Masih Cari Pengepul?, Berikut 6 Strategi Jitu Pemasaran Ayam JOPER

Ayam Kampung Super (JOPER) merupakan salah satu ayam yang mempunyai beberapa keunggulan yang dimiliki. Ayam JOPER adalah jenis ayam pedaging yang dapat dipanen pada usia 60 hari dengan bobot 0,8 ons – 1 kg.

Karena masa panen nya yang cepat itulah yang menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak peternak pemula yang mencoba untuk ternak Ayam Kampung Super.

Pemeliharaannya yang cukup sederhana dibandingkan ayam petelur, membuat peternak bersedia mempersiapkan modal untuk terjun sebagai pebisnis Ayam Kampung Super (JOPER).

Namun bagi pebisnis pemula, ada kendala dalam pemeliharaan Ayam Kampung Super atau joper  ini yaitu cara memasarkan Ayam Kampung Super.

DOC Ayam kampung super (JOPER) usia baru aja menetas | Image 1
DOC Ayam kampung super (JOPER) usia baru aja menetas | Image 1

Pemasaran mungkin menjadi salah satu kendala yang menghantui seorang pebisnis, apapun bidang yang ditekuninya. Dalam bidang usaha, lebih banyak yang bisa memproduksi suatu barang atau jasa namun dalam memasarkan suatu produk, mereka mengalami suatu permasalahan.

Padahal pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan/kesuksesan suatu usaha. Tanpa pemasaran, maka hasil produksi tidak akan dapat diserap pasar. Dengan demikian, maka modal akan tertahan pada produksi.

Tentu untuk menggerakkan roda perusahaan/badan usaha, kita perlu memasarkan hasil usaha agar dapat membiayai kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Dalam memasarkan hasil panen ayam joper, masing-masing peternak mempunyai pendekatan yang berbeda. Ada yang melakukan pendekatan produk dengan menjual di supermarket, warung maka atau restoran yang mau bekerjasama atau melakukan transaksi langsung dengan pembeli di kandang atau sentra penjualan Ayam Kampung Super.

Ini adalah bentuk daging ayam joper setelah di potong dan dibersihkan bulu-bulunya | Image 2
Ini adalah bentuk daging ayam joper setelah di potong dan dibersihkan bulu-bulunya | Image 2

Baca juga :

Apabila permintaan dan penawaran berjalan seimbang dalam arti kata permintaan tinggi dan disertai penawaran yang tinggi maka peternak atau pebisnis akan mengalami keuntungan yang tinggi juga.

Keuntungan didapat setelah mengetahui selisih harga jual dengan modal yang dikeluarkan oleh peternak.

Apa saja strategi pemasaran ayam joper (ayam kampung super) yang perlu dilakukan peternak?

1. Bekerjasama dengan pihak lain dengan pola kemitraan

Pola kemitraan terjadi dimana peternak hanya menyediakan kandang ayam joper dan tenaga kerja. Sedangkan bibit, pakan, minuman, suplemen dan penyuluhan terhadap pemeliharaan ayam kampung dilakukan oleh pihak inti.

Pada saat kerjasama ditandatangani, telah tertera nilai nominal berdasarkan berat bobot ayam yang dihasilkan. Jadi peternak tidak perlu melakukan strategi pemasaran karena semua telah diambil alih pihak inti.

Biasanya kerjasama pola kemitraan ini untuk pemeliharaan ayam potong/ broiler dan Ayam Kampung Super pedaging yang mempunyai masa panen yang cepat jadi perhitungan untung ruginya cepat dapat diketahui.

2. Melakukan transaksi langsung dengan pembeli

Melakukan penjualan langsung ke pembeli ayam joper merupakan langkah yang bagus karena akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan melalui pihak ketiga.

Anda bisa menawarkan ke ke social media seperti di grup-grup whatsapp, facebook, instagram atau OLX.

3. Melakukan terobosan dengan melakukan penjualan di supermarket

Melakukan penjualan di berbagai supermarket merupakan langkah yang cukup jitu dimana pangsa pasar cukup luas dan banyak diminati kalangan menengah keatas. 

Dengan menjalin kerjasama dengan super market besar yang memiliki beberapa cabang di kota besar, maka diharapkan ayam kampung super dapat diserap oleh pasar.

Selain supermarket, Anda juga bisa menawarkan ke restoran. Cara menawarkan ayam ke restoran maupun supermarket agar bisa diterima yaitu sebelumnya peternak harus mendesain kemasan yang bagus, branding dan perhitungan stok. 

Jaringan toko, supermarket atau minimarket menjadi salah satu solusi penjualan daging segar ayam kampung super. | Image 3
Jaringan toko, supermarket atau minimarket menjadi salah satu solusi penjualan daging segar ayam kampung super. | Image 3

4. Menyediakan usaha pemotongan ayam

Di berbagai wilayah sekarang ini, banyak peternak yang juga menyediakan fasilitas pemotongan ayam. Dengan usaha ini makin mendongkrak penjualan karena pembeli dapat langsung mengolah ayam setelah melakukan transaksi.

Di samping itu pembeli juga mendapatkan daging segar langsung dari kandang. Dengan usaha pemotongan ayam, pembeli tidak perlu khawatir mendapatkan ayam yang telah mati baru dipotong namun bisa memastikan mendapat ayam dengan kualifikasi yang diinginkan.

Baca juga : 

5. Melakukan penjualan ke pengepul besar

Saat ini banyak pengepul besar yang mau menampung hasil panen dari peternak Ayam Kampung Super (JOPER). Mereka biasanya memasarkan kembali ke berbagai rumah makan, restoran, swalayan dan pasar tradisional lainnya.

Perlu di pahami memang harga dari pengepul biasanya lebih rendah dari harga pasaran. Harga ayam joper umur 2 bulan maupun harga ayam joper per ekor di pasaran dengan harga yang dibeli langsung oleh pengepul besar harganya berbeda. Bisa dikatakan harga yang dibeli akan dibawah harga pasarnya. 

Namun meskipun harganya tidak sama dengan pasar, namun pengepul mampu menampung hasil panen dengan kapasitas yang banyak. Jadi peternak tidak perlu susah-susah untuk menawarkan ayam hasil panen nya ke mana – mana. 

6. Melakukan inovasi berbagai produk ayam

Saat ini belum banyak peternak yang melakukan inovasi atau terobosan baru dalam hal penyediaan produk ayam yang bisa di kirim ke berbagai kota di Indonesia. 

Namun banyaknya permintaan produk ayam, menjadikan beberapa peternak menjalin kerjasama dengan orang yang bisa mengolah berbagai jenis produk ayam dan menjual dalam bentuk ayam siap santap. 

Saat ini ada sejumlah peternak yang bisa menyediakan berbagai olahan seperti ayam bakar, ayam kremes, ayam ingkung yang dapat dipesan oleh masyarakat. 

Ayam bakar madu - Menjadi salah satu menu inovasi ayam kampung super atau joper sehingga menjadi nilai tambah bagi penjualan dan tentu saja profit juga akan lebih tinggi. | Image 4
Ayam bakar madu – Menjadi salah satu menu inovasi ayam kampung super atau joper sehingga menjadi nilai tambah bagi penjualan dan tentu saja profit juga akan lebih tinggi. | Image 4
Di olah menjadi chicken nuget juga sekarang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan teknologi yang cukup sederhana sudah mampu menghasilkan nugget ayam yang berkualitas. | Image 5
Di olah menjadi chicken nuget juga sekarang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan teknologi yang cukup sederhana sudah mampu menghasilkan nugget ayam yang berkualitas. | Image 5

Setelah mempertimbangkan cara pemasaran hasil ternak joper di atas Anda bisa mengukur sendiri kemampuan dalam memasarkannya. 

Dan jika Anda berminat untuk memulai ternak joper, hobiternak.com menyediakan DOC Ayam Kampung Super (JOPER) dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. 

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK pemasaran ayam joper word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
harga ayam joper umur 2 bulan, cara menawarkan ayam ke restoran, ayam joper adalah, fcr ayam joper, harga ayam joper per ekor, harga ayam joper solo, pengepul ayam joper Surabaya, jual beli ayam joper Ponorogo, pembeli ayam joper

** Yuni Ambarwati **

4.9/5 - (18 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: titipku.com
  • Image 4: facebook.com
  • Image 5: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA