Mengenal Teknik Budidaya Bebek

Pakan Bebek Untuk Memperbanyak Produksi Telur

Pakan Bebek Untuk Memperbanyak Produksi Telur

Bebek adalah nama untuk beberapa spesies burung dalam keluarga Anatidae. Bebek umumnya merupakan burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya angsa dan angsa yang berleher pendek. Bebek banyak ditemukan di perairan air tawar maupun air laut. Bebek terkadang disamakan dengan beberapa jenis burung air yang berhubungan jauh namun mirip dengan penampilannya, seperti grebe, coot dan loon.

sistem pemeliharaan

bebek Unggulan

Bebek merupakan hewan pemakan segala (omnivora) seperti rumput, ikan, serangga, tanaman air, cacing dan amfibi kecil. Bebek jenis penyelam dan bebek laut mencari makan di kedalaman air. Untuk memudahkan bebek menyelam, kedua bebek tersebut memiliki massa yang lebih besar sehingga mereka lebih sulit untuk terbang.

Bebek dari keluarga Anatidae tidak mampu menyelam jauh. Mereka hanya menyaring makanan di perairan yang dapat mereka jangkau. Jika mereka berenang di dalam air, mereka tidak bisa menyelam sejauh bebek penyelam. Mereka mempunyai paruh yang pipih dan mengandung lamellae yang dapat memudahkan dalam menyaring makanannya.

Dari tahun ke tahun permintaan bebek mengalami peningkatan, mulai dari daging, telur dan bulunya. Karena tidak sedikit dari peternak yang menjual indukan bebek yang mereka pelihara, sehingga akan mengurangi stok indukan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memulai usaha beternak bebek tentu masih terbuka banyak peluang. Anda bisa beternak bebek untuk memperbanyak telur dan akan menghasilkan bebek yang banyak pula.

Pakan apa yang digunakan untuk memperbanyak produksi telur bebek ?

  • Peran Dedak atau Bekatul

Populasi bebek memang tidak sebanyak populasi unggas lain. Jika dibandingkan dengan ayam, dari sisi telur, daging dan ketahanan terhadap penyakit bebek lebih unggul dari ayam. Kebanyakan peternak memelihara bebek dengan cara tradisional daripada cara intensif. Pakan bebek bisa beraneka macam seperti, dedak, nasi aking, ampas tahu, ketela, jagung dan sebagainya yang dasarnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya.

Bekatul

Sedangkan untuk kebutuhan proteinnya bisa Anda berikan ikan kecil, tepung ikan, keong, kerang, kremis, kepala udang dan kepiting. Dedak sangat penting bagi bebek petelur. Dedak berguna untuk menambah nafsu makan bebek, dan sangat penting bagi kelangsungan produksi telur setiap harinya. Jika tanpa dedak, nafsu makan bebek akan berkurang, sehingga bebek akan kurus dan akan menurun produktivitas telurnya.

Diharapkan dalam pemberian dedak tidak dalam bentuk kering, tetapi dibuat agak basah atau jika terlalu keras bisa direndam dahulu.

  • Pakan Keong

Bahan pakan sumber protein yang sangat digemari oleh bebek adalah ikan rucah, keong dan kepala udang. Namun dalam pemberiannya harus dalam ukuran yang cukup kecil guna mempermudah bebek untuk menelannya. Jenis pakan sumber protein yang lain dan berbentuk tepung adalah tepung ikan, bungkil kelapa dan bekicot.

Keong banyak digunakan untuk campuran pakan bebek karena keong mengandung banyak protein dan kalsium. Namun pemberian keong dalam bentuk segar akan berpengaruh negatif terhadap bebek, karena lendir keong dapat menyebabkan penurunan produksi ternak sehingga dapat menghambat pertumbuhan hewan ternak. Oleh sebab itu dianjurkan untuk merebus keong sebelum dicampurkan ke dalam pakan selama kurang lebih 15 menit.

Keong Pakan Ternak Bebek

Pakan memang penting dan sangat berpengaruh terhadap produksi telur bebek. Bebek memerlukan pakan sebanyak 160 gram/hari. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, kini dipasaran sudah banyak terdapat konsentrat dengan kandungan nutrisi yang cukup. Dalam pemberian pakan dapat dicampur dengan dedak halus atau dengan keong atau bekicot.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856-4772-3888

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 20288686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:
obat perangsang telur bebek, cara memperbesar ukuran telur bebek, produksi telur bebek menurun, komposisi pakan bebek petelur, agar telur bebek besar, agar produksi telur bebek meningkat, makanan bebek agar cepat besar, makanan bebek agar cepat bertelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

2 comments

Leave a Reply