Ternak Bebek Peking 45 Hari Sudah Bisa di Panen

Bebek Peking adalah Jenis Bebek Pedaging yang Cepat Panen

Saat ini banyak restoran-restoran yang menawarkan menu makanan yang berbahan dasar daging bebek. Semakin banyaknya restoran yang menyediakan menu makanan bebek semakin sedikit pula stok bebek yang dihasilkan oleh peternak. 

Dengan adanya hal tersebut, tentu ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Usaha apakah itu? Usaha beternak bebek. Banyak jenis bebek pedaging yang bisa di ternak, salah satunya bebek peking. Keunggulan bebek peking ini panennya sangat cepat. 

Bisnis ternak bebek peking adalah salah satu usaha yang memiliki peluang yang cukup bagus dan potensial. Karena dari segi pertumbuhannya bebek peking ini cepat. Bagaimana tidak cepat, saat bebek baru berumur 45 hari berat bebek ini sudah mencapai sekitar 2 kg. 

Ternak Bebek Peking 45 Hari Sudah Bisa di Panen
Ternak Bebek Peking 45 Hari Sudah Bisa di Panen

Bebek Peking

Bebek Peking adalah salah satu jenis unggas yang cukup terkenal saat ini. Masa panen bebek peking ini hanya membutuhkan waktu 40 hingga 45 hari. Ketika bebek pedaging berusia 1 bulan maka ukuran tubuhnya bisa seperti ayam broiler yang siap panen. Dahulu bebek peking cukup banyak dibudidayakan di dunia terutama di daerah asalnya yaitu Cina. Bebek ini cukup populer sebagai hidangan sejak zaman Dinasti Ming. Dari banyaknya jenis bebek pedaging, bebek peking ini tetap menempati urutan yang teratas.

Bebek peking memiliki masa panen yang singkat, yakni 45 hari dengan bobot yang dihasilkan mulai 1,8 - 2 kg per ekor
Bebek peking memiliki masa panen yang singkat, yakni 45 hari dengan bobot yang dihasilkan mulai 1,8 – 2 kg per ekor

Asal Usul Bebek Peking

Bebek Peking masuk ke negara Inggris pada tahun 1872. Di negara Inggris bebek peking mampu menggeser kedudukan bebek Aylesbury dan Rounen yang lebih dahulu populer. Bebek Peking pada tahun 1873 juga dibawa ke negara Amerika Serikat di Long Island, New York. Setelah di bawa ke New York bebek ini lama kelamaan di sebut dengan bebek Long Island.

Di Amerika bebek ini dikawin silangkan dengan bebek Aylesbury dan akhirnya dapat menghasilkan bebek pedaging yang lebih unggul. Nama bebek tersebut adalah bebek peking Amerika.

Untuk di Indonesia bebek peking ini disilangkan dengan bebek khaki campbell, mojosari dan jenis bebek lainnya. Bebek yang disilangkan tersebut dapat menghasilkan bebek PMp. Dengan begitu, jenis bebek peking menjadi banyak berkat persilangan dengan berbagai macam bebek lainnya. 

DOD Peking usia anakan pada umumnya berwarna kuning dan ketika dewasa akan mengasilkan warna putih bersih
DOD Peking usia anakan pada umumnya berwarna kuning dan ketika dewasa akan mengasilkan warna putih bersih

Bibit Bebek Peking

Dalam beternak tentunya peternak menginginkan bebek yang dipelihara dapat menghasilkan daging yang gemuk serta berkulitas. Termasuk juga ternak bebek peking ini, banyak hal yang harus diperhatikan untuk mencapai hasil panen yang maksimal. Salah satunya hal yang harus diperhatikan adalah kondisi DOD saat pemesanan dan saat pertama kali datang apakah dalam keadaan baik atau tidak. Dari bibit DOD yang baik diharapkan akan mempengaruhi anakan atau produksi yang dihasilkan. Pemilihan DOD bebek ini dapat dilakukan saat bebek masih berusia DOD (Day old Duck). Berikut merupakan ciri – ciri DOD yang berkualitas.

Ciri – ciri DOD bebek yang baik antara lain sebagai berikut : 

  • Tubuhnya tegap dan memiliki nafsu makan bagus.
  • Bibit bebek bergerak lincah.
  • DOD memiliki bobot sekitar 40 gram.
  • Memiliki kaki kokoh dan tidak pincang.
  • DOD bebek memiliki mata yang jernih, sehat dan tidak buta.
  • Mempunyai bulu yang bersih, kering dan bagus.
  • Bebas dari berbagai penyakit.

Bebek peking merupakan bebek penghasil daging yang baik, karena masa pemanenan bebek dapat berlangsung sekitar 2 bulan sudah mencapai bobot sekitar 2 kg. Pada umur tersebut  daging bebek relatif lebih empuk. Bebek peking tersebut dapat dijual dalam keadaan hidup atau sudah dipotong dan dijadikan sebagai karkas. Untuk Bebek peking atau bebek pedaging juga memiliki ciri yang membedakan pada bebek lainnya. Ciri – ciri tersebut sebagai berikut :

Ciri – ciri Bebek Peking 

  • Bulu berwarna putih
  • Postur tubuh cukup besar
  • Dadanya membusung
  • Memiliki paruh dan kaki yang berwarna kuning dan orange
  • Telur yang dihasilkan berwarna putih kotor berbentuk bulat
  • Memiliki ekor dan sayap yang pendek
Bebek Peking memiliki bulu berwarna putih dan memiliki postur tubuh yang besar.
Bebek Peking memiliki bulu berwarna putih dan memiliki postur tubuh yang besar.

Cara pemeliharaan bebek peking cukup mudah dan sederhana. Pemeliharaan bebek peking tidak jauh berbeda dengan jenis bebek lainnya. Antara cara ternak bebek peking pedaging atau cara ternak bebek peking petelur tetap sama.

Kandang Bebek Peking

Bebek peking merupakan jenis bebek pedaging yang banyak diternakkan di Indonesia.
Bebek peking merupakan jenis bebek pedaging yang banyak diternakkan di Indonesia.

Bebek Peking kurang membutuhkan air jadi kandang bebek peking yang cocok adalah tipe kandang kering postal atau bisa disebut sebagai kandang koloni. Tipe kandang ini tidak dilengkapi dengan kolam. Untuk tempat makan dan minum disediakan di dalam kandang. Tinggi kandang sekitar 2 meter, sehingga pada saat peternak melakukan pembersihan dapat dilakukan dengan mudah.

Keuntungan menggunakan tipe kandang kering postal yaitu bebek akan tetap memiliki energi yang cukup karena otomatis bebek akan selalu berada di kandang dan hal tersebut dapat membuat pertumbuhan daging bebek cepat.

Pakan Bebek Peking

Salah satu pakan bebek yang biasa di gunakan oleh para peternak yaitu konsentrat
Salah satu pakan bebek yang biasa di gunakan oleh para peternak yaitu konsentrat

Pakan merupakan kebutuhan utama Bebek dalam melangsungkan kehidupannya sebagai makhluk hidup. Tanpa pakan yang cukup, produksi bebek tidak akan mencapai target yang diinginkan peternak. Pakan mempunyai fungsi sebagai sumber energi  bagi bebek. Energi yang terbentuk pada bebek melalui proses metabolisme pada ternak dan akan menghasilkan zat – zat gizi yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bebek, seperti memelihara jaringan tubuh, serta energi yang lebih setelah digunakan fisiologis yang dimanfaatkan untuk produksi telur, daging serta proses reproduksi.

Pakan yang dapat Anda berikan untuk Bebek Peking pedaging ini yaitu konsentrat (voer) khusus untuk pedaging. Konsentrat yang diberikan bisa seperti 511. Apabila Anda ingin daging yang dihasilkan tidak amis Anda bisa berikan tepung ikan maksimal 2 %. Selain itu Anda juga bisa berikan pakan alternatif seperti bekatul atau nasi aking. Jenis dan macam makanan bebek peking dan bebek pedaging lainnya dibedakan menjadi 4 macam, diantaranya adalah : Bahan pakan sumber energi, bahan pakan sebagai sumber protein, bahan pakan sumber mineral, serta bahan pakan tambahan dan pelengkap. Adapun macam pakannya adalah sebagai berikut.

1. Bahan Pakan Sumber Energi terdiri dari :
  • Gabah
  • Jagung
  • Dedak
  • Bekatul
  • Onggok
  • Tepung Gaplek
2. Bahan Pakan sebagai Sumber Protein 
  • Bungkil Kelapa dan Kedelai
  • Ampas Kecap
  • Tepung Daun Lamtoro
  • Tepung Keong Mas
  • Kulit dan Kepala Udang
  • Tepung Limbah Ikan
3. Bahan Pakan sebagai Sumber Mineral
  • Bahan Pakan Sumber Calsium
    Bahan pakan sumber calsium biasanya berasal dari kapur dan kulit kerang. Diantara bahan baku tersebut yang biasa digunakan adalah kapur karena kapur mudah didapat dan harganya pun terjangkau.
  • Bahan Pakan Sumber Phospor
    Bahan baku ini terdiri dari Tepung Tulang, Tepung kerang dan Dikalsium Fosfat (DCP).
4. Bahan Pakan Tambahan dan Pelengkap
  • Peremik
  • Pemacu Pertumbuhan (Growth Promotor)
  • Anti Jamur
  • Anti Racun (Anti toxic)
  • Antioksidan
  • Zat Pembangun Pigmen
  • Hijauan  (Pakan Hijauan )

Saat ini orang-orang banyak yang tertarik untuk beternak bebek peking. Mereka tertarik dengan prospek yang lumayan bagus dan tinggi bila beternak bebek peking. Selain itu harga bebek peking cukup lumayan mahal. Harga bebek peking per ekor cenderung stabil dan banyak dibutuhkan oleh restoran dan juga warung makan.

Apakah bebek peking bisa bertelur?

Bisa. Bebek peking akan mulai bertelur saat usia 6 bulan, sama seperti bebek petelur lainnya.

Apakah bebek peking bisa mengerami telurnya?

Bebek peking bisa bertelur namun tidak bisa mengerami telurnya sendiri. Jadi jika ingin di tetaskan perlu bantuan ayam, entog atau mesin penetas telur. Lama pengeraman sampai telur menetas yaitu 28-35 harian.

Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek peking kami hobiternak.com jual anak bebek peking. Selain menyediakan bibit bebek peking kami  juga menyediakan bibit bebek mojosari dan hibrida. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangakau kargo hewan.
Silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
harga bebek peking, bibit bebek peking, jual bebek peking, kandang bebek peking, cara ternak bebek peking petelur, jual bebek peking hidup, bebek peking petelur, telur bebek peking, 

_Meilani Sawitri_
*.

Image Sources :

  • Gambar 3: Admin 1 hobiternak.com
  • konsentrat: ampes.ru

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: