Agar Bebek Pedaging Pertumbuhannya Cepat

Saat ini bebek pedaging menjadi salah hewan ternak yang mulai banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bebek pedaging yang saat ini banyak dipelihara adalah jenis bebek peking dan bebek hibrida. Namun ada juga jenis bebek pedaging lokal seperti bebek kalung, bebek cihateup, bebek bali, bebek alabio dan berbagai jenis bebek pedaging lainnya. 

Tetapi untuk jenis bebek yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia yakni jenis bebek pedaging hibrida dan bebek peking. Kedua bebek ini memiliki masa panen yang sangat cepat sekitar 45 hari panen dengan bobot mulai dari 1 – 1,5 kg per ekor. Tentu untuk mencapai bobot yang tinggi tersebut bebek harus dipelihara dengan langkah – langkah yang tepat. 

Cara Cepat Ternak Bebek Pedaging 45 Hari Panen | cover
Cara Cepat Ternak Bebek Pedaging 45 Hari Panen | cover

Pemeliharaan Bebek Pedaging 

Bebek banyak dipilih masyarakat karena memiliki jumlah produksi daging yang tinggi. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menekuni ternak bebek, peternak perlu memperhatikan tata cara pemeliharaan yang benar. Mulai dari pemeliharaan usia anakan atau DOD hingga menjelang dewasa. Faktor utama dalam tata pemeliharaan bebek yakni pakan. Pakan sangatlah penting dalam dunia peternakan, jenis pakan yang diberikannya pun harus memiliki nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan si bebek. 

Kadar gizi, vitamin, mineral serta protein yang dibutuhkan bebek ketika memasuki usia mulai dari starter hingga grower memiliki jumlah yang berbeda – beda. Bebek yang masih berusia anakan membutuhkan pakan ber protein tinggi. Hal ini dikarenakan bebek usia anakan sedang masuk tahap pertumbuhan dan sedang proses pembentukan organ – organ dalam. Adapun untuk fase – fase pertumbuhan berdasarkan jenis pakan adalah sebagai berikut ini : 

1. Pemeliharaan Bebek Pedaging Fase Starter 

Pada saat bebek berusia anakan atau usia starter bentuk kandang bebek yang direkomendasikan yakni jenis kandang postal. Kandang postal ini dibuat dengan bambu, untuk alasnya bisa menggunakan alas sekam atau jerami. ketinggian alas kandang ini rata – rata mencapai 50 cm. Peternak dapat membuat kandang dengan ukuran 2 x 2 m, ukuran kandang ini dapat menampung bebek sekitar 500 ekor dan di sekat menjadi 2 bagian. 

Agar pertumuhan bebek pedaging dapat maksimal maka peternak harus memberikan perawatan yang baik saat bebek masih berusia kurang dari 3 minggu | image 1
Agar pertumuhan bebek pedaging dapat maksimal maka peternak harus memberikan perawatan yang baik saat bebek masih berusia kurang dari 3 minggu | image 1

Untuk lampu kandang bisa diberi 4 buah dengan ukuran 30 – 40 watt. Usahakan agar peletakan lampu kandang diatur secara merata agar panas yang dihasilkan dapat menyebar. Dinding kandang perlu ditutup agar anakan bebek pedaging tidak mudah masuk angin. Setelah usia 3 minggu penutup kandang dapat dibuka dan ditutup saat malam.

Baca juga : 
10 Jenis Bebek Pedaging Unggul yang Perlu Kita Ketahui

Formula Pakan Bebek Pedaging masa Starter

Pakan bebek pedaging usia starter sebaiknya fokus pakannya ke jenis konsentrat bebek pedaging 144. Untuk harga konsentrat bebek pedaging 144 relatif cukup terjangkau. Biasanya harga pakan tersebut sesuai dengan bobot pakan tersebut. Tentu harga pakan bebek pedaging 144 di setiap daerah berbeda – beda. Pemberian konsentrat bebek pedaging ini dimulai saat bebek memasuki usia 1 hari hingga 3 minggu. Mengapa harus sampai usia 3 minggu? Karena pada usia starter bebek masih dalam proses pertumbuhan organ – organ dalam. Sehingga pakan yang diberikan harus banyak mengandung gizi terutama kandungan protein nya. 

Saat bebek memasuki usia 4 minggu, peternak dapat memberikan campuran konsentrat bebek pedaging tersebut dengan bekatul, nasi aking, jagung kuning giling, atau bahan pakan alternatif lainnya. Komposisi pakan bebek pedaging usia 4 minggu dapat diberikan ransum dengan takaran pakan bebek 100 ekor sebagai berikut ini, pakan bekatul : konsentrat dengan perbandingan 2 : 1. Sedangkan jumlah pakan yang dibutuhkan bebek per 100 ekor yakni 3 kg/ hari. Untuk seminggu dapat mencapai 21 kg/ 100 ekor. 

Selain memberikan konsentrt bebek pedaging pedaging, peternak juga dapat memberikan vita chick sebagai vitamin penambah daya tahan tubuh | image 2
Selain memberikan konsentrat bebek pedaging pedaging, peternak juga dapat memberikan vita chick sebagai vitamin penambah daya tahan tubuh | image 2

Vitamin Bebek Pedaging 

Pada minggu pertama bebek pedaging dapat diberikan minuman berupa vitachick. Untuk minggu ke dua air minum bebek dapat diberi air dengan ukuran 50% yang sudah dicampur dengan probiotik plus trymezin sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan.

Baca juga : Bebek Hibrida adalah Jenis Bebek Pedaging Unggul

2. Pemeliharaan Bebek Pedaging Fase Grower 

Seperti yang telah kami tuliskan pada bacaan diatas, pemeliharaan bebek ketika sudah memasuki usia 3 – 4 minggu pakan yang diberikan berbeda ketika masih berusia anakan. Untuk pakan dapat diberikan berupa bekatul & konsentrat bebek pedaging 144 dengan perbandingan 4:1. Jumlah pakan per hari yakni 5 kg/ 100 ekor dalam seminggu sekitar 35 kg/ 100 ekor. Jenis minuman dapat diberikan air yang dicampur dengan probiotik 50%. 

Agar bebek pedaging selalu dalam keadaan sehat peternak juga perlu memberikan asupan pakan bergizi terutama pakan alternatif | image 3
Agar bebek pedaging selalu dalam keadaan sehat peternak juga perlu memberikan asupan pakan bergizi terutama pakan alternatif | image 3

3. Pemeliharaan Bebek Pedaging Fase Finisher (Panen) 

Saat bebek sudah memasuki panen sekitar 5 – 7 minggu komposisi pakan bebek menjadi 6 : 1 susunanya masih sama yakni menggunakan bekatul dan konsentrat bebek pedaging. Minum yang diberikan dapat berupa air segar 75% : 25% probiotik dan trymezin. Untuk jadwal pemberian pakan bebek pedaging ini dapat dimulai saat pagi antara jam 6 – 7 sedangkan saat sore diberikan pada jam 2 – 3. Selain menggunakan bekatul sebagai bahan formula pakan bebek pedaging tentu peternak dapat menggantinya dengan bahan pakan lain. 

Banyaknya takaran minum sesuaikan saja dengan kemampuan ternak. Tapi setelah nanti anda pelihara minimal dua periode maka anda akan sudah tahu takaran minum yang pasti.. Silahkan berburu keilmuan praktis strategis, yang langsung bisa di praktekan , sebab petunjuk nya adalah hasil praktek langsung bukan hanya teori semata yang kadang ketika akan di praktekan dalam dunia nyata, bertolak belakang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak bebek pedaging. Kami dari hobiternak.com menyediakan bebek pedaging hibrida dan bebek pedaging peking. DOD Bebek pedaging yang kami sediakan berkualitas, bebas dari penyakit dan kami juga siap mengirimkan pesanan hingga ke seluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpercaya dan dengan harga yang terjangkau. 

Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya :  

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Bebek Pedaging word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : cara meningkatkan bobot bebek pedaging,harga konsentrat bebek pedaging,kebutuhan pakan bebek pedaging per hari,konsentrat bebek pedaging,pakan bebek pedaging agar cepat besar,pakan bebek umur 1 bulan,pakan starter bebek pedaging,tabel pakan bebek pedaging,takaran pakan bebek 100 ekor,takaran pakan bebek pedaging

4.5/5 - (15 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: hobiternak.com
  • image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: Owned by the author
  • image 3: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA