Mengenal Lebih Dekat Dengan Bebek Hibrida Super Jumbo – Bebek Hibrida Super jumbo merupakan jenis bebek varian terbaru yang saat ini banyak terdapat di Cirebon. Jenis Bebek Hibrida jenis ini belum lama dikenal masyarakat. Maka tak mengherankan bila banyak masyarakat yang belum mengenal kelebihan Bebek Hibrida Super jumbo. Bebek Hibrida Super jumbo merupakan bebek pedaging yang dapat dipanen pada umur 30 – 35 hari dengan bobot berkisar 1,5 – 1,6 kg per ekor. Jadi pertumbuhannya cukup cepat. Untuk pakan bebek yang telah berumur 25 hari membutuhkan pakan sekitar 120 gram/ ekor/ hari. Bebek Super jumbo saat ini cukup banyak diminati masyarakat.

Selain Bebek Hibrida Super jumbo, ada jenis bebek hibrida petelur. Bebek Hibrida petelur dapat menghasilkan produk telur dengan kuantitas yang cukup bagus.

bebek hibrida super jumbo

Bebek Hibrida/ Bebek Petelur

Ciri – Ciri Bebek Hibrida diantaranya:

  1. Mempunyai warna coklat kemerahan dan mempunyai bintik- bintik coklat gelap pada bulu bagian dada dan perut
  2. Ada bulu berwarna putih di atas mata yang menyerupai alis
  3. Mempunyai paruh dan kaki yang berwarna hitam
  4. Bentuk badannya memanjang seperti botol
  5. Untuk bebek hibrida betina dapat mulai bertelur 5,5 bulan – 6 minggu
  6. Bebek hibrida jantan dapat dipotong pada umur 6 minggu dengan bobot 1,3 kg per ekor.

Bebek Hibrida Ada 2 Jenis

Hibrida mempunyai 2 jenis yaitu Hibrida Raja dan Hibrida Ratu. Pada umumnya Bebek Hibrida jantan untuk dijadikan bebek potong sedangkan bebek betina yang unggul dijadikan bebek petelur. Saat ini harga DOD bebek hibrida terbaru untuk Pulau Jawa mencapai Rp 6.700 – Rp7.300 tergantung dari jumlah pemesanan.  Bebek Hibrida petelur dapat berproduksi mulai umur 5,5 – 6 bulan dengan jumlah telur 250 butir/ ekor/ tahun dengan berat hampir mencapai 70 gram/ butir. Warna  Telur bebek hibrida berbeda dengan warna telur bebek mojosari yang berwarna biru kehijauan. Untuk itu telur bebek hibrida lebih banyak ditetaskan dibandingkan untuk dijadikan telur tetas. Yang menjadi perbedaan bebek peking dan hibrida  adalah jika Bebek Peking berasal dari imporan  sedangkan untuk Bebek Hibrida sendiri merupakan hasil persilangan. Dan untuk ciri-ciri bebek peking sendiri yaitu: memiliki postur tubuh yang besar serta warnanya putih. Dadanya besar serta membusung. Pada  paruh dan kakinya berwarna kuning orange. Untuk telurnya  berwarna putih kotor dan berbentuk bulat, ekor dan sayap pendek.

bebek hibrida super jumbo

Telur Bebek Hibrida

 

Bebek hibrida petelur untuk ditetaskan pemeliharaannya sama seperti bebek hibrida pedaging. Perbedaannya pada kolam yang terdapat di kandang bebek petelur sedangkan pada kandang bebek pedaging tidak memerlukan kolam. Dan untuk kandang bebek hibrida sendiri juga  bisa menggunakan tipe pekarangan atau tipe postal. Dengan pemeliharaan secara intensif maka kita bisa mendapatkan bebek petelur yang lebih produktif menghasilkan telur tetas.

Pada usia bebek hibrida memasuki usia 5 bulan, bebek tersebut sudah dapat memproduksi telur secara baik. Bebek hibrida dapat memproduksi telur hingga 225 – 250 per tahunnya. Disisi lain telur bebek hibrida ini tidak dapat ditetaskan kembali karena belum ada pembuahan dari bebek berjenis kelamin jantan. Jika peternak ingin menetaskan telur bebek hibrida, beri satu ruangan khusus untuk bebek hibrida betina dan jantan ini berfungsi agar terjdi pembuahan sehingga telur bebek hibrida dapat ditetaskan. Selain itu, kandungan vitamin serta gizi yang terdapat pada telur bebek hibrida sangatlah banyak terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat dan berbagai vitamin. Vitamin – vitamin itu diantaranya adalah vitamin A, vitamin B 12, vitamin D, vitamin E, zat besi dan natrium yang bermanfaat bagi kesehatan.

Adapun manfaat yang kita dapat dari telur bebek hibrida antara lain : 

  • Menjaga mata agar tetap sehat
  • Membuang radikal bebeas dan sistem imun
  • Mencegah tulang dangigi keropos
  • Mmembantu metabolisme tubuh manusia dan pencernaan manusia
  • Membantu tubuh manusia dalam memproduksi hormon
  • Menambah vitalitas bagi pria
  • Mencerahkan wajah
  • Menghilangkan jerawat
  • Memperindah mata
  • Mengatasi wajah kering

Selain itu ada faktor yang mempengaruhi produktivitas bebek dalam menghasilkan telur yaitu faktor pakan dan kesehatan. Pakan yang tepat akan menunjang produksi telur yang berkualitas.Untuk mendapatkan Bebek Hibrida Super jumbo membutuhkan pakan yang bernutrisi agar dapat menghasilkan daging yang berbobot. Bebek Super jumbo sendiri saat ini belum banyak yang mengembang biakkannya karena terbatasnya bibit yang ada. Untuk itu dibutuhkan upaya pengembangan bibit bebek lokal yang unggul agar dapat menghasilkan bebek dengan produksi daging dan telur yang unggul.

Adapun pakan yang baik diberikan untuk Bebek Hibrida adalah sebagai berikut : 

  • Jagung Giling

    Jagung giling

    Jagung giling

  • Bekatul

    pakan ayam pejantan

    Bekatul Untuk Pakan Ayam Pejantan

  • Nasi Aking 

    ternak bebek peking jawa timur

    Nasi Kering/ Aking

  • Ikan Kecil

    Ikan Runcah / Ikan Kecil sebagai pakan alternatigf Bebek

    Ikan Runcah / Ikan Kecil sebagai pakan alternatigf Bebek

  • Keong 

    Keong mas

    Keong mas

  • Bekicot

    Bekicot

    Bekicot

Silahkan hubungi kami hobiternak.com untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
modal awal ternak bebek petelur, kandang bebek petelur sistem kering, contoh kandang bebek petelur yang baik, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, analisa biaya ternak bebek pedaging, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur di lahan sempit,

**Yuni Ambarwati**


5 Comments

Bebek Hibrida adalah Jenis Bebek Pedaging yang Potensial · March 27, 2019 at 7:09 am

[…] Pemilihan bibit untuk bebek hibrida pedaging harus yang berkualitas karena apabila pemilihan bibit asal-asalan maka hasil panennya nanti juga tidak bagus. Untuk mengetahui apakah bibit tersebut berkualitas atau tidak yaitu memiliki mata berbinar, tegap, gagah, lincah, kaki kokoh, bulunya kering dan berwarna cerah, memiliki nafsu makan yang tinggi serta badan tidak cacat. Selain itu apabila Anda memilih bibit bebek yang berkualitas dan tidak pernah terserang penyakit juga, Anda bisa mendapatkan bebek hibrida super jumbo. […]

Perbedaan Antara bebek Peking dan Bebek hibrida · November 29, 2018 at 4:08 am

[…] ini ada jenis bebek hibrida yang mempunyai postur yang sangat besar. Bebek hibrida super jumbo tersebut dapat dipanen pada umur 45 hari, jadi kurang lebih sama seperti bebek hibrida. Bebek […]

√ Daftar Harga Jual Bebek Pedaging (DOD atau Bibit) Peking dan Hibrida di 2018 · November 27, 2018 at 2:47 am

[…] Mengenal Lebih Dekat Dengan Bebek Hibrida Super Jumbo […]

Bebek Hibrida Yang Mempunyai Keunggulan Pertumbuhannya Yang Cepat · November 5, 2018 at 2:20 am

[…] Mengenal Lebih Dekat Dengan Bebel Hibrida Super Jumbo […]

√ Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 30 Hari - WA 0812 2028 8686 · August 24, 2018 at 6:51 am

[…] juga mempunyai beberapa varian saat ini salah satunya adalah bebek hibrida super jumbo. Untuk bebek hibrida super jumbo ini memilii kelebihan yaitu pertumbuhannya cukup cepat. Namun bebek ini masih cukup asing bagi […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: