Perbedaan Cara Beternak Bebek Didesa dan Kota – Memang di daerah perkotaan besar permintaan telur itik sedikit menyusut, tetapi berbeda di kota – kota kecil. Mereka mengkonsumsi dan memanfaatkan telur itik sama saja saat memanfaatkan telur ayam. Tidak hanya telurnya, daging bebek juga menjadi primadona di kalangan masyarakat. Di daerah pedesaan tertentu, mereka mengkonsumsi daging itik dan telur itik sebagai hidangan yang istimewa jika mereka tidak memiliki ayam kampung. Hal ini menyebabkan makanan yang berbahan baku telur dan daging itik dapat berkembang pesat di daerah pedesaan. Hingga kini ada beberapa warung makan yang menggunakan bahan baku telur dan daging itik untuk dijadikan bahan dasar makanan.

Dengan ini menandakan bahwa permintaan akan daging dan telur itik semakin meningkat. Hal ini membuat peternak harus mampu menciptakan alternatif yang mampu memberi keuntungan dan memberikan kualitas ternak tetap baik. Salah satunya adalah cara ternak bebek petelur modern harus terarah tidak boleh sembarangan.

Selain memenuhi permintaan akan telur, peternak juga harus mampu memenuhi permintaan daging. Dengan hal itu, peluang usaha budidaya ternak bebek pedaging menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Saat ini beternak bebek tidak hanya dilakukan di daerah pedesaan saja, melainkan sudah merambat ke daerah perkotaan. Yang menjadi perbedaan antara daerah pedesaan dan perkotaan adalah cara perawatannya. Di pedesaan menggunakan sistem diumbar di persawahan, sedangkan untuk di perkotaan cara memeliharanya sudah insentif yang menggunakan peralatan modern dan cara ternak itik petelur tanpa air. Sistem perawatan ini disebut juga cara ternak bebek petelur kering karena memang tidak menggunakan air sama sekali kecuali untuk air minum. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi di sekitar perkotaan yang tidak terlalu jauh dari pemukiman. Tujuannya agar bisa terhindari dari polusi bau yang ditimbulkan.

Jenis – jenis Itik yang Banyak Dibudidayakan di Indonesia

Banyak macam unggas air yang terdapat di Indonesia. Dari unggas air liar sampai unggas yang sudah diternakan. Beberapa jenis unggas memiliki badan ramping dan lincah yang diberi nama itik, dan ada juga yang memiliki tubuh lebih gemuk dan gerak lamban yang dikenal dengan bebek. Menurut tipenya itik dibedakan menjadi tiga jenis,antara lain:

                            cara beternak bebek

Jenis – jenis Bebek Petelur yang dijadikan sebagai penghasil telur dengan kualitas baik, seperti:

  • Indian Runner

    Merupakan keturunan itik liar yang didomestikan dan sudah ada di Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Indian Runner sendiri sudah tersebar dan dibudidayakan di daerah dataran rendah. Menurut hasil penelitian, itik ini termasuk paling produktif sebagai penghasil telur. Itik ini dapat dipelihara sistem intensif maupun sistem ekstensif.

  • Itik Khaki Campbell

    Merupakan itik hasil persilangan antara itik Rouan jantan dan itik jawa (Anas Javanica) yang kemudian keturunannya disilangkan lagi dengan itik jantan liar (Wild Mallard). Menurut penelitian yang dilakukan di Eropa bahwa daya tahan tubuh itik cukup baik. Untuk karakteristik itik ini lebih datar jika dibandingkan Indian Runner.

  • Itik Buff Orpington

    Merupakan itik yang dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya. Itik ini hasil seleksi Aylesbury, Indian Runner, Cayuga, dan Rouan yang saling disilangkan. Kemudian diseleksi karakteristik ekonominya untuk dijadikan jenis itik petelur yang produktif.

  • Ancona

    Merupakan itik keturunan dari bebek runner dan bebek huttegem. Itik ini tidak bisa terbang.

  • MA-2000

    Merupakan jenis itik yang memiliki kelebihan : telur hijau kebiruan; CV-2000 berwarna putih. Berkat keistimewaan itik ini peternak memberikan julukan itik ratu.

Selain itu ada juga jenis Itik Petelur Lokal yaitu : 

  • Mojosari
  • Albino
  • Tegal
  • Magelang

Jenis – jenis Itik Pedaging yang dijadikan sebagai penghasil daging dengan kualitas baik,seperti :

  • Itik Peking

    Merupakan itik yang berasal dari Cina, cara ternak bebek peking cukup mudah. Hanya dipelihara di tempat yang memiliki lingkungan subtropis maupun tropis sudah mampu beradaptasi.

    cara beternak bebek

  • Itik Rouan

    Merupakan itik liar yang berasal dari Rouan, Inggris. Itik ini dimanfaatkan sebagai budidaya galur murni dan mengalami perkembangan yang baik di Normadia.

  • Itik Aylesbury

    Merupakan itik yang berasal dari daerah aylesbury, buckinghamshire, inggris, lalu mengalami seleksi dan penjinakan. Untuk pertumbuhannya sedikit lambat, tetapi selalu berhasil dipamerkan untuk kontes unggas.

     

Baca juga : Mengenal Bebek Hibrida Dengan Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat dan Singkat


Untuk Pakan Ternak Bebek Petelur Sendiri Bermacam – macam, yaitu :

Yang berasal dari amisan seperti :keong, ikan rucah, limbah pemotongan ayam, hewan kecil lain yang bermanfaat. Selain itu ada juga yang berasal dari kacang-kacangan antara lain : bungkil kedelai, jagung. Bebek juga membutuhkan zat gizi misalkan saja: karbohidrat, kalsium, vitamin dan gizi yang lainnya juga harus kita berikan. Untuk penunjang kebutuhan karbohidrat dapat diberikan bekatul atau nasi aking, sedangkan untuk vitaminnya dapat diberikan sayuran hasil sisa dapur atau dicarikan diarea sawah.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek petelur mojosari dan bebek petelur hibrida yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
cara ternak bebek petelur modern, ternak bebek pedaging, cara ternak itik petelur tanpa air, cara ternak bebek petelur kering, cara ternak bebek peking, pakan ternak bebek petelur

*Krisna Verawati*

*.


2 Comments

Perbandingan Ternak Bebek Sistem Angon dan Tanpa Angon · December 3, 2018 at 6:52 am

[…] Perbedaan Cara Beternak Bebek Didesa dan Kota […]

Analisa Peluang Usaha Beternak Bebek Petelur - hobiternak.com · November 30, 2018 at 8:02 am

[…] Perbedaan Cara Beternak Bebek di Desa dan Kota […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: