Pilihan Terbaik !, Kandang Ayam Kampung Asli & Joper atau Kampung Super

Pembuatan kandang semi intensif atau intensif untuk pemeliharaan ayam Kampung Asli & Joper atau Kampung Super merupakan pilihan terbaik bila dibandingkan dengan sistem umbaran atau diliarkan. Hal ini tentu perlu dilakukan untuk memastikan pertumbuhan ayam yang baik dan kemudahan dalam kontrol penyakit serta perawatan. Dalam pemeliharaan dan pembesaran ayam memerlukan beberapa sarana dan prasarana pendukung. Dan disini kandang ayam kampung mempunyai peranan yang cukup penting karena berfungsi sebagai tempat tinggal, tempat tumbuh dan berkembang dan juga sebagai tempat untuk beraktivitas dan beristirahat.

Ada memang peternak yang tidak memiliki lahan terlalu luas sehingga model kandang ayam di lahan sempit banyak di minati. Tapi hal itu tentu saja tidak menjadikan kita menyepelekan kaidah-kaidah penting dalam pembuatan kandang ayam.

Sebelumnya mungkin  perlu kiranya kami menjelaskan 2 macam jenis ayam kampung yang banyak di ternakan di negeri tercinta kita ini:

1. Ayam Kampung Asli

Di sebut ayam kampung asli memang tidak jauh dari makna tersuratnya yakni “kampung” yang memiliki maksud jenis ayam ini banyak dipelihara di daerah kampung. Sistem memeliharanya pun lebih sederhana dan biasanya masih banyak yang menggunakan pola ternak tradisional. Dalam pola ternak moderen ada juga yang mengadaptasi dengan mendesain kandang ayam umbaran agar tekstur daging lebih bagus karena ayam lebih banyak gerak. Memang dalam pola ternak tradisional memiliki keunggulan dan kekurangan juga. Salah satu keunggulan sistem kandang ayam kampung tradisional yakni ayam akan lebih hemat dalam pemberian pakan karena ayam cenderung liar dan mencari makan sendiri. Namun jelas memang kekuranganya bila terjadi wabah penyakit di area tersebut sangat mungkin ayam kampung yang menggunakan sistem tradisional tersebut akan mudah terpapar penyakit yang tentu saja berpotensi kerugian bagi peternak. 

2. Ayam Kampung Super atau Joper

Disebut ayam kampung super bukan berarti ayam jenis ini memiliki kekuatan super namun ayam kampung super ini dari singkatan “Sudah Persilangan” yang di singkat menjadi SUPER. Untuk ayam joper sendiri sama saja dengan ayam kampung super, joper dari kata Jowo Super atau Jowo Sudah Persilangan. Sekarang semakin banyak peternak ayam kampung yang beralih memilih ayam joper di banding dengan ayam kampung biasa. Hal ini tidak lepas dari periode masa panen yang cukup singkat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 55 hari dari ayam menetas sampai bisa dipanen.

Sebelum membuat kandang ayam, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Teknik Pembuatan Kandang
  2. Bentuk kandang dan bahan yang digunakan
  3. Kapasitas ayam yang akan dipelihara
  4. Suhu sekitar kandang
  5. Sanitasi Kandang 
  6. Pergerakan dan pertukaran udara di sekitar kandang yang berhubungan dengan ventilasi udara

Kandang bisa terbuat dari bambu atau papan yang tidak rapat. Dengan begitu udara segar dapat leluasa masuk ke kandang. Untuk mengantisipasi udara dingin maka pada sisi kandang dipasang terpal ke sekeliling kandang untuk mengurangi resiko ayam kedinginan. Terpal tersebut dapat digulung jika udara sangat panas, jadi peternak perlu mengontrol kondisi kandang dan suhu udara di sekitar kandang untuk memastikan ayam tidak kepanasan atau kedinginan. Dalam sistem kandang ayam modern hal itu bisa dilakukan dengan sentuhan teknologi sehingga bisa dikerjakan dengan mesin atau alat yang berjalan secara otomatis namun kita bisa kerjakan dengan hemat dan hasilnya juga sama.

Dalam memudahkan agar jumlah ayam sesuai dengan kapasitas kandang, maka kandang tersebut dibentuk menjadi beberapa blok. Setiap blok disekat dengan penyekat yang dapat digeser-geser agar memudahkan dalam mengatur kapasitas kandang.

Beternak Ayam dan Lele merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat
Beternak Ayam kampung bisa di kombinasikan juga dengan ternak ikan. Ikan Lele bisa menjadi pilihan untuk di barengkan sambil ternak ayam mengingat ikan lele yang terkenal tangguh dan tidak terlalu ribet mengenai air dan pakanya.

Untuk jenis kandang ayam kampung di bagi menjadi 2 saat di bagi menurut kelompok usia sebagai berikut:

  1. Kandang pemeliharaan DOC atau kandang brooder (penghangat)
  2. Kandang pembesaran ayam kampung

Baik, kita akan mulai satu-persatu belajar bersama mulai dari kandang ayam saat ayam baru menetas sampai ayam bisa dipanen.

1. Kandang Brooder Ayam atau Kandang Pemanas DOC

Dibagian ini banyak kami dapati peternak terlewat dalam mempelajari ataupun memahami secara ilmu teori sebelum memulai ternak. Sehingga kegagalan akan mengintai di depan mata. Bisa jadi karena faktor terburu-buru sehingga tidak mempelajari pembuatan kandang DOC terlebih dahulu. Namun kami kadang tidak bisa di berbuat banyak karena kami juga kadang mengetahui nya saat peternak sudah mengeluhkan mengenai perkembangan ternak ayam kampung nya.

Usia DOC (Day Old Chicken) atau usia baru menetas merupakan usia yang sangat rentan karena anak ayam masih cukup lemah dalam bertahan hidup. Suhu dingin sangat rentan yang menjadi faktor pembunuh anak ayam kita. Perhatikan gambar berikut sebagai panduan kontrol dalam pengaturan penghangat dalam kandang anak ayam.

Indikator Kenyaman DOC atau Anak Ayam di dalam Kandang Pemanas
Indikator Kenyaman DOC atau Anak Ayam di dalam Kandang Pemanas

 

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam kandang brooder ayam kampung:

  1. Bentuk kandang lingkaran
    Bentuk kandang dengan pola melingkar kami rasa lebih hemat tempat dan efisien. Yang perlu diperhatikan adalah panjang pembatasnya. Karena sistem yang akan kita gunakan adalah sistem lingkaran yang akan kita tambah besar saat ayam juga bertambah besar.
    Untuk pagar nya Anda bisa menggunakan seng ataupun terpal, tidak harus baru Anda bisa menggunakan bahan bekas agar lebih hemat. Yang penting anak ayam tidak lompat keluar. Kandang ayam sederhana dari kawat kadang ada juga peternak yang membuatnya, namun saat kandang dibuat kotak maka resiko ayam menumpuk di pojok cukup besar, sehingga panas tidak merata dan ayam bisa saling tumpang tindih yang berujung dengan sakit kemudian mati.
  2. Alas kandang atau liter
    Alas kandang atau litter ini perlu Anda berikan sebagai media dasar tempat berpijaknya kaki anak ayam kampung. Dalam memilihnya perlu diingat dari fungsi alas kandang ini yakni membuat anak ayam tetap hangat dan kering. Pilih bahan yang tidak beracun serta tidak mudah berjamur. Anda juga perlu membalik alas kandang tersebut agar sirkulasi udaranya baik dan terjaga kelembapanya. Dalam 3 sampai 4 hari sekali Anda bisa membaliknya. Ada banyak pilihan bahan yang bisa di jadikan alas kandang, di antaranya sebagai berikut:
    • Sekam
    • Serbuk atau rautan kayu
    • Kulit kacang
    • Jerami
    • Pasir
    • Dll
  3. Pemanas
    Seperti yang kita bahas di atas peran pemanas kandang ayam sungguh sangat penting karena dalam tahap awal ini pemanas akan menggantikan induk ayam saat ayam tumbuh dengan alami bersama induknya. Ada banyak pilihan pemanas yang bisa Anda pilih:
    • Semawar
    • Gasolec
    • Tungku Kayu
    • Lampu Pijar
    • Tungku Batubara

    Anda tinggal menyesuaikan mana yang paling pas untuk kandang ayam Anda. Disesuaikan dari anggaran dan kemudahan dalam mendapatkanya.

2.  Kandang Pembesaran Ayam Pola Intesif

Sudah tentu kandang untuk pembesaran berbeda dengan kandang untuk pemeliharaan DOC ayam kampung. Kandang pembesaran pada umumnya berukuran panjang 10 meter x lebar 8 meter yang dapat menampung 450 ekor ayam kampung. Kapasitas kandang dipengaruhi populasi yang berada di dalamnya. Jika ayam yang dipelihara tidak begitu banyak sekitar 75 ekor maka kandang berukuran 2,5 meter x 4 meter. Dengan kata lain kapasitas per meter sekitar 7 – 8 ekor. Untuk yang skala kecil kandang ternak ayam rumahan juga bisa menjadi pilihan. Makanan sisa dapur dan kombinasi pakan pabrikan serta pola perawatan yang baik bukan tidak mungkin akan menghasilkan ayam yang bagus.

Untuk pemilihan bentuk kandang pemeliharaan bisa disesuaikan dengan lingkungan Anda. Anda bisa memilih yang model panggung atau langsung ke tanah. Sebagai dasar nya atau Litternya banyak yang menggunakan media sekam dan sebaiknya Anda bisa kombinasikan sekam padi, serbuk gergaji dan kapur. Ketebalan sekam yang baik sekitar 7 – 10 cm. Ingat litter perlu dilakukan pembalikan agar segar tidak lembab dan basah. Sekam yang lembab bisa menyebabkan tumbuhnya jamur yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan ayam kampung super yang berada di kandang tersebut.

Kandang ayam joper harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal | Image 1
Kandang ayam harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal. Serta atur letak tangkringan untuk ternak ayam kampung Anda sebaik-baiknya.

Pada bagian kanan dan kiri kandang perlu dibuatkan tempat untuk bertengger karena ayam kampung super termasuk ayam yang suka bertengger. Untuk penempatan nya Anda bisa juga tempatkan di tengah kandang. Tempat bertengger tersebut mempunyai ketinggian sekitar 1 meter – 1,5 meter. Tempatkan alas kotoran di bawah tempat untuk bertengger ayam. Untuk memudahkan dalam mengeluarkan kotoran ayam maka perlu dibuatkan tempat yang menjorok ke dalam agar kotoran mudah terkumpul. Biasanya pada malam hari ayam bertengger di tangkringan tersebut.

Semoga dengan memahami tulisan kami diatas bisa membantu memudahkan Anda dalam beternak ayam kampung. Dan sukses yang menjadi tujuan ternak akan tercapai.

Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam Kampung Asli (AKA) maupun Ayam Kampung Super (JOPER) dengan kemampuan kami  mengirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC atau bibit ayam baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kandang ayam kampung word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 3: Owned by the author
  • Kandang ayam joper harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal | Image 1: fjb.m.kaskus.co.id
  • thumbnail: Owned by the author

2 pemikiran pada “Pilihan Terbaik !, Kandang Ayam Kampung Asli & Joper atau Kampung Super”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA