Bebek Hibrida adalah Jenis Bebek Pedaging yang Potensial – Saat ini bebek adalah salah satu jenis unggas yang cukup diminati. Jenis bebek dibagi menjadi dua yaitu bebek pedaging dan bebek petelur. Untuk bebek pedaging adalah jenis bebek hibrida dan peking sedangkan bebek petelur yaitu jenis mojosari. Tetapi tidak menutup keumungkinan apabila hibrida dijadikan bebek hibrida petelur.

Bebek hibrida adalah salah satu jenis bebek hasil dari persilangan 2 atau lebih jenis bebek yang berbeda. Hibrida ini bisa dikawin silangkan dengan cara alami atau dengan campur tangan manusia. Untuk bebek hibrida dari hasil campur tangan manusia biasanya dengan cara inseminasi buatan atau kasih suntik.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Ciri-ciri Bebek Hibrida

  • Memiliki bulu berwarna kecoklatan tetapi lebih cenderung hitam, di bagian bawah perut berwarna putih. Namun sebenarnya untuk warna bebek hibrida tidak ada patokan tergantung dengan indukan apa yang digunakan untuk menyilangkan.
  • Memiliki paruh berwarna hitam dan kepalanya berukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis bebek lain seperti kedu atau mojosari.
  • Bagian leher bebek hibrida ada bintik-bintik putih sampai ke bagian perut.
  • Untuk ukuran kaki bebek hibrida lebih pendek dibandingkan dengan bebek lokal lain.
  • Pada bagian sayap terdapat bulu suri yang berwarna biru agak kehitaman.
  • Ukuran sayapnya lebih panjang dibandingkan dengan bebek lokal lain serta di kedua bagian ujungnya mirip seperti menyilang.

Beternak bebek hibrida saat ini kian menjanjikan. Bagaimana tidak, banyak restoran-restoran atau warung yang menyediakan menu dengan bahan dasar daging bebek. Bebek memang cukup potensial untuk memulai bisnis usaha. Saking banyaknya konsumen yang membutuhkan bebek pedaging, peternak belum dapat memenuhi permintaan tersebut. Jadi, apabila Anda ingin mencoba beternak bebek petelur maka akan berpeluang cukup bagus.

Selain bebek hibrida, untuk jenis bebek pedaging ada juga bebek peking. Untuk perbedaan bebek peking dan hibrida yaitu sebagai berikut :

Bebek Peking

"<yoastmark

Peking dikembangbiakkan di daratan China. Kelebihan bebek peking yaitu pertumbuhannya cepat, saat pemeliharaan sekitar 40 hari bobot bebek ini sudah mencapai 2 kg lebih. Daya tahan tubuh bebek peking sangat baik jadi tidak mudah terserang penyakit.

Bebek Hibrida

"<yoastmark

Bebek hibrida adalah keturunan dari bebek peking. Pertumbuhan bebek hibrida lebih cepat dibandingkan dengan bebek lokal namun lebih lambat dari bebek peking. Meskipun begitu masyarakat Indonesia lebih menyukai daging bebek hibrida dibandingkan dengan bebek peking. Selain itu harga bebek hibrida juga lumayan tinggi.

Apabila Anda ingin beternak Bebek Pedaging hal-hal yang harus Anda lakukan yaitu :

1. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit untuk bebek hibrida pedaging harus yang berkualitas karena apabila pemilihan bibit asal-asalan maka hasil panennya nanti juga tidak bagus. Untuk mengetahui apakah bibit tersebut berkualitas atau tidak yaitu memiliki mata berbinar, tegap, gagah, lincah, kaki kokoh, bulunya kering dan berwarna cerah, memiliki nafsu makan yang tinggi serta badan tidak cacat. Selain itu apabila Anda memilih bibit bebek yang berkualitas dan tidak pernah terserang penyakit juga, Anda bisa mendapatkan bebek hibrida super jumbo.

2. Pemilihan pakan

Pakan merupakan hal yang paling penting bagi bebek hibrida pedaging ini. Untuk pemilihan pakan sesuaikan dengan usia dari bebek hibrida.

Pakan Bebek Hibrida

  • 0 – 10 hari               = konsentrat (jenis 511)
  • 11 – 20 hari            = 2 kg starter, 1 kg bekatul, 1kg nasi aking
  • 21-30 hari            = 1 kg starter, 1 kg bekatul, 1 kg nasi aking
  • 31-40 hari            = 1 kg starter, 1 kg bekatul, 1 kg nasi aking
  • 100 kg konsentrat
  • 250 kg bekatul
  • 150 nasi aking
  • Pakan alternatif = nasi, kerang, ikan cepret

Kandang Bebek Hibrida

Kandang bebek hibrida dibagi menjadi 2 yaitu kandang untuk DOD yang berusia 3 minggu dan kandang untuk pembesaran. Untuk bentuk kandang dibedakan sesuai dengan tujuan pemeliharan bebek tersebut. Kandang bebek ada kandang postal, kandang panggung atau cage, kandang setengah terbuka (ren) dan kandang baterai. Selain itu untuk kandang bebek yang masih kecil sebaiknya hangat, tidak lembab atau basah. Untuk kandang pembesaran sebaiknya dihadapkan ke timur agar bebek bisa terkena cahaya matahari secara langsung.

Bebek hibrida ini cukup baik apabila diternakkan. Karena bebek hibrida tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan stress, memiliki daging gurih, empuk dan tidak berbau amis. Selain itu bebek hibrida ini memiliki karkas yang lebih banyak.

Peluang usaha ternak bebek semakin kesini semakin bisa dikatakan menjanjikan. Hal tersebut di lihat dari banyaknya permintaan daring bebek di berbagai kota. Dari warung kaki lima sampai restauran yang mewah banyak yang menyediakan menu masakan berbahan dasar daging bebek. Bebek sekarang setara dengan ayam, di karenakan peminat bebek semakin meningkat.

DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida

Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek hibrida kami menyediakan DOD hibrida. Selain DOD hibrida kami juga menyediakan peking kw dan mojosari. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
bebek hibrida petelur, harga bebek hibrida, bebek hibrida super jumbo, perbedaan bebek peking dan hibrida, kelebihan bebek peking

_Meilani Sawitri_
*.


1 Comment

√ Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 30 Hari - WA 0812 2028 8686 · November 3, 2018 at 3:14 am

[…] memasuki masa bertelur dan mempunyai produktivitas telur yang tinggi. Sifat lain yang dimiliki bebek hibrida adalah kemampuan beradaptasi yang cepat terhadap lingkungan […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: