10 Ciri Anakan DOC Ayam Kampung Super yang Mempunyai Kualitas Bagus

10 Ciri Anakan DOC Ayam Kampung Super yang Mempunyai Kualitas Bagus

Anakan Ayam Kampung Super biasanya didapatkan melalui perusahaan pembibitan ayam kampung super yang menjalankan usaha ternak ayam kampung super. Bisa juga didapatkan pada peternak pembibit Ayam Kampung Super. Anakan ayam kampung super mempunyai beberapa keunggulan dibanding ayam kampung lainnya.

Ayam kampung super adalah termasuk jenis ayam pedaging yang memiliki masa panen cepat yaitu 60 hari.
Ayam kampung super adalah termasuk jenis ayam pedaging yang memiliki masa panen cepat yaitu 60 hari.

Diantara keunggulan itu antara lain lebih tahan terhadap penyakit, mempunyai pertumbuhan yang cepat sehingga lebih cepat dipanen. Mempunyai postur tubuh yang seragam dan mempunyai daging dengan rasa yang lezat seperti ayam kampung, tekstur kompak dan padat. Dengan kelebihan tersebut maka tak mengherankan bila masyarakat mempunyai minat yang cukup tinggi terhadap ayam kampung.

Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas, tahap pertama yang perlu kita perhatikan adalah kualitas anakan atau bibit ayam kampung super. Bila kualitas DOC masih rendah maka kemungkinan besar pada saat panen, ayam kampung super juga kurang menghasilkan panen seperti yang kita harapkan. Jika kita perhatikan ada perbedaan antara DOC yang berkualitas dan DOC yang kurang berkualitas.

Cukup penting untuk kita mengetahui DOC Joper yang berkualitas sebelum kita memulai untuk beternak
Cukup penting untuk kita mengetahui DOC Joper yang berkualitas sebelum kita memulai untuk beternak

Apa ciri ayam kampung super yang berkualitas?

Anakan atau bibit ayam kampung super yang berkualitas mempunyai beberapa ciri antara lain:

  1. Anakan atau bibit ayam sehat. Bibit ayam yang sehat dapat dikenali dengan gerakannya yang lincah, gesit dan matanya bersinar.

  2. Bulunya halus dan tumbuh dengan sempurna, serta menutupi seluruh bagian tubuhnya.

  3. Badannya tidak ada yang cacat. Tubuh yang cacat seperti kaki pengkor, pusar tidak terserap, kaki pincang dan anus basah.

  4. Mempunyai nafsu makan yang bagus.

  5. Mempunyai postur tubuh yang bagus dan seragam.

  6. Mempunyai kaki yang lurus, kuat dan dapat berdiri dengan tegak.

  7. Tubuhnya nampak padat berisi.

  8. Berat badan bibit ayam kampung super minimal 38 gram

  9. Kakinya kering dan terlihat mengkilat

  10. Waktu penetasan bibit ayam kampung super selama 21 hari, jadi tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat

Dengan mendapatkan bibit yang bagus, maka kita bisa mendapatkan ayam seperti yang kita harapkan. Dengan bibit yang berkualitas, kita berharap ayam yang kita pelihara dapat terhindar dari penyakit, mempunyai pertumbuhan yang bagus, mempunyai bobot yang tinggi saat dipanen, mempunyai kualitas daging bagus dan berisi. Namun dengan catatan kita harus memberikan pakan yang sesuai dan berkualitas juga. Karena jika DOC yang kita beli sudah berkualitas namun pakan yang di beri tidak sesuai bahkan kurang, tentu hal itu sama saja. Ayam kampung super akan memiliki bobot yang kecil dan tidak sesuai dengan semestinya. 

Pada usia 60 hari biasanya bobot pada ayam kampung supe bisa mencapai sekitar 0,8 ons - 1kg
Pada usia 60 hari biasanya bobot pada ayam kampung supe bisa mencapai sekitar 0,8 ons – 1kg

Ayam Kampung Super dapat dipanen pada umur 2 bulan dengan berat sekitar 0,8 ons – 1 kg per ekor. Hal tersebut cukup menjanjikan dibanding saat memelihara ayam kampung biasa yang dapat dipanen pada umur 5 bulan ke atas. Dengan demikian peternak dapat menghemat pengeluaran untuk pakan. Dari segi harga jual, ayam kampung super mempunyai nilai penawaran yang tinggi. Saat ini harga daging ayam kampung super masih di atas dari harga ayam broiler/ potong.

DOC Baru Tiba di Kandang

Sebelum bibit ayam ayam kampung super (DOC Joper) yang kita pesan tiba di  kandang, maka kita perlu mengetahui apa saja yang harus di lakukan saat setelah DOC tiba di kandang. Berikut beberapa hal yang harus di lakukan : 

1. Mempersiapkan sarana & prasarana kandang
Tentu sebelum kita berencana untuk beternak ayam Joper, hal pertama yang perlu kita persiapkan yaitu kandang dan prasarananya. Untuk kandang ayam yang masih kecil, biasanya peternak menggunakan kandang bok yang di beri lampu penghangat yang cukup. Tujuannya agar bibit ayam tidak merasa kedinginan. Sedangkan untuk prasarananya kita bisa membeli tempat pakan dan minum di toko pakan ternak setempat.

2. Menghitung jumlah doc
Setelah doc kita terima, kita perlu mengecek ulang apakah jumlah doc yang kita pesan benar atau ada yang kurang. Jika doc kurang dan tidak sesuai maka kita bisa meminta ganti pada pihak penjual.

3. Penimbangan berat DOC
Jika kita sudah selesai menghitung DOC dan jumlahnya benar, maka selanjutnya DOC kita timbang. Jika ada berat DOC yang di bawah rata-rata maka kita perlu pisahkan ke kandang lain. Lalu untuk DOC yang beratnya di bawah rata-rata kita berikan penanganan yang optimal dengan memberi pakan yang sesuai dan teratur kalau perlu di beri vitamin.

4. Berikan larutan gula jawa
Karena DOC Joper di kirim dari Jawa Timur maka setelah DOC tiba kita perlu memberikan air larutan gula jawa. Tujuannya yaitu agar stamina ayam pulih kembali dan bisa langsung beraktivitas.

5. Berikan pakan berupa konsentrat
Setelah doc beristirahat maka kita bisa langsung berikan pakan berupa konsentrat. Biasanya yang di berikan peternak yaitu konsetrat 511, AKA-1 atau BR-1. 

Hobiternak.com sedia bibit / DOC Ayam Kampung Super dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia
Hobiternak.com sedia bibit / DOC Ayam Kampung Super dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah Indonesia.  Berikut untuk daftar harga DOC Joper Jawa, untuk Luar Jawa bisa langsung cek di nomor 0812-2028-8686

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa :

DOC JOPER: 6.000/ekor
DOC KAMSI JOPER: 5.000/ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang dan Tangerang hanya sampai di Jakarta

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Harga bibit atau anakan atau DOC ayam kampung super, jual anakan atau bibit ayam kampung super, beberapa kelebihan bisnis pembibitan ayam kampung super pedaging , peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, ukuran kandang ayam kampung super untuk kapasitas 1000 ekor DOC, cara membuat joper, ciri ayam jawa, pembibitan ayam joper, perbedaan ayam kub dan joper, mencetak ayam joper

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP