Budidaya Ayam Kampung Super (JOPER) Dengan Lahan Sempit 

Budidaya Ayam Kampung Super (JOPER) Dengan Lahan Sempit

Budidaya joper (ayam kampung super) Dengan Lahan Sempit. Ayam kampung super merupakan ayam tipe pedaging unggulan yang saat ini cukup banyak peminatnya. Permintaan yang cukup tinggi disertai dengan harga yang cukup stabil membuat banyak peternak berinvestasi dengan modal yang besar demi membangun pondasi bisnis pembesaran ayam kampung super. Padahal untuk membuat bisnis pembesaran ayam kampung super bisa dilakukan pada lahan sempit, bahkan bisa dilahan yang sebelumnya di gunakan untuk ternak ikan atau lele dengan cara meletakkan kandang diatas kolam lele atau ikan.

ayam joper
DOC Ayam Kampung Super yang Baru Tiba di Kandang

Kandang untuk ayam kampung super terdiri dari 2 kandang :

  1. Kandang boks untuk DOC hingga umur 3 minggu. Kapasitas dalam 1 meter persegi berkisar 60 – 70 ekor.
  2. Pada umur 3 minggu anakan ayam kampung super dipindahkan ke kandang pembesaran. Untuk kapasitas per meter persegi bisa menampung 12 ekor ayam yang siap konsumsi. Pertumbuhan ayam yang cepat bisa diatasi dengan membuat kandang yang disekat. Sekat tersebut dapat digeser – geser sesuai  pertumbuhan ayam. Semakin besar umur makan kapasitas per meter semakin dikurangi.

Kandang ayam diatas kolam ikan

Untuk lebih memaksimalkan daya tampung ayam, maka kita dapat membuat kandang dengan ditingkat sehingga dalam kandang dapat menampung banyak ayam. Untuk mengurangi kotoran ayam yang bertumpuk dan mudah dalam membersihkan, pada bagian bawah kandang diletakkan selembar tripleks yang dapat di tarik untuk membuang kotorannya. Jadi sistemnya seperti kandang burung. Sedangkan kandang bawah, kotoran ayam akan langsung terjun ke kolam ikan dan dimakan lele atau ikan yang hidup di kolam tersebut. Kotoran ayam masih mempunyai protein sehingga bagus untuk mengurangi pengeluaran pakan ikan.

ayam joper
Kandang untuk DOC Ayam Kampung Super

Pola pemeliharaan dengan sistem tumpangsari tersebut mempunyai banyak keuntungan diantaranya:

  1. Kotoran ayam dapat dijadikan sebagai pakan ikan yang mempunyai protein tinggi
  2. Mudah membersihkan kandang
  3. Mengurangi pengeluaran untuk pakan ikan
  4. Ikan yang dipelihara mempunyai rasa yang lebih lezat
  5. Dapat mengurangi bau amoniak yang ditimbulkan dari

Kandang pemeliharaan DOC diletakkan pada  bagian atas kandang pembesaran ayam kampung super

Namun jika dalam area kandang tidak terdapat kolam ikan maka kita dapat memanfaatkan lahan sempit dengan membuat kandang  diatas lahan yang ada dengan sistem kandang postal litter. Kandang tersebut dapat dimodifikasi dengan meletakkan kandang pemeliharaan DOC ayam kampung super diatas kandang pembesaran ayam kampung super dengan model postal litter. Dengan begitu dapat menghemat tempat. kandang pemeliharaan DOC sendiri hanya digunakan selama 3 minggu.  jadi lebih efektif bila diletakkan diatas kandang pembesaran.

ayam joper
DOC Ayam Kampung Super

Bagi anda yang ingin beternak Ayam Kampung Super kami menyediakan DOC atau Bibit Ayam Kampung Super yang siap kami kirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:

harga doc atau bibit joper , harga doc atau bibit ayam kampung super, pengiriman DOC atau bibit ayam kampung super (joper), jual doc atau bibit ayam kampung super (joper), kandang ayam kampung super, doc atau bibit ayam kampung super (joper) wilayah pulau Jawa, pengiriman DOC atau bibit ayam kampung super (joper) papua, analisa ternak joper, cara membuat ayam joper, harga ayam jawa super , penjual doc jawa super, pakan ayam jawa super, kandang ayam jawa super, kandang joper, harga doc joper

**Yuni Ambarwati**

 

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Kampung Super
No HP
081220288686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: