Telur Ayam VS Telur Bebek, Mana yang Lebih Bagus

Belakangan ini permintaan pasar akan telur konsumsi memang meningkat secara drastis. Keberadaan telur sudah menjadi kebutuhan sehari- hari bagi masyarakat karena cara pengolahannya yang praktis, sehingga sangat mendukung untuk pemilik rutinitas harian yang tidak mempunyai waktu yang cukup karena mengolah telur dengan cara digoreng saja sudah nikmat untuk dimakan. 

Namun pertanyaannya mengapa telur menjadi pilihan? Semakin berkembangnya zaman dan seiring bertambahnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dengan memenuhi kebutuhan protein hewani, turut andil dalam mempengaruhi permintaan telur di pasaran. 

Telur sebagai protein hewani kaya akan manfaat yang mengandung semua jenis asam amino esensial bagi tubuh manusia inilah alasan mengapa telur semakin hari semakin tinggi daya konsumsi nya. 

Cukup banyak berbagai jenis telur yang dapat dikonsumsi oleh manusia, contohnya telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan lain sebagainya | Image 1
Cukup banyak berbagai jenis telur yang dapat dikonsumsi oleh manusia, contohnya telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan lain sebagainya | Image 1

Berbagai jenis telur yang umum kita jumpai yaitu telur ayam, telur bebek dan telur burung puyuh terlebih jika kita berbelanja di pasar tradisional akan mudah menemukan jenis-jenis telur tersebut. Namun setiap jenisnya memiliki kapasitas nya sendiri pasalnya, jenis telur ayam lah yang keberadaannya masih mendominasi dan banyak dicari.

Telur ayam sendiri pun beragam, dan secara umum telur ayam yang mudah kita temukan di pasaran ialah telur ayam kampung, telur ayam ras dan telur ayam arab

Lalu apa kandungan telur ayam dan apa manfaatnya?

Kandungan telur ayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia diantaranya

Telur ayam mempunyai banyak kandungan gizi bagi tubuh manusia | Image 2
Telur ayam mempunyai banyak kandungan gizi bagi tubuh manusia | Image 2

1. Vitamin B2

Kandungan yang terdapat pada telur ayam salah satunya yaitu vitamin B2. Vitamin ini berperan dalam menunjang pertumbuhan, fungsi sistem saraf yang sehat, berkembangnya sel darah merah, penglihatan dan nutrisi antioksidan.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat untuk memelihara sistem kekebalan tubuh, memelihara tulang gigi, memelihara fungsi otot hingga berperan penting bagi penyerapan kalsium dan fosfor.

3. Vitamin E

Peran telur ayam bagi tubuh manusia memenuhi vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, kekebalan tubuh, mengurangi gangguan mata hingga memperlambat penuaan dini.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 yang terkandung dalam telur ayam berguna dalam mengubah makanan menjadi energi dan lemak serta membantu memproduksi vitamin B.

5. Vitamin B12

  • Berperan penting dalam pembentukan sel darah merah
  • Memelihara fungsi kesehatan sistem kekebalan dan saraf
  • Mengubah makanan menjadi energi.
Telur ayam vs telur bebek keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing | Image 3
Telur ayam vs telur bebek keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing | Image 3

Mempelajari tentang kandungan yang ada pada telur ayam yang sangat berguna bagi tubuh manusia berhubungan dengan permintaan akan telur ayam yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur bebek.

Sebenarnya berbicara akan manfaat telur ayam vs telur bebek keduanya sama- sama bermanfaat jika dikonsumsi oleh manusia secara normal. 

Hanya saja, akan terdapat perbedaan telur ayam dan telur bebek yang sangat mencolok yaitu dari segi warna dan juga ukuran yang mempengaruhi beratnya.

Telur ayam umumnya memiliki warna putih dan juga cokelat dengan ukuran berat sekitar 50 gram, sementara telur bebek memiliki warna biru langit, biru kehijauan atau pun putih dengan berat sekitar 70 gram. 

Telur bebek juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah penting manfaatnya bagi tubuh manusia 

Apa Saja Kandungan Gizi Telur Bebek dan Apa Manfaatnya?

Telur bebek juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuh tubuh manusia | Image 4
Telur bebek juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuh tubuh manusia | Image 4

1. Protein

Kandungan gizi telur bebek yang pertama yaitu protein. Kandungan protein sejumlah 9 gram yang ada pada telur bebek bermanfaat dalam memperbaiki darah, kulit, otot dan tulang.

2. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat yang ada pada telur bebek rendah, jadi telur bebek untuk diet bagus di konsumsi bagi orang yang sedang berkeinginan menurunkan berat badan. 

3. Kandungan Karotenoid Pada Kuning Telur

Karotenoid pada kuning telur memiliki manfaat sebagai pelindung sel tubuh yang mengalami kerusakan karena adanya radikal bebas.

4. Kandungan Kolin

Bagi Ibu hamil kandungan kolin pada kuning telur berfungsi untuk proses perkembangan otak pada janin. Namun dalam konsumsi nya, pastikan telur bebek yang bagus dan matang sempurna dengan porsi yang tidak banyak. 

5. Kandungan Vitamin B12

Vitamin B12 dalam kuning telur bebek berfungsi untuk memproduksi sel darah merah bagi tubuh agar sehat dan energi yang berproses pada vitamin juga berfungsi untuk menambah energi dalam  menjalani kegiatan sehari-hari

6. Kandungan Karoten dan Asam Oleat

Sudah diketahui bahwa kandungan karoten yang mana merupakan senyawa antioksidan yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas ternyata ini dapat mencegah penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

Sementara kandungan asam oleat berguna untuk memperbaiki tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, mengurangi pengentalan darah hingga menekan peradangan.

Apabila kita lihat lebih jauh kandungan telur bebek dan kandungan telur ayam tersebut  tentu lengkap bukan? keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Telur Ayam vs telur bebek mungkin sudah memiliki tempat tersendiri bagi penikmatnya. 

Namun, ada beberapa hal yang mana menjadi alasan mengapa permintaan pasar untuk telur ayam lebih tinggi dibandingkan dengan telur bebek.

Permintaan telur ayam lebih tinggi daripada telur bebek | Image 5
Permintaan telur ayam lebih tinggi daripada telur bebek | Image 5

Berikut beberapa alasan mengapa permintaan pasar untuk telur ayam lebih tinggi dibandingkan telur bebek 

1. Mudah ditemukan di pasaran

Jika kita mengunjungi warung kelontong, pasar tradisional, mini market, supermarket hingga tempat perbelanjaan yang besar, tentu akan mudah sekali menemukan telur ayam yang mana telur ayam ras akan mendominasi keberadaannya.

2. Kebutuhan Telur Ayam Saat Hajatan atau Acara Besar

Bagi masyarakat kebutuhan telur akan meningkat tajam saat adanya suatu hajatan atau acara besar. Masih cukup jarang kita jumpai telur bebek menjadi lauk utama, namun salah satu olahan telur bebek yang cukup terkenal adalah telur asin.  

3. Harga yang Lebih Terjangkau

Mudahnya dalam menemukan telur ayam terlebih telur ayam ras yang mana banyak peternak ayam petelur di Indonesia juga, sangat mempengaruhi harga yang ditawarkan.

Umumnya harga telur ayam lebih terjangkau dibandingkan dengan harga telur bebek dan biasanya untuk telur ayam di jual kiloan sedangkan telur bebek yang masih jarang ditemui dijual secara kiloan namun dijual secara eceran. Perbandingan telur ayam dan telur bebek dari segi harganya juga menyebabkan permintaan telur ayam lebih tinggi.

4. Lebih Rendah Kalori

Telur ayam banyak dipilih oleh masyarakat karena kandungan kalori yang rendah cukup menurunkan resiko peningkatan berat badan meskipun dengan catatan tidak mengkonsumsi nya secara berlebihan.

5. Kandungan Lemak Jenuh Pada Telur Ayam

Kandungan lemak jenuh pada telur ayam dibandingkan dengan telur bebek memang berbeda. Satu butir telur ayam mengandung 1,56 gram lemak jenuh, sementara satu butir telur bebek memiliki kandungan 5,1 gram.

Tentu lemak jenuh yang lebih sedikit pada telur ayam banyak dipilih karena dapat menurunkan pemicu resiko penyakit jantung. 

6. Ukuran Telur Ayam

Ukuran telur ayam yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil dianggap sebagai ukuran telur yang pas mengingat, terkadang kita akan sulit terkendali apabila menyukai suatu makanan tak terkecuali dalam konsumsi telur, satu butir dengan ukuran yang lebih kecil sekitar 20 persen dari telur bebek tidak akan membuat kekenyangan.

7. Kandungan Protein Lebih Tinggi

Kandungan protein lebih tinggi dibandingkan dengan putih telur bebek seperti Ovalbumin, Conalbumin dan Lisozim.

8. Aroma Telur Ayam

Jika kita sudah mengkonsumsi telur ayam maupun telur bebek maka, aroma dari keduanya sangat terasa. Aroma telur bebek akan terasa lebih amis dibandingkan telur ayam mengapa demikian?

Berikut 3 Alasan mengapa telur ayam lebih banyak diminati jika dari segi aroma dibandingkan dengan telur bebek 

  • Telur ayam maupun telur bebek sebenarnya sama- sama memiliki protein yang tinggi hanya saja aroma amis pada telur bebek akan lebih terasa karena adanya dekomposisi dari kandungan amonia senyawa belerang dan bahan kimia hasil penguraian asam amino.
  • Bebek sebagai unggas air yang biasanya mendapat makan dari hewan-hewan air sedangkan sebagian besar hewan air memiliki kandungan zat trimetilamin oksida atau TMAO apabila dimakan maka akan terurai menjadi trimetilamina dan dimetil amina adanya campuran kedua senyawa inilah yang menyebabkan bau amis. 
  • Kandungan lemak tak jenuh pada telur bebek memiliki sifat asam yang membuat telur mudah tengik. Oksidasi pada lemak telur bebek akan mengubah dan menjadikannya asam organik, sehingga aroma tidak sedap dan cenderung lebih amis.

Perbedaan telur ayam vs telur bebek dari segi aroma dimana telur bebek lebih amis tetap bukan menjadi tolak ukur, hal ini kembali kepada selera masing-masing, Pasalnya meskipun demikian tetap ada yang lebih menyukai telur bebek untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. 

Nah, jika Anda seorang peternak dan sedang mencari bibit ayam (DOC) atau bibit bebek (DOD) kami hobiternak.com menyediakan. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia. Silahkan hubungi kontak person di bawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Telur Ayam VS Telur Bebek word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : perbedaan telur ayam dan telur bebek,perbandingan telur ayam dan telur bebek,telur bebek untuk diet,lemak telur bebek,kalori telur bebek,kandungan gizi telur bebek,telur bebek yang bagus,kalori telur bebek vs telur ayam,kandungan telur ayam, kandungan telur bebek

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: pixabay.com
  • Image 2: extension.colostate.edu
  • Image 3: pixabay.com
  • Image 4: dotaprediksi.net
  • Image 5: beritamalukuonline.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA