Mengenal dan Mencoba Ternak Ayam Kalkun Royal Palm yang Eksotis

Mengenal dan Mencoba Ternak Ayam Kalkun Royal Palm yang Eksotis

 Mengenal dan Mencoba Ternak Ayam Kalkun Royal Palm yang Eksotis- Sebelum mengetahui Ayam Kalkun Royal Palm apa Anda tahu apa itu ayam kalkun? Ayam kalkun yaitu salah satu unggas yang memiliki bulu tubuh yang indah dan mempesona. Ayam kalkun memiliki beberapa macam yaitu bronze, royal palm, pencilled palm, naragansett, white holland, bourbon red, black spanish, blue slate, self buff. 

Berikut penjelasan lebih dalam lagi tentang jenis-jenis ayam tersebut:

  1. Bronze, yaitu salah satu jenis kalkun yang memiliki warna bulu hitam kecoklatan. Ayam kalkun ini sangat populer di Indonesia. Ayam ini biasanya digunakan untuk ayam hias, tapi tak jarang juga di konsumsi.
  2. Royal Palm, yaitu jenis ayam kalkun yang memiliki bulu berwarna putih dan sedikit strip berwarna hitam.
  3. Pencilled Palm, yaitu jenis kalkun yang juga bisa disebut dengan kalkun pencilled tiger alasannya bulunya mirip seperti macan. Bulunya juga bercorak seperti corak batik.
  4. Naragansett, yaitu memiliki bulu berwarna abu-abu gelap dan kuning keemasan. Coraknya juga seperti batik.
  5. White holland, yaitu jenis kalkun yang memiliki banyak sebutan nama seperti kalkun albino dan kalkun holland turkey. Kalkun ini memiliki bulu berwarna putih.
  6. Bourben Red, yaitu jenis kalkun yang langka. Bulunya berwarna coklat kemerah-merahan di tubuhnya dan putih di bagian sayap.
  7. Black Spanish, yaitu jenis kalkun termahal dari semua jenis ayam kalkun tersebut. Kalkun jenis ini memang susah atau jarang dijumpai.
  8. Blue Slate, yaitu jenis kalkun yang langka. Pertama kali black spanish datang di Indonesia saat tahun 2016. Self Buff, yaitu jenis kalkun yang memiliki warna bulu perpaduan antara putih dan cokelat muda.

Jadi, sudah dijelaskan diatas bahwa ayam kalkun royal palm  memiliki perpaduan warna antara  putih dengan strip garis hitam yang membuat kalkun royal palm menjadi tampil cantik dan digemari banyak orang khususnya kaum wanita. Untuk harga ayam kalkun jenis ini sendiri memang masih di bilang cukup terjangkau. Di hobiternak.com menyediakan ayam kampung royal palm. Berikut adalah daftar harga kalkun ayam tersebut:

Harga Ayam Kalkun Royal Palm Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp150,000
2 Bulan   @ Rp175,000
3 Bulan   @ Rp 250,000
4 Bulan   @ Rp300,000
5 Bulan   @ Rp350.000
Dewasa   @ Rp575.000

Kalkun Royal Palm
Kalkun Royal Palm

Sejarah

Jenis ayam Kalkun Royal Palm pertama kali ditemukan di wilayah Florida tepatnya di Pertanian Enoch Carson Lake Worth pada tahun 1902an. Pada awalnya kemunculan jenis kalkun ini muncul secara kebetulan, dimana  kalkun jenis royal palm muncul karena hasil persilangan antara campuran kalkun bronze, ayam kalkun wild dan ayam kalkun Narragansett. Pada tahun 1971, jenis ayam kalkun royal palm baru diakui oleh Asosiasi Unggas Amerika.Walaupun kalkun jenis ini  bukan  kalkun termahal tapi keindahan bulunya sungguh banyak menarik penghobi ternak. 

Ciri-ciri ayam royal palm

  1. Memiliki warna bulu dengan strip hitam
  2. Kepala berwarna putih kebiruan
  3. Pial royal palm berwarna merah
  4. Kaki berwarna kuning kecoklatan
  5. Mata ayam kalkun royal palm berwarna coklat
Kalkun Royal Palm Usia 5 Bulan

Peluang

Dari ciri khas ayam kalkun jenis royal palm tentu menjadi acuan bagi para penghobi ayam hias khususnya ayam kalkun. Tidak hanya dijadikan ayam hias, sekarang di berbagai restoran di Indonesia telah menyediakan menu utama yaitu daging ayam kalkun. Tentunya hal ini menjadi peluang baru bagi Anda yang ingin beternak ayam kalkun jenis ini sebagai usaha yang sangat menguntungkan. Tidak hanya kalkun dan dagingnya, telur royal palm juga dapat Anda manfaatkan sebagai usaha bisnis untuk usaha sampingan dan menambah penghasilan Anda dengan berkegiatan budidaya ayam kalkun ini. 

Kalkun Royal Palm Dewasa Jantan

Dalam memelihara budidaya kalkun tentu sama dengan memelihara jenis ayam yang lain. Anda tinggal menyediakan pekarangan yang cukup luas agar ayam kalkun bisa bebas bergerak. Pekarangan yang Anda buat bisa dibatasi dengan bilah bambu atau dengan menggunakan jaring paranet kandang ayam.

Pakan

Ayam kalkun merupakan makhluk hidup yang juga membutuhkan makanan. Makanan ayam kalkun royal palm sama dengan makanan kalkun biasanya. Pakan yang bisa Anda berikan berupa voer atau BR. Anda juga bisa menambahkan bekatul dan potongan sayuran seperti kangkung dan enceng gondok sebagai pakan tambahannya. Harga pakan-pakan tersebut cukup murah. Anda bisa membelinya di toko sekitar rumah Anda. 

Pakan Ayam Brahma
Bekatul

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun royal palm kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di: 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
Ayam Kalkun, Ayam Kalkun Royal Palm, Asal Kalkun Royal Palm, Jual Kalkun Royal Palm, ayam kalkun jenis royal palm, kalkun royal palm, harga ayam kalkun royal palm, jenis ayam kalkun royal palm. 

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Kalkun Royal Palm
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

5 thoughts on “Mengenal dan Mencoba Ternak Ayam Kalkun Royal Palm yang Eksotis

Leave a Reply

%d bloggers like this: