Makanan ayam mutiara-Ayam mutiara merupakan salah satu jenis ayam pendatang. Mengapa ayam mutiara dikatakan sebagai ayam pendatang ? karena ayam mutiara merupakan jenis ayam yang berasal dari Afrika yang hidupnya di semak-semak juga di padang Sabana. Jenis ayam ini merupakan ayam yang cukup unik karena memiliki berbagai macam jenis warna pada bulunya dan memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara pada umumnya.

Makanan ayam mutiara

Ayam Mutiara Silver

Kharisma dari ayam ini menjadi semakin populer dan banyak digemari, tidak hanya dikalangan masyarakat nusantara saja. Namun, sampai masyarakat dunia pun tau dan sangat menyukai jenis ayam ini. Sehingga ayam mutiara ini memiliki banyak pemburu yang digunakan sebagai ayam hias maupun diternakkan bagi para kolektor ayam hias.

Seiring dengan perkembangannya saat ini ayam mutiara semakin beragam jenisnya. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memiliki hobi memelihara dan mengawinsilangkan jenis ayam mutiara dengan ayam yang lain. Ayam ini sering kali dimasukkan kedalam kategori ayam hias. Hal ini dikarenakan ayam ini memiliki bulu yang indah juga unik jika dipegang akan terasa halus. Selain itu ayam mutiara ini bisa dibilang  sekilas memang mirip dengan ayam kalkun.

Dahulu habitat dan kebiasaan hidup ayam mutiara berasal dari daratan Afrika yang banyak menghuni savana dan semak belukar yang bergerombol. Karena pada dasarnya ayam mutiara memang suka menyendiri. Jenis ayam mutiara sendiri untuk saat ini memang populer karena memiliki peluang usaha yang tinggi dan terbilang cukup unik.makanan ayam mutiara

Pada jenis ayam ini terus mengalami perkembangan melalui hasil persilangan dari berbagai jenis ayam lain. Bobot ayam mutiara sendiri lebih kecil dibandingakan dengan ayam kalkun. Selain itu suara kokokan ayam mutiara terdengar lebih nyaring dan sangat bising. Dan umumnya jenis ayam mutiara memiliki panjang tubuh sekitar 40 sampai 70 centimeter dengan berat badan mencapai  0,7 – 1,6 kg per ekor. Memang untuk saat ini khasiat telur ayam mutiara  belum ada penelitian lebih lanjut.

Ayam mutiara merupakan termasuk dalam golongan hewan omnivora yaitu pemakan segalanya baik itu tumbuhan maupun daging. Yang pada habitat aslinya ayam mutiara memakan berbagai jenis rerumputan maupun serangga. Dalam pemeliharaan ayam mutiara dirumah dalam pemberian pakan  dapat diberikan pakan nasi,dedak,bekatul,jagung,kedelai,sisa sayuran dan makanan apa saja. Didalam budidaya ayam mutiara secara intensif dalam pemberian pakan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya.  Kebutuhan gizi akan dapat terpenuhi dengan memberikan konsentrat,sayur-sayuran, juga bekatul.

Makanan ayam mutiara

Voer yang sangat bagus bagi anakan ayam mutiara

Seperti halnya beternak jenis ayam kampung, pola pemberian pakan ayam mutiara berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian pakan pada anak ayam mutiara lebih banyak diberikan pakan voer yang kaya akan protein tinggi dengan hal itu dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Pada usia perkembanagan pemberian pakan yang kaya akan kandungan konsentrat dan untuk pada usia dewasa akan lebih banyak diberikan makanan yang memicu telur dan keindahan pada bulu tubuh ayam tersebut.

Cara bertelur ayam mutiara memang berbeda dengan jenis ayam lainnya. Hal yang membedakan dengan jenis ayam lainnya yaitu letak bertelurnya ayam tersebut. Kebanyakan pada ayam mutiara sendiri  bertelur pada sembarang tempat dan kebanyakan jenis ayam petelur lainnya yang bertelur pada tempat tertentu(menetap) dan jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang dapat bertelur pada waktu musim hujan saja. Ayam mutiara akan bertelur pada usia 26-30 minggu.

Pada ayam ini juga memiliki produktifitas telur yang tinggi yakni mampu bertelur dalam jumlah telur ayam mutiara 50-70 butir telur dalam satu periode. Selain dapat dimanfaatkan telurnya, daging ayam mutiara juga dapat dikonsumsi karena memiliki tekstur seperti daging burung puyuh.

makanan ayam mutiara

Telur Ayam Mutiara

 

Apa saja jenis ayam mutiara ?

Jenis ayam mutiara sendiri beraneka ragam yang dapat dibedakan berdasarkan warna bulunya, antara lain :

  • Ayam Mutiara Hitam

    Makanan ayam mutiara

    Ayam Mutiara Hitam

    Jenis ayam mutiara hitam merupakan jenis ayam unggulan untuk saat ini. Umumnya ayam ini memiliki bulu yang berwarna hitam diseluruh tubuhnya dan memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Hitam per ekor  :

    Ayam Mutiara 1 Bulan   @ Rp100,000
    Ayam Mutiara 2 Bulan   @ Rp125,000
    Mutiara Hitam 3 Bulan   @ Rp150,000
    Ayam Mutiara 4 Bulan   @ Rp200,000
    Untuk Ayam Mutiara 5 Bulan   @ Rp250,000
    Sedangkan Ayam Mutiara Dewasa   @ Rp300,000

  • Ayam Mutiara Putih

    Makanan ayam mutiara

    Ayam Mutiara Putih

    Siapa sih yang tidak tau ayam mutiara putih? Sebenarnya ayam mutiara putih untuk saat ini merupakan jenis ayam unggulan. Jenis ayam mutiara putih ini memiliki warna bulu putih diseluruh tubuhnya sehingga ayam ini hampir tidak memiliki mutiara.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Putih per ekor  :

    Mutiara Putih 1 Bulan   @ Rp200,000
    Ayam Mutiara Putih 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Putih 3 Bulan   @ Rp350,000
    Mutiara Putih 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Putih 5 Bulan   @ Rp450,000
    Sedangkan Mutiara Putih Dewasa   @ Rp500,000

  • Ayam Mutiara Plangkok

    Makanan ayam mutiara

    Ayam Mutiara Plangkok

    Jenis ayam mutiara plangkok ini umumnya memiliki warna bulu dengan perpaduan hitam dengan putih dan memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara. Dan pada jenis ayam mutiara plangkok ini memiliki kepala,sayap dan perut yang berwarna putih juga leher kaki dan paruh yang berwarna kuning.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Plangkok per ekor  :

    Mutiara Plangkok 1 Bulan   @ Rp175,000
    Ayam Mutiara Plangkok 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Plangkok 3 Bulan   @ Rp325,000
    Mutiara Plangkok 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Plangkok 5 Bulan   @ Rp425,000
    Sedangkan Mutiara Plangkok Dewasa   @ Rp475,000

  • Ayam Mutiara Silver

    Makanan ayam mutiara

    Mutiara Silver

    Ayam mutiara silver seringkali disebut sebagai ayam mutiara lavender. Pada ayam ini memiliki bulu yang berwarna keabu-abuan pada seluruh tubunya.

    Berikut merupakan daftar harga Ayam Mutiara Silver/lavender per ekor  :

    Mutiara Silver 1 Bulan   @ Rp200.000
    Mutiara Silver 2 Bulan   @ Rp250.000
    Ayam Mutiara Silver 3 Bulan   @ Rp350.000
    Mutiara Silver 4 Bulan   @ Rp400.000
    Untuk Mutiara Silver 5 Bulan   @ Rp450.000
    Sedangkan Mutiara Silver Dewasa   @ Rp500.000

Berikut merupakan cara membedakan antara ayam mutiara jantan dan betina:

Bagi peternak pemula membedakan antara mutiara jantan dan mutiara betina merupakan hal yang cukup rumit. Pada hal ini dikarenakan jengger pada ayam mutiara baik jantan maupun betina yang hampir sama atau mirip. Pada ayam mutiara jantan memiliki pial berwarna merah terang dan cenderung lebih lebar dan pada hidung terlihat seperti pembengkakan yang begitu jelas. Berbeda dengan ayam mutiara betina yang memiliki pial lebih kecil dan sedikit lebih pudar.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam mutiara, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait : 
harga ayam mutiara, penyakit ayam mutiara, daging ayam mutiara, jumlah telur ayam mutiara, cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina, khasiat telur ayam mutiara, anak ayam mutiara, ayam mutiara lavender,

Viky Ristiyarti


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: