Harga Ayam Arab-Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan jenis ayam ini karena meskipun ayam arab termasuk ayam petelur namun di kalangan masyarakat sendiri untuk ayam petelur yang lebih populer adalah jenis Leghorn. Padahal jika diamati, untuk ayam arab petelur ini memiliki kemampuan bertelur yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ayam jenis yang lainnya. Apabila diperhatikan,  ayam arab memiliki penampilan yang indah maka tak heran ada beberapa orang yang membudidayakan sebagai ayam hias atau pajangan di halaman rumah

Perbedaan Ayam Arab Jantan dan Betina

Ayam Arab jantan dewasa memiliki tinggi tubuhnya sekitar 35 cm dengan bobot berkisar antara 1,5-2 kg per ekor. Pada kepalanya terdapat jengger bergerigi dan tunggal. Memiliki bulu yang tebal. Untuk warna bulu dan leher sampai pada kepala putih kehitaman. Badannya berwarna putih dengan sedikit kuning dan terdapat totol-totol hitam. Suara kokok ayam arab nyaring seperti ayam katai.

Ayam Arab
Ayam Arab

Sedangkan, untuk ayam arab betina dewasa sendiri tingginya bisa mencapai sekitar 25 cm dan untuk bobotnya berkisar 1-1,5 kg per ekor. Ayam Arab betina juga memiliki jengger kepala yang bergerigi seperti ayam arab jantannya hanya saja untuk betinannya tipis. Untuk bulu badannya yang betinannya tebal. Ayam Arab betina memiliki umur produktif antara 0,8 sampai 1,5 tahun. Ayam Arab betina bertelur hampir setiap hari.

Jika dibandingkan dengan ayam kampung, ayam arab lebih cepat mulai bertelur pada umur 4,5 sampai 5,5 bulan hal ini berbeda dengan ayam kampung yang masa panennya sekitar 60 hari atau 2 bulan. Pada usia 8 bulan, ayam arab berproduksi pada puncaknya. Setelah itu akan mengalami rontok bulu. Ayam Arab mengalami rontok bulu kurang lebih sekitar 3-5 minggu. Namun, jika dipelihara terus akan tetap berproduksi hanya saja untuk jumlah telur yang dihasilkan akan menurun. Apabila ayam arab ini mulai produktivitas menurun sebaiknya segera mungkin diganti dengan ayam arab petelur yang masih segar.

Keunggulan Ayam Arab

Ayam Arab dikenal sebagai ayam yang memiliki gerakan lincah atau gesit. Ayam Arab juga memiliki warna yang menarik dengan warna keperak-perakannya. Jika diamati dari segi kualitas, tekstur, dan bentuk daging serta telurnya, ayam arab hampir memiliki kesamaan dengan ayam kampung yang dipelihara dilingkungan masyarakat.  

Ayam Arab juga bisa dibilang salah satu komoditas yang menjanjikan dalam menambah penghasilan. Selain itu, ayam ini juga memiliki keunggulan paling utama yang terletak pada jumlah telur yang dihasilkan. Disisi lain, yang menjadikan keunggulan dari ayam ini adalah memiliki masa bertelur yang lebih panjang jika dibandingkan dengan ayam yang lainnya.

Ayam Arab Jantan
Ayam Arab Jantan

Pakan Ayam Arab

Pakan Ayam Arab hampir sama dengan ayam yang lainnya. Untuk pakan anak ayam memerlukan kualitas yang tinggi karena agar cepat tumbuh dan sehat serta memiliki produktivitas yang tinggi. Pemberian pakan pada ayam sebaiknya diberikan secara bertahap yang disesuaikan dengan usianya. Ayam usia dibawah 3 minggu bisa diberikan pakan starter yang kemudian disambung dengan pakan grower sampai usia 10 minggu. Ayam Arab petelur umur 10 sampai 20 minggu bisa diberikan pakan developer. Setelah usia diatas 20 minggu bisa diberikan pakan laying mash hal ini bertujuan dalam meningkatkan produksi dan kualitas telur.

Untuk pakan tambahan sebaiknya dihindari karena ayam yang diberikan pakan tambahan akan mengurangi mengonsumsi pakan komplet yang semestinya, sehingga menyebabkan ayam tidak menerima jumlah nutrisi yang seharusnya. Dari kekurangan nutrisi tersebut menyebabkan ayam menjadi kekurangan gizi dan tingkat pertumbuhannya atau produksi telurnya akan menurun, bahkan pada  akhirnya bisa menyebabkan ayam mati.

Harga Ayam Arab

Saat ini harga DOC ( Baru Menetas ) Ayam Arab untuk daerah Jawa sekitar Rp 5.500 per ekor. Harga tersebut tentu berbeda dengan jenis ayam petelur yang lainnya untuk daerah jawa yang memiliki kisaran harganya sekitar Rp 9.000/ekor.  tentu harga ayam arab lebih murah jika dibandingkan dengan ayam petelur lainnya tersebut. Sedangkan untuk harga jual ayam arab yang siap panen masih cukup terjangkau.

Namun, untuk harga ayam arab suatu saat bisa mengalami perubahan tergantung dengan faktor permintaan dan ekonomi yang tidak stabil. Selain harga ayam arab yang cukup menarik, harga telur ayam arab pun juga berbeda dengan jenis telur yang lainnya. yang menjadikan harga telur ayam ini berbeda dengan telur ayam yang lainnya karena didalamnya ada kandungan protein dan omega 3 lebih banyak. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam telur ayam tersebut sehingga banyak orang mengkonsumsinya. Namun, dengan meningkatnya dalam mengkonsumsi jenis telur ayam ini sehingga memuncul beberapa oknum yang mengedarkan telur ayam arab palsu yang dijual di toko-toko atau warung.

Ayam Arab
Ayam Arab Jantan berjenger

Sebagai tambahan informasi, dalam beternak ayam arab sebaiknya peternak selalu menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan yang berkualitas untuk mendukung ketenangan dan kenyamanan Ayam Arab pada saat dikandang. 

Bagi anda yang ingin beternak Ayam Kampung Super kami menyediakan DOC atau Bibit Ayam Kampung Super yang siap kami kirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
jual ayam arab, harga telur ayam arab, ayam arab petelur, ayam arab jantan, harga doc ayam arab, pakan ayam arab

*Krisna Verawati*


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: