Kandang Ayam Kampung Super

Pembuatan Kandang Intensif Untuk Pembesaran Ayam Kampung Super

Pembuatan Kandang Intensif Untuk Pembesaran Ayam Kampung Super – Pembuatan kandang intensif untuk pembesaran ayam kampung super perlu dilakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan ayam. Dalam pemeliharaan dan pembesaran ayam kampung super memerlukan beberapa sarana dan prasarana pendukung agar ayam kampung super mempunyai perkembangan dan pertumbuhan yang baik. Salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih yaitu kandang. Kandang untuk pemeliharaan DOC ayam kampung super dan pembesaran Ayam kampung super mempunyai peranan yang cukup penting karena kandang berfungsi sebagai tempat tinggal, tempat tumbuh dan berkembang dan juga sebagai tempat untuk beraktivitas dan beristirahat.

Untuk itu perlu pembuatan kandang yang tepat karena kandang mempunyai pengaruh dalam pertumbuhan Ayam Kampung Super.Kandang sendiri terbagi menjadi beberapa macam tergantung dari tujuan pemeliharaan diantaranya:

Jenis Kandang Untuk Ayam Kampung :

  • Kandang pemeliharaan DOC
  • Kandang pembesaran ayam kampung super
  • Kandang indukan

Pemeliharaan ayam kampung secara intensif ada berbagai tipe kandang yang biasa diterapkan oleh para peternak seperti pemeliharaan Ayam Kampung Super dengan sistem kandang sel

Kandang Intensif Untuk Pembesaran Ayam Kampung Super

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang kandang intensif untuk pemeliharaan ayam kampung super. Kandang untuk pembesaran berbeda dengan kandang untuk pemeliharaan DOC ayam kampung super. Kandang pembesaran pada umumnya berukuran panjang 10 meter x lebar 8 meter yang dapat menampung 450 ekor ayam kampung super. Kapasitas kandang dipengaruhi populasi yang berada di dalamnya. Jika ayam yang dipelihara tidak begitu banyak sekitar 75 ekor makan kandang berukuran 2,5 meter x 4 meter. Dengan kata lain kapasitas per meter sekitar 7 – 8 ekor.

pembuatan kandang
Contoh kandang ayam kampung super

Kandang pemeliharaan yang banyak digunakan berbentuk postal dengan lantai tanah atau semen yang dilapisi dengan litter. Litter sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu sekam padi, serbuk gergaji dan kapur. Ketebalan sekam sekitar 7 – 10 cm. Untuk litter perlu pembalikan agar segar tidak lembab dan basah. Sekam yang lembab bisa menyebabkan tumbuhnya jamur yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan ayam kampung super yang berada di kandang tersebut.

Sebelum membuat kandang perlu diperhatikan beberapa hal:

  1. Teknik pembuatan kandang
  2. Bentuk kandang dan bahan yang digunakan
  3. Kapasitas ayam yang akan dipelihara
  4. Suhu sekitar kandang
  5. Sanitasi kandang
  6. Pergerakan dan pertukaran udara disekitar kandang yang berhubungan dengan ventilasi udara.

Kandang bisa terbuat dari bambu, papan yang tidak rapat. Dengan begitu udara segar dapat leluasa masuk ke kandang. Untuk mengantisipasi udara dingin maka pada sisi kandang dipasang terpal ke sekeliling kandang untuk mengurangi resiko ayam kedinginan. Terpal tersebut dapat digulung jika udara sangat panas, jadi peternak perlu mengontrol kondisi kandang dan suhu udara di sekitar kandang untuk memastikan ayam tidak kepanasan atau kedinginan.

Untuk memudahkan agar jumlah ayam sesuai dengan kapasitas kandang maka kandang tersebut dibentuk menjadi beberapa blok. Setiap blok disekat dengan penyekat yang dapat digeser-geser agar memudahkan dalam mengatur kapasitas kandang.

Kandang Ayam Kampung Super/ Ayam Jawa Super (Joper)
Kandang Ayam Kampung Super/ Ayam Jawa Super (Joper)

Pada bagian kanan dan kiri kandang perlu dibuatkan tempat untuk bertengger karena ayam kampung super termasuk ayam yang suka bertengger. Tempat bertengger tersebut mempunyai ketinggian sekitar 1 meter – 1,5 meter. Untuk memudahkan dalam mengeluarkan kotoran ayam maka perlu dibuatkan tempat yang menjorok ke dalam agar kotoran mudah terkumpul. Tempat kotoran tersebut berada di bawah tempat untuk bertengger ayam.

Ternak Ayam Kampung Super Pedaging atau bisa disebut dengan joper merupakan ayam hasil persilangan antara jantan ayam kampung dan betina ayam petelur. Beternak ayam joper merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang kita dapatkan antara lain, joper memiliki kemampuan tumbuh lebih cepat, harga jual ayam joper dipasaran cenderung tinggi dan stabil sehingga dapat memberikan keuntungan bagi peternak.

Ayam joper memiliki rasa pada daging yang gurih. Pada ayam joper sendiri memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan mampu terhindar dari berbagai macam penyakit.Dalam ternak ayam kampung super memang tidaklah rumit, hanya saja kita harus mempunyai tekad yang kuat agar mencapai kesuksesan dan keuntungan yang lebih besar.

Dalam pemeliharaan ayam joper yang baik kita perlu memperhatikan beberapa teknik budidaya ayam kampung super pedaging agar peternak mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Adapun teknik – tekniknya sebagai berikut :

  1. Persiapan Kandang
    Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam kampung pedaging. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamain. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.Dalam membuat kandang ayam arab ini usahakan dapat menyesuaikan dengan jumlah ayam arab yang ada dan kondisi ayam dengan lingkungan tempat kandang ayam. Agar ayam dapat tumbuh berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan produktivitas telur yang ada.
  2. Menyediakan DOC Ayam Joper

    Kualitas ayam joper ditentukan oleh bibitnya. Pilihlah bibit yang waktu penetasannya tepat 21 hari tidak kurang dan tidak lebih. Kualitas bibit ayamjoper yang baik ditandai dengan tubuh yang sehat, tubuh tegap, tidak cacat dan bulu bersih. Jika terjadi suatu tanda diatas dapat dipastikan bibit ayam joper dalam kondisi sakit sehingga tidak layak untuk diternakkan. Jadi bagi peternak joper pilihlah DOC ayam joper yang baik, agar dalam pemeliharaan tidak terjadi kerugian yang cukup besar.

  3. Penyediaan Pakan

    Pemberian akan ayam kampung joper yang baik sangat mempengaruhi kualitas daging yang dihasilakan oleh ayam kampung joper. Pemberian pakan ayam yang baik serta kebersihan kandang akan menjamin kesehatan ayam. Pakan untuk ayam kampung super yang baik  adalah jenis voor, jagung yang ditumbuk halus, dedak, pakan konsentrat, dan pakan bekatul.Dalam pemberian tempat minum pada kandang ayam harus sebanding dengan jumlah pakan yang disediakan dan  kita harus memperhatikan skala dan usia ayam kampung joper.Agar pada saaat diberikan ke ayam, ayam tidak mengalami tersedak.

  4. Pemberian Vitamin dan Vaksinisasi

    Memberikan vitamin dan vaksinisasi pada ayam joper sangat diperlukan. Ini bertujuan agar ayam joper tidakmudah terserang penyakit dan menambah daya tahan tubuh. Jadwal vaksinisasi untuk ayam kampung super adalah sebagai berikut :

    Jadwal Vaksinisasi Untuk Ayam Kampung Super :

    • Pada saat berumur 3/4  hari berikan ayam kampung super ND/IB cara penggunaan dengan cara diteteskan ke mata ayam
    • Pada saat berumur 11 hari berikan Gumboro aturan pemakaian dengan cara diberikan ke minum ayam sebanyak 2 dosis
    • Pada saat berumur 2 minggu / 21 hari berikan ND + Gumboro + Flu Burung
    • Pada saat berumur 18 hari berikan ND/IB dengan cara dicampurkan pada minuman ayam aturan 2 dosis
    • Pada saat berumur 24 hari berikan Gumboro ke – 2 dicampurkan pada minum      ayam sebanyak 2 dosis
    • Pada saat berumur 35 hari berikan AI H5 – N9 diberikan dengan cara disuntikkan  kepada ayam kampung joper
  5. Pemeliharaan

    Pemeliharaan adalah suatu hal yang penting dalam tahapan ternak ayam joper. Ini bertujuan agar peternak dapat mengontrol ayam joper agar tidak mudah terserang penyakit dan dapat bertahan hidup sampai masa panen tiba.Dalam hal pemeliharaan kita juga harus memperhatikan kebersihan yang ada di kandang ayam dan memastikan bahwa keadaan kandang ayam tidak rusak.

  6. Pengendalian Penyakit

    Pemeliharaan ayam joper dalam skala yang banyak harus benar – benar memperhatikan kesehatan ayam. Peternak harus mengontrol yam joper ini setiap hari, jika terdapat ayam yang sakit segera pisahkan dan obati ayam agar ayam lain tidak tertular.Cara mengontrol dan mengendalikan ayam joper agar tidak mudah sakit adalah dengan menjaga kebersihan kandang, memilih lokasi kandang yang jauh dari sumber penyakit pada ayam, menjaga sanitasi kandang, memberikan vitamin dan vaksinisasi secara teratur.Adapun cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam adalah sebagai berikut.

    Cara Mengatasi Berbagai Penyakit Pada Ayam :

    • Berilah abu atau bahan lain yang dapat menyerap air dari kotoran ayam.
    • Usahakan kandang dibuat dari bilah – bilah bambu agar udara dapat keluar masuk dengan mudah
    • Gantilah air minum pada ayam 2-3 hari sekali
    • Pisahkan ayam yang sakit ke dalam kandang yang lain
    • Hindari membeli ayam yang sakit
    • Hindari adanya genangan air di dalam kandang. Jadi usahakan kandang tidak bocor
    • Bersihkan kandang setiap hari agar virus tidak bersarang
    • Usahakan mengubur ayam yang sudah mati dan jangan dibakar.
  7. PanenHal yang paling ditunggu – tunggu adalah masa panen. Ayam kampung joper dapat dipanen ketika memasuki usia 6 minggu. Biasanya berat ayam kampung joper sekitar 0,7 – 0,9 kg. Dan jika kita memelihara sampai 10 – 12 minggu bobot ayam dapat mencapai 0,9 – 1,1 kg .

Produksi Telur Ayam Kampung Super

Banyak masyarakat mengira bahwa ayam kampung super banyak dimanfaatkan dagingnya. Padahal telur ayam kampung super juga mengandung berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bagi peternak syarat menambah produksi telur agar menghasilkan telur yang banyak terletak pada pemberian pakan yang baik dan teratur.

Ayam kampung super dapat memproduksi telur sekitar 12 butir per ekor, setiap tahunnya ayam kampung super dapat mencapai sekitar 115 butir per ekornya.Warna cangkang pada telur ayam kampung putih hingga crem. Kulitnya lebih licin dan memiliki ukuran yang tidak sama. Kuning telur ayam kampung super berwarna kekuning – kuningan tua hingga berwarnan orange. Kandungan manfaat dalam telur ayam kampung super juga berbagai macam, diantaranya :

  • Mencegah Penyakit Kanker
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Mencegah Katarak dan Kebutaan
  • Menyembuhkan Ganguan Paru – paru
  • Menjaga Stamina Pria

Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam

*Dwi Sri Rahayu*

*OK

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Pembuatan Kandang Intensif Untuk Pembesaran Ayam Kampung Super”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: