Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Apakah Bisa???

Ayam petelur saat ini banyak dipelihara oleh sebagian masyarakat. Harga telur yang tinggi membuat orang-orang tertarik mengambil peluang untuk membuka usaha ternak ayam petelur

Selain bisa mendapatkan keuntungan, mereka juga bisa ikut andil membantu untuk memperkecil persentase akan permintaan telur yang dari hari ke hari semakin meningkat. 

Cukup banyak jenis ayam petelur yang bisa dipelihara, namun yang paling banyak dicari dan telurnya sering dikonsumsi oleh masyarakat yaitu jenis ayam petelur merah. 

Produktivitas telur pada ayam petelur merah cukup tinggi | image 1
Produktivitas telur pada ayam petelur merah cukup tinggi | image 1

Ayam petelur merah termasuk jenis ayam petelur yang memiliki produktivitas telur cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ayam yang lainnya. Jadi tidak heran kalau banyak yang memelihara. 

Dalam proses pemeliharaan, kebanyakan peternak menggunakan kandang sistem baterai.  Kandang sistem baterai dapat memudahkan peternak untuk memanen atau mengambil telur yang dihasilkan. 

Menggunakan kandang baterai dapat menampung lebih banyak ayam dan lebih hemat lahan. 

Baca juga :

Beternak ayam petelur skala rumahan bisa menggunakan sistem umbaran | image 2
Beternak ayam petelur skala rumahan bisa menggunakan sistem umbaran | image 2

Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Apakah Bisa???

Kadang ada yang bertanya-tanya, apakah bisa ternak ayam petelur namun tidak menggunakan kandang seperti kandang baterai. Tentu jawabannya bisa…

Menghilangkan penggunaan kandang dengan mengganti sistem umbaran bisa Anda terapkan jika ayam petelur yang dipelihara tidak terlalu banyak. 

Mungkin ada beberapa orang yang ingin memelihara ayam petelur namun terhalang oleh modal yang sedikit.

Maka solusi terbaik yaitu memelihara ayam dengan kapasitas yang sedikit. Metode tersebut biasanya diterapkan oleh orang yang hidup di pedesaan. 

Meskipun tidak menggunakan kandang dalam beternak, namun ada manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut manfaat beternak ayam petelur tanpa menggunakan kandang :

1. Ayam petelur lebih aktif

Biasanya ayam tidak bisa bergerak bebas saat dikurung di dalam kandang. Dengan metode ayam diumbar atau tidak dikandangkan maka ayam akan akan bergerak bebas dan lebih aktif. 

Ayam bisa mencari makan sendiri dengan mengais-ngais tanah. Dengan melakukan sifat alaminya yaitu mengais tanah maka ayam menjadi tidak stress sehingga bertelurnya bisa lancar. 

Ayam yang tidak di kandangkan akan mencari makan sendiri dengan mengais-ngais tanah | image 3
Ayam yang tidak di kandangkan akan mencari makan sendiri dengan mengais-ngais tanah | image 3

2. Lebih hemat pakan

Salah satu biaya yang paling banyak dikeluarkan peternak yaitu pembelian pakan. Maka dari itu jika ayam tidak dikandangkan peternak hanya akan memberi pakan pada saat pagi hari saja, lalu seterusnya ayam akan mencari makan sendiri. 

Dengan begitu peternak akan lebih hemat biaya karena tidak mengeluarkan biaya yang banyak. 

3. Kualitas telur dan daging bagus

Ayam yang diumbar akan mencari makan sendiri, sehingga ayam tidak akan memakan pakan yang mengandung pengawet atau zat yang tidak bagus untuk dikonsumsi ayam.

Perawatan ayam petelur yang tidak dikandangkan lebih simpel | image 4
Perawatan ayam petelur yang tidak dikandangkan lebih simpel | image 4

4. Perawatan tidak rumit

Karena ayam tidak dikandangkan maka peternak tidak perlu repot-repot untuk selalu mengecek kondisi ayam.

Ayam akan berkeliaran sendiri di area sekitar rumah Anda dan akan balik ke tempat tidur yang biasa ditempati saat sore hari. Air minumnya juga tidak perlu Anda berikan, karena ia akan mencari sendiri. 

Orang-orang yang memelihara ayam di pedesaan tidak mengenal vaksin tapi ayam tetap dalam keadaan sehat. Jadi vaksin bisa tidak diberikan tergantung kebijakan peternak ayam petelur sendiri. 

Meskipun sebenarnya vaksin ayam petelur sangat penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh si ayam.

5. Tidak perlu mengeluarkan biaya pembuatan kandang

Karena tidak menggunakan kandang untuk beternak ayam petelur maka Anda tidak perlu membeli atau membuat kandang.

Bisa dikatakan harga ataupun biaya untuk membuat kandang tidaklah sedikit, dengan tidak menggunakan kandang uang bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. 

Baca juga :

Beternak ayam petelur tanpa kandang mempunyai banyak kelebihan | image 5
Beternak ayam petelur tanpa kandang mempunyai banyak kelebihan | image 5

Kekurangan tidak menggunakan kandang

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas ada beberapa manfaat yang bisa diambil ketika Anda beternak ayam petelur tanpa menggunakan kandang. Namun meskipun begitu, beternak tanpa menggunakan kandang memiliki kekurangan. 

Kekurangannya yaitu jika cuaca sedang tidak menentu kadang panas kadang hujan dikhawatirkan ayam mudah terserang penyakit. 

Penyebaran penyakit bagi ayam yang diumbar lebih cepat. Ayam diumbar pasti akan bertemu dengan jenis ayam lain atau hewan lain yang belum tahu apakah dalam kondisi sehat atau sedang sakit. 

Ayam petelur usia 13 minggu hobiternak.com | image 6
Ayam petelur usia 13 minggu hobiternak.com | image 6

Itu dia informasi mengenai ternak ayam petelur tanpa kandang, semoga dapat bermanfaat. 

Kami sarankan jika Anda benar melakukan ternak ayam petelur tanpa kandang tetaplah menjaga kesehatan ayam tersebut. Pemberian vitamin dan vaksin sangat membantu bagi kelangsungan hidup si ayam. 

Bila Anda sedang mencari ayam petelur kami hobiternak.com menyediakan DOC ayam petelur merah (isa brown) dan pullet usia 13 minggu dan 16 minggu. 

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami untuk konsultasi ataupun pemesanan : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : budidaya ayam petelur, ayam petelur, kandang ayam petelur rumahan, pullet ayam petelur, doc ayam petelur, ternak ayam petelur tanpa kandang, ternak ayam petelur, ayam petelur merah

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: madten.com
  • image 2: allaboutfeed.net
  • image 3: kompas.com
  • image 4: farminguk.com
  • image 5: pixabay.com
  • image 6: Owned by the author
  • cover: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA