Sudahkah Anda Mengetahui 7 Ciri – ciri Khusus Bebek ?

Bebek merupakan unggas yang dipelihara untuk diambil daging, telur dan bulunya. Bebek yang dipelihara merupakan bebek yang berasal dari bebek liar. Nama ilmiah Bebek adalah Anas Platyrnchos. Sedangkan menurut klasifikasinya bebek masuk dalam kelas aves, hewan bertulang belakang dari family anatidae. Bebek suka berkelompok dan menyukai berada dipermukaan air.

Bebek dapat ditemukan diberbagai habitat, seperti di sungai dan rawa. Bebek dapat dikawin silangkan akan tetapi menghasilkan keturunan yang steril yang artinya tidak dapat menghasilkan keturunan. Bebek termasuk hewan omnivora (pemakan segala jenis), sehingga banyak yang memanfaatkan berbagai sumber makanan seperti rumput, serangga, tanaman air, amfibi kecil dan cacing. Sehingga bebek merupakan unggas yang cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Ciri khusus yang dimiliki Bebek adalah memiliki lapisan di bawah bulu agar tidak basah saat berendam di dalam air. Hal ini tentu akan membuat tubuh bebek tetap hangat meskipun berada di dalam air.

Bagaimana Ciri – ciri Khusus Bebek ?

Bebek memang dikenal dengan hewan air yang memiliki berbagai ciri – ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis unggas lainnya. Ciri khusus bebek pun dapat dikatergorikan sebagai berikut ini :

1. Bentuk Paruh Menyerupai Sudu

Sudu dapat diartikan dengan istilah sendok besar. Bisa kita lihat bukan bahwa bentuk paruh bebek tersebut menyerupai susu. Paruh terseut merupakan ciri khusus bebek yang sangat menonjol.

Bebek memiliki paruh lebar dan panjang yang berguna untuk menyaring makanan dan memudahkan bebek dalam mencari makanan yang bersembunyi di dalam lumpur. Seperti, ikan kecil, cacing, kepiting dan serangga – serangga kecil lainnya.

Ciri khusus bebek yakni memiliki bentuk paruh seperti sudu | image 1
Ciri khusus bebek yakni memiliki bentuk paruh seperti sudu | image 1

Paruh pada bebek mengandung lamaellae atau semacam lapisan tipis, yang berfungsi untuk melindungi paruh bebek dari gesekan – gesekan benda tajam saat bebek mencari makan di area lumpur.

2. Warna Bulu dan Bentuk Bebek yang Beragam

Coba Anda amati jenis – jenis bebek yang ada di Indonesia, pasti berbeda – beda bukan bentuk dan warna bulunya. Dari berbagai jenis bebek yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri warna bebek dan bentuk relatif berbeda. Ada yang berwarna polos, campuran bahkan berwarna indah bagaikan ayam – ayam hias.

Ada bulu yang berbintik – bintik, bergaris dan ada yang terlihat kusam. Warna kusam ini biasanya dimiliki oleh jenis bebek berkelamin betina. Karena umumnya bebek jantanlah yang memiliki warna bulu cantik dan menarik.

3. Kaki yang Berselaput

Kedua kaki bebek memiliki bentuk yang lebar dan berselaput. Dengan kaki yang lebar ini akan mempermudah bebek untuk berenang dan mencari makan di air.

4. Bulu Bebek Berlapis Lilin

Selain memiliki warna bulu dan bentuk yang berbeda – beda. Bulu bebek pun memiliki lapisan yang menyerupai lilin. Kegunaan lapisan lilin ini berfungsi agar ketika bebek sedang berenang, bulunya akan tetap kering dan tidak basah.

Ketika bebek berenang bulu bebek tidak menjadi basah, karena bulu bebek memiliki lapisan yang menyerupai lilin | image 2
Ketika bebek berenang bulu bebek tidak menjadi basah, karena bulu bebek memiliki lapisan yang menyerupai lilin | image 2

5. Ukuran Bebek Pejantan lebih besar dibanding Bebek Betina

Bila kita lihat sekilas dan kedua bebek ini di sejajarkan maka akan terlihat besar dan kecilnya. Untuk yg besar bisa kita ketahui bahwa bebek tersebut berjenis kelamin jantan, sedangkan bebek betina memiliki ukuran yang relatif kecil dan bulat.

6. Suara Bebek Betina lebih Keras

Bebek berjenis kelamin betina ternyata memiliki suara yang keras. Berbrda dengan suara bebek jantan yang cenderung memiliki suara lembut dan tidak keras seperti bebek betina.

Suara Bebek Betina ternyata lebih keras dibanding dengan suara bebek jantan | image 3
Suara Bebek Betina ternyata lebih keras dibanding dengan suara bebek jantan | image 3

7. Indukan Bebek tidak Mengeram

Bebek betina ternyata memiliki sifat jarang mengeram ata bisa dikatakan malas dalam mengerami telurnya. Tentu bagi peternak yang ingin membudidayakan bebek harus menggunakan mesin penetas sebagai alat bantu bebek agar dapat menetaskan telurnya.

Walaupun tidak dapat menngeram dengan maksimal bebek ini dapat menghasilkan jumlah telur yang banyak loh. Sehingga bebek jenis petelur banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai hewan ternak untuk menghasilkan telur bebek. Telur bebek banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki kandungan gizi yang tinggi serta berkualitas.

Berdasarkan Jenisnya Bebek dibagi Menjadi 3 bagian :

1. Bebek Petelur

Bebek petelur merupakan jenis bebek yang banyak diunggulkan masyarakat untuk diambil telurnya. Bebek ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Bebek petelur memiliki postur tubuh tegak kurang lebih 45o

Selain itu ternyata bebek petelur memiliki libido atau birahi yang tinggi. Masa bertelur bebek petelur akan mulai pada saat bebek menginjak usia 5 bulan dan puncak bertelur terjadi pada usia 7 – 8 bulan. Bebek petelur juga memiliki leher yang relatif panjang dibanding dengan jenis bebek pedaging dan bebek hias lainnya. Adapun untuk jenis – jenis bebek petelur adalah sebagai berikut ini :

Jenis – jenis Bebek Petelur

  • Bebek Mojosari
  • Bebek Alabio
  • Bebek Cirebon/ Rambon
  • Bebek Kahki Champbell
  • Bebek Magelang
  • Bebek Tegal
  • Bebek Bali
  • Bebek Buff Duck
  • Bebek Indian Runner

Baca juga : Cara Ternak Bebek Petelur Modern Untuk Menghasilkan Telur Berkualitas

Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang memiliki jumlah produktifitas tinggi | image 4
Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang memiliki jumlah produktifitas tinggi | image 4

2. Bebek Pedaging

Bebek Pedaging menjadi salah satu daya tarik masyarakat juga untuk diternakkan dan dikembangbiakan. Karena bebek pedaging memiliki kunggulan untuk diambil dagingnya, daging bebek banyak dijadikan sebagai olahan masakan yang lezat. Postur tubuh bebek pedaging juga cukup besar, bobotnya pun dapat mencapai 1,2 kg keatas. Beberapa jenis bebek pedaging seperti bebek hibrida dan peking memiliki masa pertumbuhan yang cepat, yakni 45 hari panen.

Untuk pakan yang diberikan bebek pedaging usahakan agar peternak memberikan pakan yang mengandung gizi tinggi. Karena dengan pakan yang bergizi tinggi akan membuat pertumbuhan bobot bebek semakin tinggi serta kesehatan bebek pedaging menjadi terjaga. Selain itu ciri khusus bebek pedaging yakni terletak pada bagian leher yang cenderung lebih pendek dibanding dengan leher bebek pedaging. Apa saja jenis – jenis bebek pedaging, berikut :

Jenis – jenis Bebek Pedaging

  • Bebek Hibrida
  • Bebek Peking
  • Bebek Pejantan Mojosari
  • Bebek Manila
  • Bebek Alabio
  • Bebek Tegal
  • Bebek Magelang
  • Bebek Tiktok
  • Bebek Raja/ Ratu

Baca juga : Pemeliharaan Bebek Pedaging Agar Pertumbuhannya Lebih Cepat

Bebek Pedaging Hibrida & Peking menjadi salah satu bebek penghasil daging yang unggul | image 6
Bebek Pedaging Hibrida & Peking menjadi salah satu bebek penghasil daging yang unggul | image 6

3. Bebek Hias

Jenis bebek hias ini biasanya dipelihara oleh masyrakat untuk dijadikan sebagai bebek peliharaan. Harga jualnya pun juga cukup tinggi, karena bebek ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki jenis bebek lainnya. Keistimewaan bebek hias ini terdapat pada warna bulunya. Warna bulu pada bebek hias ini cenderung memiliki warna yang beragam, ada jenis warna orange, putih, kuning, merah dan berbagai perpaduan warna cantik lainnya.

Bebek hias memiliki tubuh yang relatif sedang, serta pertumbuhannya pun juga cepat. Pada jenis bebek betina, bebek ini dapat mengerami telurnya secara mandiri, berbeda dengan bebek petelur yang tidak memiliki sifat mengerami telurnya. Untuk jenis – jenis bebek hias adalah sebagai berikut ini :

Jenis – jenis Bebek Hias

  • Bebek Mandarin
  • Bebek Caroline
  • Bebek Silver bahama
  • Bebek Brown Bahama
  • Bebek Ressy Billed Poccard
  • Bebek East Indian
  • Bebek Grey Call
  • Bebek Bali
  • Bebek Crested
  • Bebek Aylesbury
Bebek Hias ini menjadi salah satu bebek hisa favorit karena memiliki warna yang cantik dan pemeliharaan yang mudah. Siapa mau ? bisa dipesan ditempat kami juga ya | image 7
Bebek Hias ini menjadi salah satu bebek hisa favorit karena memiliki warna yang cantik dan pemeliharaan yang mudah. Siapa mau ? bisa dipesan ditempat kami juga ya | image 7

Baca juga :  Informasi Menarik Tentang Bebek Terindah di Dunia – Bebek Mandarin

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak bebek pedaging, petelur maupun bebek hias. Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai macam jenis bebek, ayam, merpati hias, obat – obatan ternak dan perlatan ternak lainnya.

Untuk infromasi lebih lengkap, daftar harga, cara pengiriman, cara pembayaran dan konsultasi lainnya dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ciri khusus bebek word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, Ternak Bebek, Harga DOD Bebek Peking, Harga DOD Bebek Hibrida, Harga DOD Lokal Jantan, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Jual DOD Bebek, Jual DOD Itik, ciri khusus pada itik, jenis makanan itik, manfaat bebek, habitat bebek, tempat hidup bebek, ciri ciri entok, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibridaa, pakan bebek petelurr, itik petelur, harga telur bebek, beternak bebek petelur, usaha ternak bebek, pakan bebek pedaging, jenis bebek

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: brainly.co.id
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: duniacaraternak.blogspot.com
  • image 3: kompas.com
  • image 9: es.pinterest.com
  • image 2: Owned by the author
  • image 7: hobiternak.com
  • cover: treehugger.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA