Makanan Ayam Poland Yang Sesuai dengan Umurnya

Makanan Ayam Poland Yang Sesuai dengan Umurnya

Makanan Ayam Poland Yang Sesuai dengan Umurnya- Meskipun bukan termasuk jenis ayam untuk dikonsumsi, Ayam Poland banyak dibudidayakan sebagai ayam hias yang bernilai jual tinggi. Mendengar namanya, mungkin banyak orang yang berpikir bahwa jenis ayam yang satu ini berasal dari negara Polandia. Namun sebenarnya Ayam Poland ini banyak ditemui di beberapa negara seperti Irak, Belanda, dan Prancis. Biasanya orang juga menyebutnya dengan ayam Polish, Ayam Polandia, Ayam Mahkota atau Ayam Jambul. Untuk membedakan Ayam Poland dengan jenis ayam yang lainnya bisa dilihat dari bulu kepalanya yang cukup lebat sehingga sampai menutupi matanya. Bulu yang menghiasi Ayam Poland ini hampir diseluruh kepala ayam layaknya menggunakan caping dari bulu ayam. Untuk harga anakan ayam poland sendiri saat ini bisa mencapai Rp125.000,- / ekor. Harga ini merupakan untuk jenis poland biasa. Sedangkan untuk harga jenis poland walik atau poland kapas sudah berbeda lagi.

makanan ayam poland

Dilihat dari keunikannya, Jenis ayam poland ini terbagi atas :

  1. Ayam Poland Galur Murni

Jenis ayam poland ini disebut ayam poland galur murni karena memiliki bulu berwarna hitam dan abu – abu. Dan terdapat jambul yang berwarna putih.

  1. Ayam Poland Three Color

Jenis ayam ini dinamakan ayam poland three color karena mempunyai bulu dengan tiga warna.

  1. Ayam Poland Bertanduk

Jenis ayam ini dinamakan Ayam Poland bertanduk karena memiliki jambul mahkota berbulu. Selain itu, ayam ini juga mempunyai jengger yang menyerupai tanduk.

makanan ayam poland

Mungkin selama ini orang mengenal ayam hias poland karena jambulnya saja. Tetapi saat ini ada ayam poland yang lebih unik lagi, yaitu dengan tambahan tanduk dan pial (gelambir di bawah paruh ayam) yang lebar. Seperti Ayam Poland hasil persilangan yang dilakukan oleh seseorang yang kemudian memberikan sebutan dengan nama Ayam Jambul Katulistiwa. Seperti apa ternak Ayam Poland tanduk ini?

Ayam Poland yang diperbanyak oleh seorang penyilang ini terdiri atas Ayam Poland biasa dan Ayam Poland  bertanduk. Ada juga yang merupakan hasil silangan sendiri, contohnya saja Ayam Poland dikawinkan dengan Ayam Hutan, Ayam Poland dengan Ayam Keriting (Walik), Ayam Poland dengan Ayam Batik. Dan hasil dari anak ayam tersebut memiliki jambul dan sebagiannya juga memiliki tanduk dan pial yang lebar. Hasil silangan inilah yang belum pernah dilakukan oleh peternak lain. Padahal ayam hias hasil silangannya itu memiliki daya tarik tersendiri. Seorang penyilang itu juga menyebutkan bahwa tidak sulit dalam menyilangkannya, hanya dikawinkan begitu saja. Dia juga mengatakan harus sabar menunggu untuk mengetahui hasil F1 dan F2 dan seterusnya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Ayam Poland ini juga bisa dipelihara di dataran rendah hingga dataran tinggi. Dan penempatan ayam ini tidak memerlukan lahan yang luas juga.

Cara membedakan ayam poland jantan dan betina adalah sebagai berikut :

1. Ayam jantan memilikiJengger seperti tanduk atau mirip huruf V dan warnanya merah cerah.
2. Dibelakang jengger terdapat jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kukunya berwarna putih.
3. Jengger ayam betina tidak kelihatan, karena kepalanya ditutupi oleh bulu mahkota yang berbentuk kribo.
4. Ayam jantan memiliki pial berwarna merah dan kelihatan menggantung di dagu.
5. Tubuh ayam poland jantan sedikit pendek dengan bahu dan dada sedikit menonjol kedepan.
6. Kakinya sedikit kehitaman dan tidak berbulu sedangkan bulu ekornya lebat seperti kipas. Sifatnya lincah dan periang
7. Bobot ayam jantan 1,2 Kg sedangkan ayam betina 0,9 Kgd jantan dan betina.

Untuk saat ini harga ayam jambul yang berumur :

1 Bln Rp 125.000/ekor

2 Bln Rp 150.000/ekor

3 Bln Rp 175.000/ekor

4 Bln Rp 225.000/ekor

5 Bln Rp 350.000/ekor

Dewasa  Rp 500.000/ekor.

Pejantan dewasa Rp750.000,- / ekor

Sedangkan harga ayam mahkota itu sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan. Apalagi untuk ayam ini memiliki beberapa keunikan. Ayam Poland atau ayam mahkota ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ayam hias yang lain. Ayam mahkota juga termasuk kategori ayam yang rentan sakit terutama jika terkena angin kencang. Untuk itu kandang sebaiknya dimodifikasi agar bisa menghindari ayam terkena angin kencang secara langsung, jadi sebaiknya sedikit tertutup kandangnya. Harga anak ayam poland itu sendiri untuk sekarang berkisaran antara 150.000/ekor sampai 350.000/ekor. Dan memiliki usia sekitar 2-5 bulan.

Ayam poland mempunyai warna yang beragam antara lain: ayam poland putih,ayam poland krem dan ayam poland coklat.

makanan ayam poland

Dan untuk makanan Ayam Poland berupa voer, millet dan jagung yang digiling kasar dengan takaran sebanyak 3:2. Pemberian pakannya setiap hari sebanyak 1 kali. Sedangkan untuk anak ayam biasanya hanya berupa voer karena protein dan biji – bijian yang terkandung di dalamnya sudah mampu memenuhi kebutuhan akan nutrisi. Untuk sepasang ayam jantan dan betina dewasa hanya memerlukan 1 kg pakan ayam untuk 1 bulan saja, sedangkan untuk anak ayam bisa menghabiskan 1 kg pakan selama 3 bulan.  Dari sini bisa terlihat bahwa Ayam Poland ini tidak boros dalam hal pakan. Memberikan makanan yang bervariasi pada ayam justru akan membuat ayam tidak mau makan dan menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam poland. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam poland di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :

harga anakan ayam poland, jenis ayam poland, ayam poland tanduk, cara membedakan ayam poland jantan dan betina, harga ayam jambul, harga ayam mahkota, harga anak ayam poland, ayam poland putih

*Krisna Verawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Poland
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

1 thought on “Makanan Ayam Poland Yang Sesuai dengan Umurnya

Leave a Reply

%d bloggers like this: