Berbagai Pakan Ayam Brahma Mudah Untuk Ditemukan-Pakan ayam brahma ternyata tidak sulit. Apakah Anda tahu ayam brahma itu apa? Ayam brahma merupakan jenis ayam hias yang berasal dari India. Nama ini diambil dari nama tempat yaitu Brahmaputra. Pada zaman dahulu ayam brahma dijadikan ayam pedaging atau ayam petelur, namun seiring berjalannya waktu masyarakat sudah mulai sadar bahwa ayam ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang terletak pada bulunya. Saat inI, masyarakat lebih menjadikan ayam brahma sebagai ayam hias untuk dipelihara dan dikembangbiakan.



Ayam Brahma Si Ayam Monster

Ayam brahma memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar. Bulunya yang lebat sampai menutupi semua bagian tubuhnya tak terkecuali kakinya juga. Ayam ini sangat unik, postur tubuhnya yang berotot dan bulunya yang sangat tebal membuat para penghobi ayam hias ingin memilikinya. Bukan hanya untuk dipelihara saja melainkan bisa dijadikan hiasan di halaman rumah yang bisa membuat rumah Anda semakin cantik. Ayam ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Bobot ayam brahma dewasa bisa mencapai sekitar 7 kg. Sedangkan untuk tinggi ayam brahma dewasa bisa mencapai 70 cm. Tentu sangat besar dan tinggi bukan ?

Ayam brahma memiliki beberapa jenis yaitu ayam brahma buff, light brahma, dark brahma, mix colour. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Brahma Buff, yaitu jenis ayam brahma yang memiliki warna dominan coklat muda di bulu dan berpadu hitam dibagian leher dan ekor.
  2. Dark Brahma, yaitu jenis ayam brahma yang memiliki warna abu-abu gelap dibagian badan dan hitam.
  3. Light Brahma, yaitu jenis ayam brahma yang memiliki perpaduan warna putih dan hitam.
  4. Mix Colour, yaitu jenis ayam brahma hasil persilangan berbagai macam jenis warna.

Walaupun memiliki banyak jenis, tetapi semua jenis ayam tersebut tetap menarik dan unik. Ayam brahma memiliki sifat friendly, jadi apabila Anda ingin memeliharanya tidak usah takut dipatuk oleh ayam ini. Ayam brahma termasuk ayam jenis ayam yang mudah sekali untuk berinteraksi dengan peternaknya. Anda juga bisa meletakkan ayam brahma ke dalam kandang atau di alam terbuka.

Pakan Ayam Brahma

Pakan merupakan komponen utama dalam pembudidayaan hewan pelihara. Dengan pemberian pakan yang sesuai dengan jenis hewan maka pertumumbuhan hewan ternak tersebut akan semakin baik dalam berprodukifitas. Jenis pakan yang baik untuk diberikan untuk hewan peliharaan terutama ayam brahma adalah dengan memberikan pakan yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan vitamin. Pakan yang mengandung gizi yang baik akan membuat ayam brahma semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pemeliharaan ayam brahma juga sangat mudah, ayam ini termasuk jenis ayam yang mudah untuk mencerna berbagai jenis makanan. Adapun jenis pakan yang baik untuk ayam brahma sebagai berikut :

  • Voer/BR
  • Dedak
  • Bekatul
  • Jagung giling
  • Beras Merah
  • Kacang – kacangan

Ayam brahma juga memerlukan asupan protein yang cukup. Dengan pemberian pakan yang mengandung protein yang baik dan cukup tersebut akan membuat ayam brahma semakin unggul dalam menghasilkan bobot yang maksimal. Jenis sayuran yang mengandung protein diantaranya sebagai berikut :

  • Sawi
  • Kembang kol
  • Kubis
  • Enceng Gondok


Kandang Ayam Brahma

Dalam pembuatan kandang ayam brahma agar ayam brahma tetap dalam kondisi sehat. Maka pembuat kandang p ada bagian lantai dibuat dengan beralaskan dari tanah. Hal tersebut dikarenakan ayam brahma sering mengaruk – ngaruk tanah. Ukuran kandang ayam brahma biasanya 1 x 2 meter yang bisa menampung 4 ekor ayam brahma dewasa yang terdiri dari 1 jantan dan 3 betina.

Salah satu contoh kandang ayam brahma

Peletakan kandang ayam brahma sebaikny ajagan dilertakan pada ruangan tertutup, karena hal tersebut dapat mengakibatkan ayam menjadi stres. Stress pada ayam brahma akan membuat bulu pada ayam menjadi berganti, sehingga keindahan bulu pun akan berkurang.

Brahma chicken

Keberadaan ayam brahma dipasaran jumlahnya memang tidak terlalu banyak tetapi saat ini penghobi ayam hias berbondong – bondong untuk mengembangbiakan jenis ayam monster/ ayam brahma tersebut. Harga yang ditawarkan untuk ayam brahma tersebut relatif tidak terlalu mahal bahkan saat ini peminat ayam brahma sudah cukup banyak. Melihat ayam brahma merupakan ayam yang memiliki keindahan pada bulu serta postur tubuh yang berotot membuat para pecinta atau penghobi ayam hias menjadi tertarik untuk membudidayakannya.

Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Brahma di tempat kami :

Brahma 1 Bulan Rp1.800.000/ pasang
Brahma 2 Bulan Rp2.600.000/ pasang
Brahma 3 Bulan Rp3.000.000/ pasang
Brahma 4 Bulan Rp3.600.000/ pasang
Brahma Indukan Rp10.000.000/ pasang

Telur Ayam Brahma

Ayam brahma saat berusia 8 bulanan memasuki masa perkawinan dan ayam betina akan mulai bertelur. Apabila indukan ayam brahma ingin mengerami telurnya sendiri maka dalam sekali bertelur bisa berjumlah 15-18. Tetapi jika menggunakan mesin penetas maka produktivitas telur bisa mencapai 40-60 butir dalam sekali bertelur. Ayam ini termasuk jenis ayam yang memiliki produktivitas telur yang cukup tinggi dibandingkan ayam lain. Ayam brahma yang memiliki bobot yang besar akan menjadikan produktitas telur ayam tersebut juga tinggi.

Telur Ayam Brahma

Pemeliharaan ayam brahma sebenarnya tidak terlalu rumit. Perawatan ayam ini sama dengan ayam biasa, dalam pemberian pakan pun sama dengan ayam biasa. Kelebihan ayam ini juga dapat tahan terhadap cuaca ekstrim. Bulu dan kulitnya yang tebal menjadikan ayam brahma tahan terhadap berbagai serangan virus penyakit.

Salah satu jenis Ayam Brahma/ Dark Brahma

Bagaimana, apakah Anda tertarik setelah membaca artikel ini? Ayam brahma sangat unik dan indah. Ayam ini bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik halaman rumah Anda. Jangan takut akan harga ayam brahma yang relatif mahal, karena harena tersebut sebanding dengan kecantikan dan keunikan ayam brahma.

Jika Anda menginginkan ayam brahma ini, Anda bisa membelinya di hobiternak.com . Kami menyediakan anakan ayam brahma sampai dewasa. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang bisa terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
kandang ayam brahma, harga bibit ayam brahma, telur ayam brahma, bobot ayam brahma, ayam brahma buff, pakan ayam brahma

Meilani Sawitri


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: