Sejarah Ayam Brahma

Ayam brahma tidak berasal dari Indonesia melainkan India. Keunikan ayam brahma terdapat pada bulu dan postur tubuhnya. Apakah Anda pernah mendengar apa itu ayam brahma dan bagaimana bentuknya? Ayam brahma merupakan ayam hias yang memiliki bulu yang lebat dan postur tubuh yang besar serta berotot. Disebut dengan ayam brahma karena diambil dari nama tempat asalnya yaitu Brahmaputra. Dahulu masyarakat menjadikan ayam ini sebagai pedaging atau ayam petelur, tetapi setelah perkembangan zaman masyarakat mulai sadar akan keunikan dan keindahannya, jadi untuk sekarang mereka menjadikan ayam jenis brahma  sebagai ayam hias.

cara ternak ayam brahma

Ayam Brahma

Ayam jenis brahma memiliki bulu yang sangat lebat sampai menutup bagian kakiknya. Selain bulunya yang lebat ayam ini memiliki postur tubuh yang besar. Berat brahma biasanya mencapai 7 kg dan tinggi 70 cm untuk  brahma dewasa. Karena memiliki bulu yang lebat dan postur tubuh yang besar, banyak orang yang berminat untuk memelihara dan menjadikannya sebagai ayam hias.

Jenis-jenis

  1. Light Brahma                                                                                                                                                      Ayam ini memiliki perpaduan warna yang klasik yaitu warna putih dan hitam. Ayam light brahma saat ini menjadi jenis ayam yang paling populer dan digemari di Indonesia
  2. Dark Brahma                                                                                                                                                      Ayam ini memiliki warna abu-abu gelap dibagian badan dan berpadu dengan warna hitam.
  3. Buff Brahma                                                                                                                                                       Ayam ini memiliki warna dominan coklat muda dibagian bulu dan berpadu hitam dibagian ekor dan leher.
  4. Mix Colour                                                                                                                                                         Ayam ini yaitu hasil persilangan dari berbagai macam jenis warna.

Telur Ayam Brahma

Produktivitas telur ayam jenis brahma ini termasuk tinggi karena dalam sekali bertelur bisa memproduksi 15-18 telur apabila dierami oleh indukan. Tetapi jika menggunakan mesin penetas dapat lebih banyak lagi yaitu sekitar 40-60 butir telur dalam sekali bertelur. Pada usia 8 bulanan ayam brahma memasuki masa perkawinan dan bertelur. Bobot yang besar menjadi faktor utama mengapa produktivitas telur ayam brahma tinggi. Maka tak heran bila dahulu banyak yang memanfaatkan telurnya untuk dijadikan makanan.

Berikut adalah daftar harga ayam jenis brahma:

Harga ayam jenis brahma

Brahma 1 Bulan Rp. 3.200.000/pasang
Brahma 2 Bulan Rp. 3.600.000/pasang
Brahma 4 Bulan Rp. 5.000.000/pasang
Brahma Indukan Asia Rp. 11.000.000/pasang
Brahma Indukan Eropa Rp. 16.000.000/pasang

Harga ayam jenis brahma memang terbilang mahal. Karena di Indonesia sendiri belum banyak yang mempunyai ayam jenis ini. Tetapi Anda tidak perlu risau, karena ayam ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Jadi, apabila Anda membeli ayam ini Anda tidak akan kecewa dan merasa bahwa sebenarnya ayam brahma murah.

"<yoastmark


Pakan 

Brahma termasuk jenis ayam yang mudah dalam pemberikan pakan karena ayam ini mudah dalam mencerna makanan. Anda bisa memberikan dedak, voer, BR, bekatul, jagung giling dan beras merah. Anda juga dapat memberikan sayur-sayuran seperti kubis, kembang kol, sawi apabila menginginkan pakan yang mempunyai protein tinggi. Sangat mudah bukan. Anda bisa mendapatkan beberapa makanan tersebut disekitar rumah Anda atau di toko yang menjual pakan ayam. Harganya juga tidak terlalu mahal.

Kandang

Dalam membuat kandang Anda tidak boleh meletakkannya ke dalam tempat yang tertutup. Karena apabila kandang tertutup akan membuat ayam menjadi stres dan lebih parahnya lagi bulunya akan berganti. Bulunya bisa tidak terlihat indah lagi. Ukuran kandang ayam yang biasa dipakai adalah 1X2 meter, bisa menampung 4 ekor  brahma yang terdiri dari 3 brahma betina dan 1 brahma jantan. Jangan lupa dasar lantai harus tanah karena ayam jenis brahma suka menggaruk-nggaruk tanah.

"Kandang

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memelihara ayam ini. Tidah usah khawatir cara ternak ayam brahma juga mudah. Anda bisa memerlakukan ayam ini seperti ayam biasa. Cukup mudah bukan. Apabila Anda ingin tahu lebih jauh lagi tentang ayam ini, Anda bisa mengunjungi situs website kami yaitu hobiternak.com

Jika Anda menginginkan ayam brahma ini, Anda bisa membelinya di hobiternak.com . Kami menyediakan anakan ayam brahma sampai dewasa. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang bisa terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
ayam brahma murah, telur ayam brahma, cara ternak ayam brahma,

Meilani Sawitri


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: