Di dunia ini, terdapat bermacam-macam jenis ayam baik yang untuk ayam hias, ayam pedaging (konsumsi), maupun ayam petelur. Banyak masyarakat yang lebih memilih ayam kampung untuk dijadikan ayam pedaging konsumsi ataupun sebagai petelur. Karena daging ayam kampung dirasa memiliki tekstur yang lebih kenyal, berisi, tidak lembek, dan tidak terlalu berlemak. Cita rasa daging ayam kampung juga lebih nikmat dan dagingnya tidak mudah hancur ketika dimasak. Nah kali ini kita akan membahas mengenai ayam kampung Jawa super (Joper) dan ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB). Namun sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan ayam kampung Jawa Joper dan KUB? Jawabannya, yuk simak ulasan di bawah ini !

Ayam Kampung Super (Joper)

Ayam Kampung Joper (dalam bahasa Jawa : Jowo Super) adalah jenis ayam kampung pedaging hasil persilangan dari ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa nama untuk ayam Joper, diantaranya ayam kampung Jawa super, ayam Kamper, ayam jawa super, dan ayam Joper itu sendiri. Tetapi dari beberapa penyebutan tadi sebenarnya yang dimaksud adalah jenis ayam yang sama. 

Ayam kampung super atau Joper sudah mulai dikenal oleh masyarakat sejak tahun 2016. Dari tahun ke tahun, peminat ayam Joper semakin meningkat. Banyak dari kalangan peternak ayam yang mulai beralih untuk beternak ayam Joper. Permintaan pasar dan masyarakat akan ayam Joper untuk dikonsumsi juga semakin tinggi. Masyarakat semakin menyadari akan kebutuhan protein dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan mengonsumsi ayam Joper. Hal inilah yang membuat para peternak memilih ayam Joper karena masa panen ayam Joper terhitung lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa. Cara ini juga untuk mengatasi permintaan pasar yang tinggi tadi. 

Ayam JOPER
Ayam JOPER

Keunggulan Ayam Kampung Joper

Ayam kampung Joper memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Berdasarkan data kami di hobiternak.com, berikut kami paparkan mengenai keunggulan dari ayam Joper :

  1. Ayam Joper memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Terhitung mulai dari DOC ayam Joper hingga masa siap panen hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari dengan bobot 0,8 – 1 kg. Bahkan ada beberapa peternak yang berhasil memanen ayam Joper dengan waktu kurang dari 60 hari. Pada umumnya saat ayam Joper berusia sekitar 50 – 55 hari, ayam Joper sudah memiliki bobot minimal 8 ons dan telah siap untuk dipanen terutama pada ayam Joper jantan.
  2. Cita rasa yang dimiliki oleh daging ayam Joper enak dan lebih padat dibandingkan ayam kampung biasa walaupun masa pertumbuhannya lebih cepat.
  3. Memiliki daya tahan tubuh yang relatif tinggi terhadap penyakit. Ayam Joper juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi karena masih terdapat darah keturunan ayam lokal. Bahkan tingkat kematian ideal ayam Joper adalah 5% jika dalam pemeliharaan tergolong baik dan tidak ada serangan penyakit.
  4. Pemeliharaan ayam Joper tergolong relatif mudah, termasuk untuk pakan dan kandang.

Karena ayam kampung Joper berasal dari persilangan ayam bangkok jantan yang memiliki tubuh besar serta dari ayam petelur betina, maka ayam kampung Joper bisa dijadikan sebagai ayam pedaging ataupun ayam petelur. Namun kebanyakan peternak menjadikan ayam Joper sebagai ayam pedaging karena masa panen yang relatif singkat. Sebagai ayam pedaging, Joper memiliki tekstur yang padat dan enak, tidak terlalu berlemak, serta cocok dijadikan ayam potong dan diolah menjadi bermacam jenis masakan.

Ayam Kampung Super (JOPER)
Ayam Kampung Super (JOPER)

Kekurangan Ayam Kampung Joper

Dibalik banyak kelebihan dari ayam kampung Joper, terdapat beberapa kekurangannya juga.  Berikut kekurangan dari ayam Joper :

  1. Dalam hal pemberian pakan akan sedikit lebih banyak karena postur tubuh ayam Joper yang besar.
  2. Ayam Joper kurang mampu dalam mengerami telur sehingga banyak para peternak yang menjadikan ayam Joper sebagai ayam pedaging. Harga telur ayam Joper juga lebih murah dari ayam kampung biasa.

Tetapi jika dibandingkan dengan banyak kelebihan yang dimiliki oleh ayam Joper, kekurangan tadi tidak terlalu berarti bagi para peternak. Karena beternak ayam Joper itu mudah dan menguntungkan.

Ayam KUB (Kampung Unggul BALITNAK)

Ayam KUB atau Ayam Ungggul Balitnak adalah ayam hasil persilangan antara sesama ayam kampung yang mempunyai beberapa keunggulan. Jenis ayam KUB merupakan hasil riset dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor, dan hal itu sekaligus menjadi asal usul ayam KUB. Ayam KUB dibuat untuk tujuan petelur. Postur tubuh ayam KUB tidak jauh berbeda dengan ayam kampung lainnya, berikut warnanya juga hampir sama.

Ayam kampung unggulan
Ayam kampung unggulan / KUB

Kelebihan Ayam KUB

Karena ditujukan untuk ayam petelur, dalam satu tahun ayam KUB mampu mengasilkan telur sebanyak 180 butir. Tetapi masa panen ayam KUB membutuhkan waktu 70-90 hari, lebih cepat dari ayam kampung biasa yang memerlukan waktu sekitar 5 bulan. Perkembangannya lebih cepat, memiliki daya tahan yang tinggi akan penyakit, sama halnya seperti ayam Joper. Sifat mengeram nya juga rendah seperti ayam Joper. 

Telur ayam KUB
Telur ayam KUB

Kekurangan Ayam KUB

Jika dibandingkan dengan ayam Joper, masa panen ayam KUB lebih lama yaitu memakan waktu sampai 90 hari, sedangkan ayam Joper hanya memakan waktu 60 hari. Pakan nya juga relatif lebih mahal karena ayam KUB memang ditujukan sebagai ayam petelur. Ayam KUB harus memakan makanan yang mengandung kualitas gizi tinggi seperti protein dan kalsium yang tinggi untuk menunjang pembentukan cangkang telur. Jumlah pakannya pun juga relatif lebih banyak. 

Berikut adalah video yang menjelaskan mengenai JOPER dan KUB

Kesimpulan

Antara ayam Joper dan ayam KUB memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari ulasan di atas, ayam Joper mempunyai keunggulan lebih cepat panen dari ayam KUB . Namun bobot yang dimiliki oleh ayam KUB cenderung lebih besar karena memang waktu yang dibutuhkan sampai panen lebih lama dibandingkan ayam Joper. Jadi wajar saja jika rata rata bobot ayam KUB lebih besar dari ayam Joper. Tetapi jika kami hobiternak.com boleh memberi saran, apabila anda bingung memilih antara Joper dan KUB, anda harus menentukan dahulu tujuan pembesaran ayam tersebut. Apakah untuk dijadikan sebagai ayam pedaging atau ayam petelur. 

Jika anda bermaksud untuk menjadikan sebagai ayam pedaging, maka jawabannya adalah ayam Joper. Karena ayam Joper sudah terbukti lebih cepat dalam masa panen dibandingkan dengan ayam KUB. Kualitas daging dari ayam Joper juga baik. Permintaan pasar juga lebih banyak. Ayam Joper juga mempunyai produktivitas telur yang tinggi dibandingkan ayam kampung biasa, namun bentuk dan beratnya masih sama seperti ayam kampung biasa yakni sekitar 55 gram per butir.

Bobot DOC Joper
Ayam Joper yang sedang ditimbang untuk melihat siap panen ataukah belum

Apabila anda bermaksud menjadikan ayam tersebut sebagai ayam petelur, maka anda dapat memilih ayam KUB. Karena ayam KUB memang ditujukan untuk ayam petelur. Jumlah telur yang dihasilkan pun juga lumayan banyak dalam satu tahun. Namun jika dijadikan untuk ayam pedaging dengan masa panen yang singkat, tentu pilihan utama terdapat pada AYAM JOPER.

Kami menyediakan bibit atau DOC ayam kampung super / Joper usia baru saja menetas. Dan kami siap mengirimkan DOC ayam Joper untuk wilayah Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa dengan ongkos kirim terjangkau sesuai dengan kargo hewan. Apabila anda ingin berternak ayam Joper, silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :

pakan ayam joper, harga ayam joper 2018, cara ternak ayam joper agar cepat panen, kandang ayam joper 100 ekor, kandang ayam joper sederhana, ayam joper siap panen, ayam joper umur 1 bulan, pakan ayam joper agar cepat besar, asal usul ayam kub, kandang ayam kub, ayam kub pdf, gambar ayam kub, doc ayam kub bogor,

*Karina Nur Arifah*


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: