keunikan masing-masing, ayam poland juga memiliki kelemahan. Kelemahannya terletak pada daya tetas telurnya yang lebih rendah jika dierami sendiri. Akan tetapi, kelemahan itu dapat diatasi dengan menggunakan mesin penetas telur (incubator).

Mungkin selama ini orang mengenal ayam hias poland karena jambulnya saja, tetapi sekarang ada ayam poland yang lebih unik lagi, yaitu dengan tambahan tanduk dan pial (gelambir di bawah paruh ayam) yang lebar. Salah satu jenis Ayam Poland hasil persilangan yang dilakukan oleh seseorang yang kemudian memberikan sebutan dengan nama Ayam Jambul Katulistiwa. Seperti apa ternak Ayam Poland tanduk ini?

Ayam Poland yang diperbanyak oleh seorang penyilang ini terdiri atas Ayam Poland biasa dan Ayam Poland  bertanduk. Ada juga yang merupakan hasil persilangannya sendiri, contohnya Ayam Poland dikawinkan dengan Ayam Hutan, Ayam Poland dengan Ayam Keriting (Walik), Ayam Poland dengan Ayam Batik. Hasilnya anak ayam tersebut memiliki jambul dan sebagiannya lagi juga memiliki tanduk dan pial yang lebar. Hasil silangan inilah yang merupakan daya tarik tersendiri karena belum pernah dilakukan oleh peternak lain. Hal ini memunculkan ayam poland jenis baru yang lebih lincah bila dibandingkan dengan ayam poland jenis biasa.

Baca juga !

Berikut adalah beberapa contoh foto ayam poland : 

Ayam Poland usia 1 bulan
Ayam Poland usia 1 bulan

 

Ayam Poland Usia 2 Bulan
Ayam Poland Usia 2 Bulan

 

Ayam Polan Dewasa
Ayam Polan Dewasa

 

Jambul Ayam Poland
Jambul Ayam Poland

Untuk harga ayam poland sebenarnya masih cukup terjangkau.

Berikut harga anakan ayam poland sampai dewasa : 

1 Bln Rp 110,000 / ekor
2 Bln Rp 135,000 / ekor
3 Bln Rp 160,000 / ekor
4 Bln Rp 210,000 / ekor
5 Bln Rp 335,000 / ekor
Dewasa Rp 485,000 / ekor

NB : harga sewaktu-waktu bisa berubah, cek harga terbaru hubungi 0856-4772-3888

Untuk harga ayam jambul sama seperti harga ayam poland karena ayam jambul merupakan nama lain dari Ayam Poland.

Baca juga !
Jual Aneka Ayam Hias di hobiternak.com Berkualitas

Jika dibandingkan dengan ayam poland biasa, harga ayam poland tanduk sedikit lebih mahal karena ayam hias jenis ini merupakan hasil persilangan.

Umur berapa ayam poland bertelur?

Biasanya setelah proses perkawinan, ayam poland akan bertelur. Ayam poland bertelur sekitar umur 8 bulanan.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam poland. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam poland di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
makanan ayam poland, harga ayam poland, jenis ayam poland, ayam poland tanduk, harga ayam poland dewasa, harga ayam jambul, harga ayam poland tanduk,ayam hias

*Krisna Verawati*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: