Informasi Menarik Tentang Bebek Terindah di Dunia – Bebek Mandarin

Jual Bebek Mandarin atau Mandarin Duck Berkualitas Super  

Bebek hias Indonesia  terdapat berbagai jenis. Bebek di bedakan menjadi 3 jenis yaitu bebek petelur, bebek pedaging dan bebek hias.

Contoh bebek petelur yaitu bebek mojosari, bebek alabio, bebek tegal, bebek khaki campbell dan bebek pinguin.

Contoh bebek pedaging yaitu bebek peking, bebek manila, bebek tiktok, bebek serati, bebek raja dan ratu dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk bebek hias yang cukup terkenal di Indonesia yaitu mandarin dan caroline. 

Nahh, di pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai seperti apa sih bebek mandarin itu, kenapa bisa disebut bebek hias dan informasi menarik lainnya. 

Bebek Mandarin

Bebek Mandarin adalah salah satu jenis bebek hias yang memiliki keunikan pada postur tubuhnya dan warna bulu yang mencolok
Bebek Mandarin adalah salah satu jenis bebek hias yang memiliki keunikan pada postur tubuhnya dan warna bulu yang mencolok

Sejarah Bebek Mandarin

Mandarin Duck atau bebek mandarin adalah jenis bebek hias yang berasal dari Tiongkok. Seiring dengan adanya perkembangan zaman, mandarin duck sudah banyak ditemukan di Jepang, Korea dan sebagian negara di Eropa khususnya Inggris dan Rusia serta negara-negara di benua Amerika.

Dalam bahasa latin bebek mandarin disebut Aix galericulata yang memiliki kekerabatan dengan bebek kayu atau bebek hias Carolin dari Amerika Utara. Dahulu di Tiongkok, bebek mandarin dipercaya sebagai lambang cinta. Kenapa begitu? Karena mandarin duck tidak berpoligami dan hanya menyukai satu pasangan. 

Ciri-ciri Bebek Mandarin

Aix galericulata memiliki postur tubuh lebih kecil dibandingkan dengan bebek lokal di Indonesia. Panjang bebek mandarin 41-49 cm, sayap 65-75 cm dan berat 500-700 gram. Sayap bebek mandarin cukup besar untuk ukuran tubuhnya, jadi apabila sedang ada bahaya maka bebek ini akan keluar dari air. Mereka akan terbang dengan cepat melalui pohon-pohon. Produktivitas telur bebek mandarin sekitar 12 butir dan waktu penetasannya sekitar 28 hari. Bebek ini bukan termasuk bebek konsumsi, karena daging bebek mandarin memiliki rasa yang kurang enak. Jadi, bebek ini termasuk dalam kelompok bebek hias. Bebek jenis ini dapat hidup selama 20 tahun lebih.

Berbeda dengan jenis bebek lokal di Indonesia, bebek mandarin memiliki postur tubuh yang lebih kecil
Berbeda dengan jenis bebek lokal di Indonesia, bebek mandarin memiliki postur tubuh yang lebih kecil

Mandarin duck memiliki bulu yang indah dan berwarna-warni. Untuk bebek mandarin jantan berwarna merah di bagian paruh, putih di bagian atas mata dan ungu serta garis putih di bagian dada. Sedangkan bebek mandarin betina berwarna abu-abu di bagian kepala, cincin di sekitar mata berwarna putih dan bintik abu-abu di bagian tubuh. Untuk bulu antara bebek mandarin berjenis kelamin jantan dan bebek mandarin betina memang lebih mencolok yang berjenis kelamin jantan. 

Antara jantan dan betina, bebek mandarin jantan memang memiliki warna bulu yang lebih mencolok, sedangkan yang betina warna bulunya lebih pudar
Antara jantan dan betina, bebek mandarin jantan memang memiliki warna bulu yang lebih mencolok, sedangkan yang betina warna bulunya lebih pudar

Habitat dan Pakan Bebek Mandarin

Habitat bebek mandarin ada di rawa-rawa, sungai dan hutan yang terdapat kolam airnya. Bebek mandarin hidup dalam kelompok-kelompok kecil di habitatnya. Saat pagi hari dan sore hari bebek mandarin akan mencari makan sedangkan siang hari ia akan berteduh dan bertengger diatas pohon. 

Makanan mandarin duck yaitu ikan kecil, belalang, capung, invertebrata dan biji-bijian. Bebek mandarin sangat suka dengan biji-bijian. Begitu sukanya dengan jenis biji-bijian, bebek mandarin sampai terbang ke pohon-pohon untuk mengambil biji-bijian secara langsung.

Biji-bijian adalah salah satu makanan yang sering bebek mandarin makan
Biji-bijian adalah salah satu makanan yang sering bebek mandarin makan

Harga bebek mandarin

Karena termasuk jenis bebek hias dan di Indonesia belum banyak yang pelihara, maka tak heran jika harganya tinggi. Namun meskipun memiliki harga yang tinggi, tidak sedikit juga lho yang tertarik memelihara bebek mandarin yang indah ini. Banyak masyarakat yang ingin memelihara jenis bebek ini karena tertarik akan keunikannya. Biasanya masyarakat membeli bebek mandarin untuk bebek hias saja bukan untuk bebek konsumsi, karena memang bebek mandarin diperuntukan hanya untuk bebek hias saja.

Harga jual bebek hias memang lebih tinggi dibandingkan bebek konsumsi. Jadi, apabila Anda mencoba untuk beternak atau membudidayakan bebek hias akan berpeluang bagus karena peminat bebek hias saat ini mengalami peningkatan. Selain itu bebek hias di Indonesia masih jarang yang memiliki. Jadi, kemungkinan akan banyak peminatnya. Anda tidak perlu khawatir jika ingin beternak bebek mandarin karena memang cara beternak bebek mandarin cukup mudah.

Jual Bebek Mandari usia dewasa siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia
Jual Bebek Mandari usia dewasa siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

Di Indonesia maupun di luar negeri populasi bebek mandarin masih jarang atau langka. Apalagi dengan banyaknya pemburuan liar dan penebangan hutan akan menambah kelangkaan bebek mandarin ini. Jadi, tak heran bila harganya juga mahal. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa bebek mandarin atau mandarin duck adalah bebek terindah. Memang sebenarnya bebek ini sangat indah dan unik. Bulunya yang berwarna-warni menambah ketertarikan para penghobi atau pecinta bebek hias untuk memiliki bebek mandarin. 

Bebek hias memiliki berbagai jenis, di dunia ada yang berharga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Beternak bebek sebenarnya sangat mudah yang paling penting Anda harus telaten dan sabar. Kandang bebek mandarin sebenarnya tidak harus luas, Anda hanya perlu membuatkan kolam yang tidak usah terlalu besar untuk bebek mandarin berenang. Tujuannya agar bebek mandarin meskipun berada di kandang suasananya seperti di habitatnya sendiri. 

Apakah bebek mandarin bisa terbang?

Jawabannya bisa. Bebek mandarin akan terbang ke ranting-ranting pohon untuk mencari makan atau saat sedang ada bahaya. Memiliki sayap yang lumayan besar membuat kemampuan terbang bebek mandarin tidak di ragukan lagi.

Berapa harga bebek mandarin?

Untuk usia dewasa biasanya bebek mandarin sepasang di bandrol dengan harga 10juta. Kalau yang anakan, masih jarang yang menjual. Karena biasanya yang di jual usia dewasa saja.

Apabila Anda ingin memelihara atau beternak bebek kami hobiternak.com menyediakan. Kami jual bebek hias mandarin, DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Mojosari. Kami siap mengirimkan ke berbagai wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. 
Silahkan untuk info lengkapnya bisa langsung hubungi layanan pelanggan kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
harga jual bebek hias, harga bebek mandarin, bebek terindah, cara beternak bebek mandarin, bebek hias Indonesia, bebek hias carolin, jual bebek hias mandarin,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: