Cara memelihara Ayam Kampung Super memang masih tergolong mudah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Untuk pertama kali dilakukan adalah dengan membeli ayam jawa yaitu betina 2 atau 3 ekor dan ayam jantan 1 ekor. Jika tetangga Anda memelihara ayam jawa, Anda tidak perlu membeli ayam pejantan. Namun jika Anda menginginkan anak ayam yang dihasilkan memiliki bibit yang unggul, maka Anda harus memilih ayam betina dan pejantan yang unggul dan sehat, dalam artian masih muda, memiliki badan yang kuat, sehat, bongsor dan mempunyai bulu yang baik.

Berikut ini cara memelihara anakan ayam kampung dengan cara memisahkan dengan indukan ayam :

1. Persiapan

Setelah anak ayam menetas, pisahkan anakan dengan indukan. Anak ayam diambil dan di pindahkan dengan hati-hati dan lembut untuk menghindari cidera pada kaki. Usia anak ayam 1-7 hari merupakan usia yang kritis karena pada usia ini sering terjadi kematian. Banyak kita lihat anak ayam yang pertama menetas 9-12 ekor namun yang bertahan hanya 6-8 ekor. Untuk itu saat Anda memelihara anak ayam yang berusia 1-7 hari peliharalah dengan serius dan penuh kesabaran.

DOC JOPER yang sehat akan berpengaruh pada hasil panen

Ciri-ciri anak ayam jawa yang baik adalah bentuk badannya berbobot, ukuran matanya besar, bulu halus dan bersih, tidak cacat, bergerak lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik.Setelah anak ayam menetas, pisahkan anakan dengan indukan. Anak ayam diambil dan di pindahkan dengan hati-hati dan lembut untuk menghindari cidera pada kaki. Usia anak ayam 1-7 hari merupakan usia yang kritis karena pada usia ini sering terjadi kematian. Banyak kita lihat anak ayam yang pertama menetas 9-12 ekor namun yang bertahan hanya 6-8 ekor.

Untuk itu saat Anda memelihara anak ayam yang berusia 1-7 hari peliharalah dengan serius dan penuh kesabaran. Ciri-ciri anak ayam jawa yang baik adalah bentuk badannya berbobot, ukuran matanya besar, bulu halus dan bersih, tidak cacat, bergerak lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik.

2. Mempersiapkan Kandang

Kandang yang dibutuhkan anakan ayam yang masih berusia 1-7 hari adalah kandang broder. Kandang broder merupakan kandang pemanas yang berguna untuk menggantikan indukan ayam betina. Karena anak ayam yang baru menetas memerlukan suhu panas yang berlebih untuk menjaga kestabilan tubuhnya dan menghindarkan dari gangguan pemangsa dari luar. Kandang yang baik adalah kandang yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pastikan kandang yang Anda buat dapat memudahkan Anda untuk mengamati perkembangan anak ayam tersebut.

Salah satu contoh Kandang untuk Ayam Joper

Sebagai penghangat tubuh ayam agar tidak kedinginan dan mati harus disediakan lampu 40-60 watt. Pada saat musim hujan sebaiknya kandang ditutup dengan kain karung agar menghindari anak ayam stres. Apabila anak ayam menjauhi lampu tersebut berarti suhu di kandang dalam keadaan panas dan apabila anak ayam mendekati lampu berarti suhu di kandang kurang hangat atau terlalu dingin dan apabila anak ayam menyebar berarti suhu di dalam kandang sudah sesuai dengan yang dibutuhkan anak ayam.

3. Pakan dan minum

Pakan pertama yang diberikan pada anak ayam jawa adalah makanan yang biasa dibeli ditoko yang menjual pakan ayam. Sediakan pakan diberbagai tempat supaya saat anak ayam lapar mereka tidak berebut untuk mencari makan dan mengakibatkan makanan terinjak-injak dan bececeran. Pemberian pakan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan gizi yang jumlahnya sudah disesuaikan dengan umurnya. Anak ayam yang berumur 1-7 hari diberikan pakan 4 kali sehari, anak ayam yang berumur 8-84 hari diberikan pakan 3 kali sehari dan ayam yang berumur lebih dari 85 hari diberikan pakan cukup 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Platinum Joper
Pakan Joper

Dalam satu kandang berikan tempat minum ayam sebanyak 2 tempat yang bisa Anda beli di toko pakan ayam atau burung, pemberian air minum yang manis akan berpengaruh terhadap nafsu makan anak ayam. Sebaiknya berikan air gula pada saat air minum dimasukkan dalam kandang dan setelah air gula habis bisa Anda berikan air minum biasa.

4. Pencegahan Penyakit

Selalu melihat kondisi ayam agar terhindar dari kematian, biasanya kalau kandang kurang nyaman anak ayam akan berlarian tak beraturan. Lihat juga kelembapan kandangnya kepanasan atau kedinginan, makanan atau minuman dan sikulasi udara apakah sudah nyaman atau belum. Apabila anak ayam sudah mulai tenang itu menandakan anak ayam sudah merasa nyaman tinggal di dalam kandang.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOCĀ  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ayam kampung super, pakan ayam jawa, DOC ayam kampung, harga DOC joper ayam kampung, cara merawat DOC ayam kampung super, cara memelihara DOC, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super, Ternak DOC Ayam Kampung Super
*.



2 Comments

juragan · November 4, 2016 at 2:15 am

Kalau cara merawat ayam saat musim hujan gimana ya? makannya tetap sama atau beda?

    Hasti · November 4, 2016 at 2:56 am

    Persediaan pakan, minum dan kebersihan kandang harus perlu dijaga Pak karena biasanya ayam saat musim hujan rentan terhadap penyakit

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: