Penyebab Ayam Broiler Kedinginan dan Dampak yang Ditimbulkan

Ayam broiler masuk dalam jenis ayam potong terkenal dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dagingnya yang empuk dan tebal menjadi alasan mengapa ayam broiler banyak diminati. 

Tingginya permintaan akan daging ayam broiler menyebabkan munculnya para peternak baru yang ingin memelihara ayam broiler. Mengambil kesempatan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan salah satu alasannya. 

Kadang kala ada beberapa peternak baru yang terburu-buru ingin membuka usaha ternak ayam broiler namun belum begitu paham mengenai ilmu memelihara ayam broiler. Akibatnya banyak ayam yang mati sebelum waktu panen tiba. 

Sebelum beternak ayam broiler terlebih dahulu mencari ilmu agar proses beternak dapat berjalan dengan lancar | image 1
Sebelum beternak ayam broiler terlebih dahulu mencari ilmu agar proses beternak dapat berjalan dengan lancar | image 1

Tentu hal tersebut membuat peternak mengalami kerugian yang cukup banyak. Pasalnya beternak ayam broiler membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Pembuatan kandang, pembelian pakan, pembelian bibit semua itu memerlukan biaya yang besar. 

Perlu diketahui juga bahwa saat kita merawat hewan hidup perlakuannya harus hati-hati dan sesuai dengan prosedurnya. Perawatan tidak boleh asal-asalan yang penting diberi makan dan minum namun ada ilmu lain yang harus dipelajari. 

Di era modern dan serba canggih saat ini mudah sekali untuk mendapatkan informasi.

Anda bisa mencari ilmu beternak ayam broiler di internet, youtube atau masuk di komunitas facebook. Selain itu bisa juga menanyakan ke peternak senior yang sudah lama menggeluti dunia peternakan ayam broiler. 

Yang paling sering terjadi saat proses beternak ayam broiler berlangsung yaitu ayam mati karena kedinginan.

Faktor cuaca memang sangat mempengaruhi dalam beternak ayam. Jika cuaca sedang ekstrim kadang panas kadang hujan ayam broiler akan stress bila tidak ditangani dengan benar. 

Ada beberapa penyebab mengapa ayam broiler merasa kedinginan | image 2
Ada beberapa penyebab mengapa ayam broiler merasa kedinginan | image 2

Ada beberapa penyebab kenapa ayam broiler merasa kedinginan, berikut penyebabnya :

1. Brooding asal-asalan

Pada saat ayam berusia 0-15 hari brooding sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup ayam broiler. Jadi apabila pembuatan brooding asal-asalan maka bisa menyebabkan ayam menjadi sakit, stress dan akhirnya mati. 

Sebelum pembuatan brooding peternak seharusnya melakukan hal-hal berikut ini : 

  •  Mempersiapkan kandang yang akan digunakan untuk DOC broiler yang baru tiba

  • Memastikan kandang ayam broiler dalam kondisi aman dan bersih

  • Memasang tirai disemua permukaan dinding pada kandang

Apabila kandang dan peralatan lainnya sudah siap maka langkah selanjutnya yaitu pembuatan brooding.

Luas ukuran brooding tergantung dengan ayam yang akan dipelihara. Semakin bertambah usia ayam maka semakin luas juga brooding yang dibuat. 

Brooding yang bagus yaitu dapat melindungi ayam dari suhu yang tidak menentu, cuaca ekstrim, angin kencang dan dapat melindungi dari hewan pemangsa. 

Contoh chick guard untuk ayam broiler | image 3
Contoh chick guard untuk ayam broiler | image 3

Faktor keberhasilan masa brooding tergantung dari :

  1. Pemanas (heater)

    Pemanas (heater) yang sering digunakan oleh peternak yaitu gasolek, semawar, lampu bohlam dan kayu bakar. Heater yang bagus yaitu harus menghasilkan panas yang stabil dan cukup. 

  2. Chick guard brooder

    Chick guard dapat dibuat menggunakan bahan seng yang dibentuk melingkar. Penggunaan chick guard ini membantu agar panas yang dihasilkan dari heater dapat menyebar secara merata di bagian kandang. 

    Bentuk chick guard yang melingar juga lebih disarankan karena doc tidak akan menumpuk dibagian sudut kandang namun semuanya merata. 

  3. Litter

    Litter atau alas lantai untuk ayam yang biasa digunakan yaitu sekam padi atau limbah dari hasil gergaji kayu. Ketebalannya yang digunakan bisa dengan ketinggian minimal 5 cm. 

  4. Tempat pakan dan minum

    Karena ayam masih berusia anakan maka penggunaan tempat pakan bisa menggunakan nampan. Jangan sekali-kali menggunaakan tempat pakan gantung karena akan menyebabkan cidera pada DOC ayam. 

    Sedangkan untuk minumnya bisa menggunakan tempat minum yang sama. Bisa di beli di toko peralatan ternak di wilayah Anda. 

Minimal ketebalan litter untuk alas kandang ayam broiler yaitu 5 cm | image 4
Minimal ketebalan litter untuk alas kandang ayam broiler yaitu 5 cm | image 4

2. Suhu yang dingin

Suhu yang dingin membuat ayam menjadi kedinginan. Ayam yang kedinginan akan mengakibatkan ayam menjadi lemas dan bila tidak segera ditangani akan terjadi kematian. 

Penggunaan pemanas sangat penting agar ayam tetap dalam kondisi hangat seperti dierami indukannya. 

3. Tidak menggunakan tirai

Tirai juga salah satu hal yang penting bagi DOC ayam. Selain pemanas, kandang juga perlu diberikan tirai agar angin dari luar tidak masuk. 

Penggunaan tirai bisa disesuaikan dengan ukuran kandang. Bila di wilayah Anda suhunya selalu dingin maka bisa diberikan tirai yang tebal.

Baca juga : 

Bila ayam kedinginan pertumbuhan ayam menjadi terganggu | image 5
Bila ayam kedinginan pertumbuhan ayam menjadi terganggu | image 5

Dampak yang muncul apabila ayam broiler kedinginan

1. Mudah terserang penyakit

Dampak yang akan timbul bila ayam broiler kedinginan yaitu akan mudah terserang penyakit. Kondisi dingin yang dirasakan oleh DOC ayam membuat pertahanan dan antibodi tubuh menjadi turun. 

Jika antibodi sudah menurun maka penyakit akan mudah sekali untuk masuk. Akibatnya ayam menjadi lemas lalu mati jika tidak segera di obati. 

2. Bulu akan tumbuh lebih cepat dan lebat

Perlindungan yang dapat dilakukan oleh ayam untuk menghilangkan rasa dingin yaitu bulunya akan tumbuh lebih cepat dan lebat. Saraf akan otomatis merespon dan mengirim sinyal bahwa membutuhkan perlindungan. 

Bulu yang tebal bagi ayam broiler tidak bagus, karena ayam broiler diperuntukan untuk dijual dagingnya. Jika bulunya tebal maka daging  yang dihasilkan akan kecil.

3.  Pertumbuhan terhambat

Ayam broiler yang kedinginan juga akan mengakibatkan pertumbuhan menjadi terhambat. Jika pada masa brooding pertumbuhannya sudah terhambat maka untuk selanjutnya target bobot yang dicapai juga akan terlambat.

Baca juga :

Ayam yang kedinginan dan tidak segera ditangani maka akan terjadi kematian | image 6
Ayam yang kedinginan dan tidak segera ditangani maka akan terjadi kematian | image 6

4. Mengalami kematian

Dampak yang paling ditakuti oleh para peternak jika ayam merasa kedinginan yaitu ayam akan mati. Tentu ini akan membuat peternak menjadi rugi.

Itu dia sedikit informasi mengenai penyebab ayam broiler kedinginan dan dampak yang akan terjadi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat…

Bila Anda sedang mencari DOC ayam yang berkualitas kami dari hobi ternak.com menyediakan. Berikut produk yang kami sediakan : 

  • DOC Ayam Kampung Asli / AKA
  • DOC Ayam Broiler Pedaging
  • DOC Ayam Petelur Merah
  • DOC Ayam Arab Petelur
  • DOC Ayam KUB Mandiri
  • DOC Ayam Pejantan
  • DOC Ayam Kampung Super/Joper

Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan atau konsultasi silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Kata terkait : ayam kedinginan, ayam broiler, ayam potong, cara mengobati ayam kedinginan, daging ayam broiler, doc broiler, brooding, doc ayam

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: thehumaneleague.org
  • image 2: aspca.org
  • image 3: dlpexpo.com
  • image 4: Owned by the author
  • Image 5: Owned by the author
  • image 6: weanimalsmedia.org
  • cover: google.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA